• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mitos atau Fakta Menaburkan Kopi Bisa Hilangkan Bau Kaki

Mitos atau Fakta Menaburkan Kopi Bisa Hilangkan Bau Kaki

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Bau kaki tidak hanya mengganggu pengidapnya, tetapi juga orang di sekitarnya. Pasalnya, bau tidak sedap yang ditimbulkan bisa membuat suasana menjadi tidak nyaman. Bau kaki bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti tidak menjaga kebersihan kaki, malas mengganti kaos kaki, serta mengenakan sepatu yang sama selama lebih dari dua hari berturut-turut. 

Namun jangan khawatir, masalah bau kaki bisa diatasi dengan rutin mengganti sepatu, kaus kaki, dan menjaga kebersihan kaki. Ada juga yang menyebut bahwa kondisi ini bisa diatasi dengan bubuk kopi. Benarkah menaburkan bubuk kopi bisa menghilangkan bau kaki? Jawabannya bisa saja. Sebab, bubuk kopi memiliki sifat adsorpsi. Apa itu? Simak ulasannya pada artikel ini!

Baca juga:  Pakai Sepatu Tanpa Kaus Kaki Bisa Kena Jamur Kuku, Benarkah?

Mengatasi Bau Kaki dengan Kopi 

Mengatasi bau kaki sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang sederhana, salah satunya dengan memanfaatkan bubuk kopi. Bubuk kopi bisa menghilangkan bau kaki karena kafein yang disebut bisa mengatasi bau tidak sedap. Kafein dalam kopi mengandung nitrogen yang efektif meningkatkan kemampuan karbon untuk membersihkan bau tidak sedap di udara. Dan hal itu juga bisa diterapkan pada kaki atau sepatu. 

Proses penyerapan bau di udara oleh kandungan nitrogen ini disebut dengan adsorpsi. Selain itu, bubuk kopi juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah pada kaki karena antioksidan di dalam kopi serta kandungan lainnya bisa mengangkat sel kulit mati serta menetralisir bau. Hal itulah yang membuat bubuk kopi dipercaya bisa membantu mangatasi bau kaki. 

Untuk mengatasi bau kaki, kamu disarankan untuk rutin merendam kaki dengan campuran kopi bubuk dan minyak kelapa murni. Campurkan kedua bahan tersebut ke dalam wadah berisi air hangat. Kemudian, rendam kedua kaki yang sebelumnya sudah dicuci bersih. Diamkan kaki selama beberapa menit atau sampai dirasa cukup, kemudian keluarkan dan bilas lagi dengan air bersih. Sebelum dibilas, cobalah untuk terlebih dahulu menggosok kaki dengan lembut menggunakan ampas kopi yang ada. 

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami

Selain dengan bubuk kopi, kamu juga bisa mencoba untuk merendam kaki dengan air hangat dicampur garam. Nyatanya, kunci utama untuk mengatasi bau kaki adalah dengan menjaga kebersihan kaki dan sepatu yang digunakan. Maka dari itu, untuk menghindari kondisi ini, biasakanlah untuk mengganti kaus kaki setiap hari dan hindari mengenakan sepatu yang sama lebih dari dua hari berturut-turut. 

Selain itu, disarankan untuk rutin mencuci kaki hingga bersih. Kamu bisa menggunakan sabun berbahan lembut dan scrub untuk mencuci kaki setidaknya sekali sehari. Pastikan fokus membersihkan sela-sela jari kaki dan keringkan dengan benar. Air yang tersisa di kaki mudah menyebabkan bakteri tumbuh dan bau. Setelah mencuci kaki, biasakan untuk mengeringkannya dengan benar. 

Bau kaki juga bisa disebabkan oleh keringat yang berlebihan pada kaki. Untuk menghindarinya, pastikan memiliki kaus kaki yang menyerap keringat, misalnya kaus kaki tebal dan lembut yang terbuat dari serat alami. Mencegah bau kaki juga bisa dilakukan dengan tidak mengenakan sepatu yang terlalu ketat atau tertutup, karena tidak memiliki sirkulasi udara yang baik. 

Baca juga: Jangan Diabaikan, 8 Tanda Fisik Terkena Depresi

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi 
Science Daily. Diakses pada 2020. Carbonized Coffee Grounds Remove Foul Smells.
Web MD. Diakses pada 2020. Foot care health centre.
First We Feast. Diakses pada 2020. How to Cure Smelly Feet: Wear Socks Infused with Coffee.