Mengidap Asam Urat, Hindari 7 Hal Ini

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   15 April 2021
Mengidap Asam Urat, Hindari 7 Hal IniMengidap Asam Urat, Hindari 7 Hal Ini

Halodoc, Jakarta - Penyakit asam urat adalah jenis radang sendi yang bisa menyebabkan nyeri dan pembengkakan. Seseorang dengan asam urat memiliki kadar asam urat yang tinggi dalam darahnya. Mengelola asam urat bisa meringankan atau mencegah gejalanya.

Gejala penyakit asam urat terjadi ketika terlalu banyak asam urat dalam darah. Asam urat adalah limbah yang dibuat oleh tubuh saat mencerna makanan tertentu. Ketika kadar asam urat tinggi, kristal-kristal menumpuk di persendian. Proses ini memicu pembengkakan dan rasa sakit yang hebat. 

Baca juga: Sakit Seperti Tertusuk Jarum Jadi Tanda Artritis Gout

Beberapa Makanan Harus Dihindari Pengidap Asam Urat

Jika seseorang mengidap asam urat, makanan tertentu bisa memicu gejala dengan menaikkan kadar asam urat. Makanan pemicu umumnya mengandung purin tinggi, zat yang ditemukan secara alami dalam makanan. Saat tubuh mencerna purin, tubuh membuat asam urat sebagai limbah. 

Pengidap asam urat tidak bisa menghilangkan kelebihan asam urat secara efisien. Itulah pentingnya diet tinggi purin dan menghindari beberapa makanan agar penyakit asam urat bisa dikelola. Berikut ini makanan yang harus dihindari pengidap asam urat. 

1. Bayam

Bayam sejatinya merupakan makanan yang baik bagi kesehatan karena kaya serat dan berbagai nutrisi. Namun, sayur yang satu ini tidak direkomendasikan bagi pengidap asam urat. Pasalnya, sayuran hijau yang satu ini memiliki kandungan purin tinggi yang berbahaya bagi pengidap asam urat.

2. Minuman Manis

Minuman manis memang tak mengandung purin. Namun, minuman tinggi fruktosa (gula dari sirup jagung) yang jadi masalahnya. Sebab, tubuh dapat memecah fruktosa dan menghasilkan purin. Menurut studi, minuman bersoda yang dibuat dari fruktosa bisa berisiko tinggi memicu asam urat.

Pengidap asam urat yang masih gemar mengonsumsi soda atau minuman manis lainnya mesti berhati-hati. Sebab risiko asam urat bisa naik sekitar 85 persen pada mereka yang mengonsumsi minuman bersoda lebih dari dua porsi per hari.

Baca juga: Cegah Asam Urat Kambuh, Konsumsi 4 Makanan Ini

3. Daging Merah

Daging merah jenis apa pun memiliki kandungan purin yang tinggi. Pengidap asam urat disarankan untuk mengonsumsi daging merah dalam jumlah yang berlebihan.

4. Makanan Berlemak

Makanan pantangan asam urat lainnya yaitu makanan berlemak. Makanan berlemak bisa memicu kenaikan berat badan. Nah, ketika berat badan meningkat atau obesitas, maka tubuh akan menghasilkan lebih banyak insulin.

Peningkatan kadar insulin ini yang bisa mengganggu kerja ginjal untuk membuang asam urat. Ujung-ujungnya, asam urat pun akan menumpuk dan mengendap di dalam tubuh.

5. Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol yang dikonsumsi oleh pengidap asam urat dapat meningkatkan kadar asam urat. Akibatnya, daerah yang mengalami asam urat akan terasa nyeri dan tubuh akan dehidrasi.

Baca juga: Ini Bedanya Rematik dan Asam Urat Penyakit yang Bikin Nyeri Sendi

6. Seafood

Makanan laut, seperti udang, kepiting, remis, tiram, dan cumi-cumi wajib dihindari oleh pengidap asam urat. Pasalnya, makanan jenis ini mengandung purin yang tinggi. Namun, ada beberapa jenis makanan laut yang masih bisa dikonsumsi. Contohnya, ikan yang mengandung rendah purin seperti salmon.

7. Jeroan

Jeroan seperti organ hati pada hewan memiliki kandungan purin yang tinggi. Tak hanya hati, jeroan, seperti usus, hati, limpa, paru, otak, jantung, ginjal juga wajib dihindari oleh pengidap asam urat.

Kemungkinan masih ada makanan yang harus dihindari pengidap asam urat. Kamu bisa berdiskusi lebih banyak pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mengetahui do’s and don'ts tentang penyakit ini. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. What to eat and what to avoid with gout
Healthline. Diakses pada 2021. Best Diet for Gout: What to Eat, What to Avoid
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2021. Lifestyle changes to reduce the risk of gout attacks

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan