Atasi Flek Hitam dengan Sari Cuka Apel

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Atasi Flek Hitam dengan Sari Cuka Apel

Halodoc, Jakarta - Dibandingkan dengan pria, rasanya wanita lebih enggak peduli memerhatikan kesehatan kulit wajahnya. Makanya, enggak heran bila mereka memiliki berbagai produk kecantikan demi menjaga penampilannya. Namun, ada pula beberapa wanita yang masih menggunakan bahan alami untuk merawat kulit wajahnya. Contohnya, memanfaatkan sari cuka apel untuk menghilangkan flek hitam pada wajah.

Flek hitam (ephelis) sendiri merupakan bintik-bintik datar pada kulit wajah yang terbentuk karena peningkatan melanin atau pigmen alami kulit. Yang perlu diingat, flek hitam ini bisa muncul di bagian tubuh lain. Misalnya, lengan, dada, ataupun leher.

Baca juga:6 Cara Jitu Atasi Masalah Flek Hitam pada Wajah

Flek hitam ini cenderung mudah dilihat dan muncul pada orang yang memiliki kulit putih. Masalah kulit ini bisa terjadi pada tiap orang, dengan kata lain enggak memandang usia dan jenis kelamain. Untungnya, ephelis ini enggak membahayakan dan menimbulkan rasa sakit.

Nah, berikut cara menghilangkan flek hitam dengan menggunakan sari cuka apel.

1. Cuka Apel dan Scrub Gula

Untuk mengangkat sel kulit mati bisa memanfaatkan penggunaan scrub. Nah, caranya mudah kok. Kamu hanya perlu menyiapkan satu sendok teh cuka apel, madu, teh hijau, dan 5 sendok teh gula pasir, serta beberapa tetes air.

Lalu, campurkan semua bahan itu ke dalam mangkuk. Setelah itu, oleskan scrub pada wajah dan gosok lembut dengan gerakan memutar, kira-kira selama dua sampai tiga menit. Diamkan selama beberapa menit, kemudian bersihkan wajah dengan air biasa.

2. Cuka Apel dan Baking Soda

Baking soda dan kombinasi cuka apel juga dapat membantu menyumbat pori-pori dan membuat kulit bersih. Caranya, campurkan dua sendok makan cuka apel dan tiga sendok makan baking soda. Lalu, masukkan kedua bahan tersebut dalam mangkuk dan aduk sampai mengental. Kemudian, oleskan pada wajah setelah dibersihkan dan biarkan mengering selama 15 menit. Setelah itu, bersihkan wajah dengan air dingin.

Baca juga:Manfaat Rutin Menggunakan Masker Wajah

3. Minyak Pohon Teh dan Cuka Apel

Kombinasi kedua bahan ini juga cukup ampuh untuk menghilangkan ephelis. Cara membuatnya juga simpel. Siapkan dua cangkir dan mangkuk. Lalu, tambahkan empat sendok makan cuka apel dan beberapa tetes minyak pohon teh. Campurkan semua bahan itu dengan merata. Tuangkan campuran ini ke dalam steamer cair.

Tahap selanjutnya, letakkan wajahmu di atas steamer dan uapkan wajah selama lima sampai delapan menit. Ingat, jangan terlalu dekat ke steamer cair, sebab hal itu bisa merusak kulitmu. Setelah usai, bersihkan wajah dengan air.

Baca juga:4 Perawatan Wajah untuk Usir Flek Hitam

4. Cuka Apel sebagai Toner

Cuka apel bisa dimanfaatkan sebagai toner untuk kulit. Caranya, campurkan satu sendok teh cuka apel dengan satu sendok teh air. Gunakan kapas untuk mengoleskannya di wajah, lalu tekan di bintik wajah. Nah, toner ini akan berfungsi dengan baik bila didiamkan semalam. Untuk hasil yang maksimal, gunakan perawatan ini secara teratur.

Mau tahu cara lainnya untuk menghilangkan flek hitam? Kamu bisa kok bertanya langsung kepada dokter ahli melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!