Sibuk Bekerja, Begini Cara Menjaga Tubuh Tetap Fit

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 November 2021
Sibuk Bekerja, Begini Cara Menjaga Tubuh Tetap FitSibuk Bekerja, Begini Cara Menjaga Tubuh Tetap Fit

“Semua orang pasti ingin memiliki tubuh yang fit guna menunjang aktivitas fisik yang dilakukan setiap hari. Ketika memiliki tubuh yang sehat dan bugar, menjalani aktivitas berat bukan hal yang sulit dilakukan. Lantas, bagaimana cara menjaga tubuh  tetap fit?”

Halodoc, Jakarta – Tubuh yang fit dapat membuat kita melakukan kegiatan sehari-hari dengan penuh semangat. Setelah menyelesaikan seluruh kegiatan, tubuh masih memiliki tenaga cadangan untuk menikmati waktu senggang, dan siap untuk melakukan hal-hal yang bersifat spontan.

Baca juga: Inilah Cara Tepat Menjaga Daya Tahan Tubuh

Begini Cara Menjaga Tubuh Tetap Fit

Menjaga tubuh tetap fit merupakan gaya hidup yang seharusnya dilakukan setiap hari. Caranya dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut ini:

1. Mencukupi Waktu Tidur

Mencukupi waktu tidur menjadi langkah pertama dalam menjaga tubuh tetap fit. Jika waktu tidur tidak cukup, hal tersebut dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental. Waktu tidur yang cukup mampu menyembuhkan, memperbaiki, dan menjaga kesehatan tubuh dan seluruh organ di dalamnya.

2. Rutin Berolahraga

Selain meningkatkan kebugaran tubuh, rutin berolahraga dapat mengurangi risiko cedera akibat beraktivitas karena peningkatan fleksibilitas sendi. Cara yang satu ini juga dapat memperkuat organ jantung dan paru-paru.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat bergizi seimbang yang dapat menjaga tubuh tetap fit, termasuk buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Kamu juga dapat menyertakan sumber protein tanpa lemak, seperti ayam, ikan, tahu, dan kacang-kacangan. Konsumsi makanan sehat bergizi seimbang, dan kurangi makanan atau minuman dengan pemanis buatan.

Baca juga: Catat, Ini 4 Manfaat Kacang Mete bagi Tubuh

4. Jangan Lewatkan Waktu Sarapan

Tips menjaga tubuh tetap fit selanjutnya dilakukan dengan tidak melewatkan waktu sarapan. Sarapan ibarat bahan bakar untuk menjalankan aktivitas harian. Selain itu, sarapan membuat kamu lebih fokus dan produktif dalam mengerjakan pekerjaan. Jika melewatkannya, tubuh terasa lemas dan daya pikir bisa saja menurun.

5. Konsumsi Banyak Air Putih

Mengonsumsi banyak air putih membuat tubuh tetap terhidrasi. Hal tersebut dapat menunjang metabolisme, sehingga kesehatan tubuh pun dapat terjaga. Air putih berperan sebagai pembersih alami tubuh, termasuk sistem pencernaan. Dengan air, racun di dalam tubuh dikeluarkan dalam bentuk keringat dan urine.

6. Kelola Stres dengan Baik

Stres menjadi pemicu dari segudang masalah masalah kesehatan, mulai dari gangguan pencernaan hingga penyakit pada jantung. Untuk mengelola stres, kamu  dapat bermeditasi atau melakukan hal-hal yang disukai untuk membantu mengurangi dampak dari stres.

7. Konsumsi Suplemen atau Multivitamin

Zinc, selenium, magnesium, dan vitamin C, A, B, serta E menjadi asupan yang dibutuhkan tubuh guna menjaga tubuh tetap fit. Jika tidak cukup mendapatkan sejumlah asupan tersebut dari makanan, kamu dapat mengonsumsi suplemen atau multivitamin guna menunjang daya tahan tubuh.

Baca juga: Khasiat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan Tubuh

Penuhi Kebutuhan Suplemen atau Multivitamin Kamu di Sini

Saat tubuh kurang fit, mungkin penyebabnya adalah stres, kurang tidur, atau asupan nutrisi tidak seimbang. Jika kesehatan tubuh menurun, kamu otomatis akan mudah terserang penyakit. Untuk mencegah hal tersebut, kamu perlu meningkatkan sistem imun tubuh dengan mengonsumsi suplemen atau multivitamin yang diperlukan.

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional, Halodoc memberikan promo menarik berupa diskon s/d 60% + kupon s/d 11rb + gratis ongkir. Promo tersebut berlaku untuk kebutuhan obat rutin, vitamin, hingga kebutuhan ibu dan anak. Jangan khawatir, promo juga dapat digunakan untuk pengguna baru.

Bagi pengguna baru yang belum pernah melakukan transaksi di Toko Kesehatan, kamu bisa mendapatkan gratis ongkir instan hingga Rp18.000 dengan menggunakan kode “HALOONGKIR”. Promo tersebut berlaku hingga 12 November 2021, dengan minimal pembelian Rp100.000.

Promo juga berlaku untuk semua pengguna di Toko Halodeals, dengan diskon s/d 60%. Kamu juga akan mendapatkan gratis ongkir standar yang tiba dalam 1-4 hari, dengan minimal pembelian Rp100.000 menggunakan kode “HALODEALS”. Promo tersebut berlaku hingga 12 November 2021.

Bagi yang ingin berbelanja di Toko Kesehatan selama periode promo tersebut, kamu akan mendapatkan potongan langsung sebesar Rp11.000 dengan minimal pembelian Rp110.000. 

Nah, tunggu apalagi? Download aplikasi Halodoc sekarang juga, dan nikmati berbagai promo menarik Halofest dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Live Strong. Diakses pada 2021. 10 Ways to Stay Fit & Healthy.
Zeenews India. Diakses pada 2021. 7 ways to stay fit and healthy.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan