• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Migrain Menyerang saat Puasa, Ini Cara Mengatasinya

Migrain Menyerang saat Puasa, Ini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Puasa merupakan ibadah yang dilakukan dengan menahan haus, dahaga, serta hawa nafsu yang dilakukan kurang lebih selama 13 jam lamanya. Saat tubuh tidak mendapat asupan makanan dan minuman yang dibutuhkan, terkadang hal tersebut akan menimbulkan gejala penyakit yang bikin jadi tidak nyaman, salah satunya adalah migrain.

Migrain saat puasa memang membuat ibadah kamu jadi tidak nyaman. Penyebabnya pun beragam, yaitu rasa lapar, perubahan jam tidur, dehidrasi, hipoglikemia, serta salah konsumsi makanan saat sahur dan berbuka. Berikut langkah mengatasi migrain saat puasa tanpa harus mengonsumsi obat!

Baca juga: Puasa Bermanfaat Bagi Kesehatan, Ini Buktinya

1. Memijat

Langkah pertama dalam mengatasi migrain saat puasa dapat kamu lakukan dengan memijat beberapa titik berikut ini:

- Third eye. Pijat titik di antara kedua alis mata, tepat di atas tulang hidung. Menekan titik ini selama beberapa menit mampu meredakan rasa migrain, termasuk otot yang tegang pada area mata dan kepala.

- Pelipis. Lakukan pijatan ini secara bersamaan di kedua sisi kepala yang dimulai dari bagian atas telinga selebar satu jari. Lakukan pijatan ke arah belakang kepala.

- Leher. Otot leher yang tegang menjadi salah satu pemicu migrain. Untuk meredakannya, kamu dapat melakukan pijatan di titik leher di belakang tulang telinga.

- Kaki. Ibu jari kaki dapat meredakan rasa nyeri karena migrain. Pusatkan pijatan pada area jempol dan telunjuk, serta bagian dalam ibu jari. Jika migrain berada di sebelah kanan, pijat pada area yang telah disebutkan tersebut di sebelah kiri. Begitu pula sebaliknya.

2. Istirahat

Jika migrain saat puasa berlangsung pada siang hari, paksakan diri untuk tidur siang. Biasanya rasa sakit akan mereda setelah bangun. Jangan memikirkan hal-hal yang dapat memicu timbulnya ketegangan pada otot kepala dan leher. Jangan lupa untuk melakukan olah pernapasan agar memperoleh kualitas tidur yang baik.

Baca juga: Ini 4 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

3. Mandi Air Hangat

Jika migrain disebabkan oleh stres atau otot yang tegang, kedua hal tersebut dapat diredakan dengan mandi air hangat, agar tubuh menjadi lebih rileks. Jika kamu mandi dengan berendam air hangat, kamu dapat menambahkan essential oil untuk mendapatkan efek yang menenangkan.

4. Minyak Lavender

Lavender sejak dulu dipercaya dapat mengatasi sakit kepala, salah satunya migrain. Jika kamu memilikinya di rumah, caranya menggunakannya dengan mengambil semangkuk air panas dan menambahkan beberapa tetes. Hirup dalam-dalam uap air panas tersebut hingga migrain mereda.

5. Kelola Stres

Jika memang migrain terjadi karena stres, cobalah untuk mengelolanya dengan baik. Kamu dapat melakukan hal-hal yang kamu suka, seperti menonton film, mendengarkan musik, membaca buku, bermain dengan hewan peliharaan, atau ngobrol dengan anggota keluarga atau teman terdekat.

6. Mengatur pola makan

Mengatur pola makan merupakan salah satu kunci salah satu hal yang dapat dilakukan guna mencegah migrain saat puasa. Caranya dengan menghindari konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan serat, sehingga proses penyerapan makanan dapat berlangsung bertahap.

Dengan tahapan proses yang lama, tubuh akan mendapat suplai nutrisi secara bertahap, sehingga tubuh dapat bertahan sampai waktunya berbuka puasa. Saat berbuka, konsumsi makanan manis dalam porsi kecil guna  menaikan kadar glukosa dalam tahap aman. Berkaitan dengan hal tersebut, kamu dapat mengonsumsi secangkir teh manis hangat.

Baca juga: 4 Masalah Kesehatan Umum Saat Puasa

Saat beberapa langkah sederhana tersebut tidak mampu mengatasi migrain yang kamu alami, silahkan periksakan diri di rumah sakit terdekat, ya! Migrain yang dibiarkan begitu saja tanpa penanganan dapat menimbulkan gejala yang parah dan mengganggu aktivitas puasa yang tengah kamu jalani.

Referensi:

PCRM. Diakses pada 2020. Migraines.

Health Central. Diakses pada 2020. 7 Ways to Avoid Migraine When Fasting.

The Migraine Trust. Diakses pada 2020. Ramadan, Fasting, and Migraine.