Tak Hanya Atasi Kantuk, Kopi Bisa Hilangkan Bau Kaki

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Tak Hanya Atasi Kantuk, Kopi Bisa Hilangkan Bau Kaki

Halodoc, Jakarta - Hampir semua orang suka minum kopi. Mulai dari kopi hitam, hingga kopi kekinian, minuman ini menjadi andalan banyak orang untuk melawan kantuk. Namun, tahukah kamu bahwa kopi juga ampuh menghilangkan bau kaki? 

Area kaki yang bau dapat menurunkan rasa percaya diri, mengganggu aktivitas, dan pastinya bikin tidak nyaman. Tidak hanya dengan menjaga kebersihan sepatu, sebaiknya kamu juga fokus untuk menghilangkan bau yang berasal dari kaki itu sendiri. Nah, salah satu bahan yang efektif mengatasi bau kaki ini adalah kopi. Bagaimana caranya? Ini ulasannya!

Baca juga: Pakai Sepatu Tanpa Kaus Kaki Bisa Kena Jamur Kuku, Benarkah?

Kopi untuk Atasi Bau Kaki

Bagi pecinta kopi, aroma dan rasa yang kuat dari secangkir kopi menjadi hal terbaik yang bisa mereka dapatkan. Namun, ia juga bisa menjadi cara menghilangkan bau kaki yang paling sederhana.

Melansir dari Science Daily, ini karena sifat kafein di dalam kopi itu sendiri. Kafein mengandung nitrogen, yang efektif meningkatkan kemampuan karbon untuk membersihkan belerang atau bau tidak sedap lain dari udara. Proses ini disebut adsorpsi. Tidak hanya itu, antioksidan di dalam kopi dan kandungan lainnya mampu mengangkat sel kulit mati dan menetralisir bau.

Hebatnya lagi, perusahaan pakaian kerja bernama Ministry of Supply, pernah bereksperimen dengan memadukan kopi dan kaus kaki. Mereka menciptakan apa yang mereka sebut "kaus kaki sempurna" bagi mereka yang punya masalah bau kaki. Kaus kaki terbuat dari perpaduan unik dari poliester daur ulang dan katun yang telah diresapi dengan kopi berkarbonasi untuk menjaga aroma tetap sedap. 

Molekul bau diserap oleh struktur kaus kaki yang unik, yang mirip dengan spons. Bau tersebut dilepaskan dari kaus kaki ketika dicuci, dan kemudian setelah kering fungsinya kembali lagi, yakni menangkap aroma busuk.

Baca juga: Ini Alasan Pedicure Wajib Dilakukan

Cara Memanfaatkan Kopi untuk Atasi Bau

Cara menghilangkan bau kaki dengan kopi terbilang mudah. Kamu perlu beberapa bahan seperti kopi bubuk atau ampas kopi sebanyak 30 gram, 3 sendok makan minyak kelapa murni, air hangat, dan wadah plastik besar untuk merendam kaki. 

Untuk membuatnya, kamu bisa mencuci bersih terlebih dahulu kedua kaki, lalu keringkan dengan handuk yang sudah disiapkan. Setelah itu, aplikasikan campuran kopi dan minyak kelapa di seluruh telapak kaki dan jari-jari. Setelah itu, diamkan kurang lebih 5-7 menit. Sebelum dibilas, gosok terlebih dahulu agar sel kulit mati bisa terangkat. Setelah itu, siapkan wadah yang telah diisi air hangat dan rendam kaki kurang lebih 10 menit. Jika sudah, bilas hingga bersih dan keringkan. Kamu bisa melakukan metode ini kurang-lebih 2 hingga 3 kali seminggu untuk mendapatkan kaki yang bebas bau. 

Baca juga: Jangan Minder, Ini 6 Cara Menghilangkan Bau Badan

Tips Lain Mengatasi Bau Kaki

Tidak hanya dengan kopi, terdapat tips lainnya untuk mencegah bau kaki, antara lain:

  • Gunakan sabun berbahan lembut dan scrub untuk mencuci kaki setidaknya sekali sehari. Pastikan fokus membersihkan sela-sela jari kaki dan keringkan dengan benar. Air yang tersisa di kaki mudah menyebabkan bakteri tumbuh dan sebabkan bau;

  • Pastikan memotong kuku kaki jika dirasa sudah panjang; 

  • Ganti kaus kaki setidaknya satu kali sehari. Apalagi jika kamu aktif beraktivitas di lingkungan yang panas, kamu harus lebih sering mengganti kaus kaki;

  • Sebaiknya kamu punya dua pasang sepatu agar kamu bisa dipakai bergantian. Jangan pernah menggunakan sepatu yang belum kering sepenuhnya; 

  • Pilih kaus kaki yang menyerap keringat, misalnya kaus kaki tebal dan lembut yang terbuat dari serat alami; 

  • Hindari mengenakan sepatu yang ketat atau yang terlalu tertutup. Jenis sepatu ini membuat tidak adanya sirkulasi udara.

Itulah cara menghilangkan bau kaki dengan kopi dan beberapa tips lain yang bisa membantu. Namun, bila perawatan di rumah tidak mampu menghilangkan bau kaki, segera kunjungi dokter. Kamu bisa chat dokter lewat aplikasi Halodoc untuk minta saran perawatan medis untuk mengatasi keringat berlebih. Dokter akan selalu siaga memberikan saran kesehatan yang kamu alami.

Referensi:

Science Daily. Diakses pada 2020. Carbonized Coffee Grounds Remove Foul Smells.
Healthline. Diakses pada 2020. How to Get Rid of Smelly Feet (Bromodosis).
First We Feast. Diakses pada 2020. How to Cure Smelly Feet: Wear Socks Infused with Coffee.