• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tampil Cantik, Ini 5 Cara Mencegah Jerawat Secara Alami
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tampil Cantik, Ini 5 Cara Mencegah Jerawat Secara Alami

Tampil Cantik, Ini 5 Cara Mencegah Jerawat Secara Alami

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 04 Juli 2022

“Terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah jerawat secara alami. Salah satunya adalah dengan menjaga kulit wajah tetap bersih.”

Tampil Cantik, Ini 5 Cara Mencegah Jerawat Secara AlamiTampil Cantik, Ini 5 Cara Mencegah Jerawat Secara Alami

Halodoc, Jakarta – Punya kulit wajah yang mulus, bersih, dan sehat tentu merupakan dambaan bagi banyak orang, baik pria maupun wanita. Sayangnya, masalah kulit seperti jerawat kerap menjadi salah satu hal menjengkelkan bagi semua orang. Lantaran, jerawat dapat membuat wajah tidak mulus, sekaligus berpotensi muncul kembali akibat beberapa faktor pemicu.

Meski begitu, sebenarnya ada beberapa perawatan kulit sebagai cara untuk mencegah jerawat secara alami. Hal ini tentu perlu kamu ketahui, agar jerawat yang membandel tak lagi tumbuh di kulitmu. Penasaran apa saja caranya? Yuk, simak informasinya di sini!

Cara Mencegah Jerawat Secara Alami

Berikut adalah beberapa cara mencegah jerawat secara alami yang dapat kamu lakukan:

1. Jaga Kulit Wajah Tetap Bersih

Meski saat ini kamu tidak berjerawat, penting untuk mencuci muka dua kali sehari. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran, sel kulit mati, dan minyak ekstra dari permukaan kulit. Pastikan untuk menggunakan air hangat, tidak panas, dan pembersih wajah yang ringan agar hasilnya optimal. Selain itu, hindari menggosok kulit wajah terlalu kencang, saat membersihkannya, maupun saat mengeringkannya dengan handuk.

 2. Hindari Menyentuh Wajah dengan Tangan

Hindari menyentuh wajah atau menopang pipi atau dagu dengan tangan. Tidak hanya dapat menyebarkan bakteri, kamu juga dapat mengiritasi kulit wajah yang sudah meradang. Keduanya merupakan faktor pemicu timbulnya jerawat pada kulit. Selain itu, hindari memencet jerawat dengan jari. Sebab, kebiasaan ini dapat menyebabkan infeksi dan jaringan parut.

3. Batasi Waktu Ketika Beraktivitas di Luar Ruangan

Sinar ultraviolet matahari dapat meningkatkan peradangan dan kemerahan, dan dapat menyebabkan hiperpigmentasi pasca-inflamasi (perubahan warna gelap). Selain itu, beberapa obat jerawat juga dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Maka dari itu, batasi waktu kamu ketika sedang beraktivitas di luar ruangan pada siang hari. Jika kamu ingin beraktivitas di luar ruangan, pastikan untuk menggunakan tabir surya dengan kekuatan minimal SPF 50.

4. Rutin Berolahraga

Berolahraga secara rutin baik untuk keseluruhan tubuh, tanpa terkecuali kulit. Namun, pastikan untuk menghindari mengenakan pakaian yang dapat menyebabkan iritasi. Kemudian segeralah mandi setelah berolahraga.

5. Kelola Stres dengan Baik

Stres memang diduga kuat memiliki keterkaitan dengan tumbuhnya jerawat. Oleh karena itu, pastikan untuk mengelola stres dengan baik. Kamu bisa mengelolanya dengan melakukan beberapa kegiatan positif yang kamu sukai. Misalnya seperti melukis, bermain alat musik, atau liburan bersama teman-temanmu.

Itulah beberapa cara untuk mencegah jerawat secara alami. Mulai dari menjaga wajah tetap bersih, hingga mengelola stres dengan baik. Namun, jika beberapa cara tersebut tidak membuahkan hasil dan jerawat tetap kembali tumbuh, segeralah periksakan kulitmu ke dokter.

Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu dapat membuat janji rumah sakit untuk memeriksakan kondisimu. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu berlama-lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:

WebMD. Diakses pada 2022. 10 Tips for Preventing Acne. 
Healthline. Diakses pada 2022. How to Prevent Acne: 14 Tips to Reduce Pimples.