• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penyebab Tenggorokan Sakit dan Suara Tiba-tiba Hilang

Penyebab Tenggorokan Sakit dan Suara Tiba-tiba Hilang

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Rasa sakit di tenggorokan bisa menjadi tanda penyakit tertentu. Namun tak perlu khawatir, nyatanya sakit tenggorokan tidak melulu jadi tanda penyakit. Kondisi umum terjadi, biasanya disertai dengan suara tiba-tiba hilang atau hanya bisa mengeluarkan bisikan pelan.

Meski sering terjadi, sangat penting untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab kondisi ini bisa terjadi. Secara umum, sakit tenggorokan dan suara hilang tiba-tiba terjadi karena gangguan pada getaran pita suara. Gangguan bisa muncul akibat adanya peradangan atau pembengkakan. Gangguan pada pita suara bisa menyebabkan bagian tersebut tidak bisa digunakan, termasuk untuk mengeluarkan suara. 

Baca juga: Tanpa Obat, Ini Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

Apa Saja Penyebab Tenggrokan Sakit Hingga Hilang Suara? 

Ada berbagai hal yang bisa menjadi penyebab terjadinya sakit tenggorokan hingga suara tiba-tiba hilang, di antaranya: 

  • Laringitis 

Laringitis bisa menjadi salah satu penyebab sakit tenggorokan dan suara tiba-tiba hilang. Kondisi ini muncul akibat adanya peradangan pada pita suara. Peradangan umumnya disebabkan oleh infeksi jamur pada pita suara. Tak hanya itu, peradangan juga bisa muncul karena paparan bahan kimia yang mengakibatkan iritasi pada tenggorokan dan pita suara. 

  • Kebiasaan Merokok

Orang yang aktif merokok juga rentan mengalami gangguan pada tenggorokan dan berujung pada suara tiba-tiba hilang. Bahaya rokok bagi kesehatan sudah menjadi rahasia umum. Ada sederet masalah kesehatan yang bisa muncul pada perokok aktif, salah satunya gangguan pada pita suara. 

Dalam jangka panjang, kebiasaan merokok bisa memengaruhi kondisi pita suara. Asap rokok yang kamu hirup akan masuk ke tenggorokan dan mengiritasi pita suara. Kebiasaan ini juga bisa meningkatkan risiko tumbuhnya polip di pita suara. Pertumbuhan polip pada area tersebut secara bertahap akan mengakibatkan nyeri pada tenggorokan dan suara perlahan mulai hilang. 

Baca juga: Ketahui 6 Penyebab Umum Terjadinya Radang Tenggorokan

  • Penyakit Tertentu 

Sakit tenggorokan dan suara tiba-tiba hilang juga bisa muncul saat seseorang sakit, misalnya saat terserang pilek. Saat penyakit ini muncul, pita suara juga mungkin akan mengalami peradangan sehingga mengganggu udara yang masuk melalui kotak suara di tenggorokan dan berujung pada terganggunya suara yang dihasilkan atau suara yang keluar. Pita suara mungkin akan mengalami bengkak sehingga memengaruhi getaran pada pita suara yang akhirnya mengakibatkan suara serak atau tidak bisa keluar sama sekali. 

  • GERD

Selain pilek, GERD juga bisa menjadi jenis penyakit yang menyebabkan suara hilang tiba-tiba. Penyakit GERD merupakan sebuah kondisi ketika asam lambung kembali naik ke kerongkongan. Kondisi ini seringnya ditandai dengan gejala mual dan muncul sensasi terbakar pada dada. Namun pada beberapa kondisi, GERD juga dapat menyebabkan suara hilang ketika akan berbicara naiknya asam lambung ke kerongkongan bisa mengakibatkan iritasi pada pangkal tenggorokan alias laring. 

Baca juga: 7 Cara Ampuh Atasi Radang Tenggorokan

Meski jarang berakibat fatal, tetapi sakit tenggorokan dan suara hilang sama sekali tidak boleh dianggap sepele. Pada beberapa kasus, rasa nyeri berkepanjangan pada area tenggorokan bisa menjadi tanda dari penyakit yang lebih serius. Maka dari itu, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit jika mengalami gejala sakit tenggorokan dan suara hilang yang berkepanjangan, misalnya lebih dari 10 hari.

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2020. Why Am I Losing My Voice?
Healthline. Diakses pada 2020. Sore Throat 101: Symptoms, Causes, and Treatment.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Sore throat.