• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Olahraga yang Adele Lakukan untuk Turunkan Berat Badan

Ini Olahraga yang Adele Lakukan untuk Turunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Momen perayaan ulang tahun memang biasanya kerap dilakukan dengan memberi kejutan. Namun, apa yang dilakukan penyanyi Adele berbeda. Pada momen ulang tahunnya ke-32 tahun ini, ia yang malah memberi kejutan kepada publik. Ia memamerkan foto penampilan terbaru dirinya dengan tubuh yang kini sudah jauh terlihat lebih langsing.

Penampilannya dengan menggunakan mini dress hitam ia unggah pada akun sosial media miliknya. Meski dibanjiri komentar yang beragam, tampaknya Adele cukup senang dengan penampilannya yang sekarang. Pelantun lagu All I Ask ini dikabarkan sejak beberapa waktu terakhir menjalankan program penurunan berat badan. Selain mengatur pola makan, Adele juga menjalankan jenis olahraga untuk bisa mendapatkan tubuhnya seperti sekarang.

Lantas, olahraga apa saja yang Adele lakukan untuk menurunkan berat badan tersebut? 

Baca juga: Gerakan Olahraga Agar Tubuh Terlihat Tinggi & Langsing

Hanya Tiga Jenis Olahraga

Melansir dari laman US Weekly, sumber yang dekat dengan Adele menyebutkan bahwa Adele kini melakukan olahraga yang lebih intens sekitar tiga kali seminggu. Sebelumnya, Adele paling malas untuk berolahraga, namun kini tidak lagi. Olahraga kini menjadi rutinitas normalnya sehari-hari. Dalam sehari, ia melakukan sesi olahraga selama 60 menit dengan melibatkan tiga jenis olahraga, yaitu: 

  • Cardio. Jenis olahraga ini mewajibkan kamu melakukan aktivitas berirama yang meningkatkan detak jantung ke zona target detak jantung, yakni zona detak jantung membantu membakar paling banyak lemak dan kalori. Latihan kardio yang umum adalah jalan cepat, lari, bersepeda, berenang, atau bahkan mendayung.

  • Circuit Training. Jenis olahraga ini adalah latihan di mana kamu berputar melalui beberapa latihan (biasanya lima hingga 10) dan menargetkan kelompok otot yang berbeda dengan istirahat minimal di antaranya. Hasilnya adalah latihan yang membebani kekuatan dan daya tahan otot serta sistem kardiorespirasi,

  • Pilates. Pilates adalah versi yang lebih modern dari yoga.  Pilates adalah latihan yang fokus pada keseimbangan, fleksibilitas, penguatan postur tubuh. Jika dilakukan dengan rutin, olahraga ini akan membuat kamu menurunkan berat badan. 

Pete Geracimo selaku personal trainernya juga menyebutkan bahwa pada awalnya Adele bergabung Bersama klub kebugaran adalah bukan tentang mendapatkan tubuh yang kurus. Tujuan Adele menjadi rutin olahraga adalah untuk membuatnya sehat, terutama pasca-kehamilan dan pasca-operasi. 

Selain melakukan olahraga rutin, Adele juga diketahui mengubah pola makannya menjadi lebih baik juga. Alhasil, berat badannya turun cukup banyak hingga kurang lebih 68 kilogram dan akhirnya membuat orang-orang tercengang akibat perubahan besar tersebut. 

Baca juga: Kunci Menjalani Diet Sehat yang Perlu Diketahui

Adele Juga Lakukan Sirtfood Diet

Selain olahraga rutin, Adele juga terapkan sirtfood diet untuk menurunkan berat badan. Sirtfood diet didasarkan pada penelitian tentang sirtuins (SIRTs), tujuh protein yang ditemukan dalam tubuh yang telah terbukti mampu mengatur berbagai fungsi, termasuk metabolisme, peradangan, dan masa hidup.

Senyawa tumbuhan alami tertentu dipercaya meningkatkan kadar protein ini di dalam tubuh, dan makanan yang mengandung senyawa tersebut dijuluki dengan istilah “sirtfood”. Ada beberapa jenis makanan terbaik untuk menerapkan sirtfood diet antara lain kale, red wine, stroberi, bawang, kedelai, peterseli, minyak zaitun, cokelat hitam, matcha green tea, soba, kunyit, kacang kenari, arugula, cabai rawit, kurma Medjool, sawi merah, bluberi, hingga kopi. 

Melalui sirtfood diet, makanan yang tadi disebutkan akan lebih banyak dikonsumsi sekaligus melakukan pembatasan kalori. Kedua cara tersebut dipercaya memicu tubuh untuk menghasilkan kadar sirtuin yang lebih tinggi. Para perancang diet ini mengklaim bahwa menjalani diet ini mampu menurunkan berat badan dengan cepat, mempertahankan massa otot, dan melindungi tubuh dari penyakit kronis.

Baca juga: Mengenal Sirtfood Diet yang Bikin Penampilan Adele Makin Langsing

Buat kamu yang ingin memiliki tubuh seperti penyanyi Adele, maka sudah saatnya untuk mulai rutin olahraga dan menjaga pola makan. Namun, jika kamu masih ingin tahu jenis olahraga yang cocok denganmu untuk menurunkan berat badan, kamu bisa tanya dokter di Halodoc. Dokter selalu siaga memberikan saran kesehatan yang kamu butuhkan. Ambil smartphone kamu sekarang, dan segera lakukan sesi tanya jawab dengan dokter di Halodoc!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. The Sirtfood Diet: A Detailed Beginner's Guide.
Prevention. Diakses pada 2020. Everything We Know About Adele's Weight-Loss Transformation.
US Magazine. Diakses pada 2020. Adele’s Personal Trainer Speaks Out After Viral Weight Loss Pic.