• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Tips Agar Terhindar Dari Kecanduan Obat

Inilah Tips Agar Terhindar Dari Kecanduan Obat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Inilah Tips Agar Terhindar Dari Kecanduan Obat

Halodoc, Jakarta - Kecanduan dalam penggunaan obat-obatan terlarang memang bisa disebut dengan ketergantungan obat. Namun tidak hanya itu, ketergantungan obat juga bisa diartikan saat seseorang mengonsumsi obat-obatan melebihi dosis yang dianjurkan, serta obat tersebut digunakan dalam waktu yang lama. Obat seperti ini biasanya digunakan untuk menyembuhkan gejala atau penyakit tertentu, seperti obat tidur maupun obat antidepresan. Jika kamu adalah salah satunya, berikut ini tips agar terhindar dari kecanduan obat!

 

Cara Mencegah Terjadinya Kecanduan Obat


Kecanduan atau penyalahgunaan obat dapat terjadi saat seseorang merasa kehilangan kendali atau ketidakmampuan untuk berhenti mengonsumsi zat tersebut setelah merasakan ketergantungan. Kamu kerap merasakan dorongan yang kuat sehingga kesulitan untuk menolaknya. Lama-kelamaan, kamu merasa butuh lebih banyak konsumsi obat tersebut atau dosis yang lebih tinggi agar memberi pengaruh.


Baca juga: Ketergantungan Narkoba adalah Penyakit, Masa Sih?


Selain itu, jika kamu berhenti menggunakannya, kemungkinan tubuh akan mengalami mual, berkeringat, gemetar, muntah, hingga merasa cemas. Semua gejala ini dapat menahan seseorang yang mengalami kecanduan obat untuk meninggalkan kebiasaan buruk yang ada. Maka dari itu, cara yang paling ampuh agar masalah ini tidak terjadi adalah menghindarinya sebelum kejadian. Berikut beberapa cara yang ampuh untuk mencegah kecanduan obat:


1. Mengatasi Tekanan Lingkungan


Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kecanduan konsumsi obat-obatan terlebih jenis yang terlarang adalah menghindari tekanan yang timbul dari lingkungan sekitar. Jika kamu merasa hal yang dilakukan orang-orang di sekitar salah, cobalah untuk mencari kelompok teman yang lebih baik. Kamu hanya perlu mencari cara yang paling baik untuk mengatakan tidak dan keluar dari lingkaran tersebut. Untuk remaja, peran orangtua sangat penting agar mampu menghadapi masalah ini.


2. Atasi Masalah Hidup


Seseorang yang terlalu banyak bekerja dan kerap merasa kewalahan hingga stres berisiko tinggi terhadap kecanduan obat. Dirinya ingin mendapatkan istirahat yang cukup sehingga mengonsumsi obat tidur ataupun obat penenang. Saat masalah yang timbul lebih besar, konsumsi obat mungkin akan lebih banyak. Dengan begitu, kemungkinan mengalami ketergantungan pada obat menjadi lebih tinggi.


Maka dari itu, kamu harus benar-benar mencari cara untuk menangani stres dan menghilangkan perasaan negatif selain mengonsumsi obat. Cobalah untuk rutin berolahraga, membaca banyak buku yang memotivasi, hingga menciptakan sesuatu yang belum pernah dilakukan. Segala sesuatu yang positif dan menenangkan tentu dapat mengalihkan pikiran dari penggunaan obat-obatan yang kerap dikonsumsi untuk menghilangkan stres.


Baca juga: Cek Ketergantungan Obat untuk Mengetahui Kecanduan atau Penyakit?


3. Sembuhkan Penyakit Mental


Penyakit mental dan kecanduan obat sering kali terjadi secara beriringan. Seseorang dengan gangguan mental mungkin saja beralih ke obat-obatan sebagai cara untuk meredakan sakit yang timbul. Beberapa penyakit mental yang rentan menyebabkan masalah ini adalah kecemasan, depresi, atau gangguan stres pasca-trauma. Sebelum terlambat, ada baiknya kamu mendapatkan bantuan ahli medis untuk mengatasi penyakit mental yang dirasakan.


Selain itu, kamu juga dapat memastikan masalah kecanduan obat di beberapa rumah sakit rekanan Halodoc. Caranya mudah saja, hanya dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa memesan pemeriksaan dengan menentukan jadwal sesuai kemauan. Maka dari itu, segera unduh aplikasi Halodoc dan periksakan kesehatan secara rutin sekarang juga!


4. Periksa Setiap Faktor Risiko


Beberapa faktor risiko secara biologis, lingkungan, dan fisik dapat meningkatkan kemungkinan seseorang untuk mengalami kecanduan obat. Apabila kamu memiliki faktor risiko tersebut, pencegahan dapat lebih mudah dilakukan. Riwayat penyalahgunaan zat dalam keluarga dan lingkungan sosial yang mengagungkan kecanduan obat kerap menjadi faktor risiko dari masalah ketergantungan obat.


Baca juga: Ini Pentingnya Cek Ketergantungan Obat Saat Kasus Narkoba

 

Setelah mengetahui beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kecanduan obat, diharapkan risiko terhadap masalah ini dapat dihindari. Tentu tidak sedikit masalah yang dapat timbul akibat masalah ketergantungan pada obat-obatan tersebut. Selain itu, pemeriksaan rutin ke dokter mungkin juga diperlukan jika dirasa dosis obat yang rutin dikonsumsi sudah mulai tidak berpengaruh.

 

Referensi:
American Addiction Centers. Diakses pada 2021. Top 5 Ways to Prevent Substance Abuse.
Help for Cancer Care Givers. Diakses pada 2021. Avoiding Substance Abuse.