01 November 2018

Batuk Darah pada Orang Dewasa Bisa Jadi Diakibatkan Rokok?

Batuk Darah pada Orang Dewasa Bisa Jadi Diakibatkan Rokok?

Halodoc, Jakarta - Batuk bisa menjadi tanda atau gejala suatu penyakit. Ketika imunitas tubuh sedang menurun, virus dan bakteri mudah menginfeksi. Atau bisa juga karena kamu melakukan kebiasaan yang tidak baik, seperti misalnya merokok. Kamu perlu berhati-hati karena ternyata kebiasaan merokok bisa menjadi penyebab kamu terindikasi batuk berdarah.

Umumnya, darah yang keluar saat kamu batuk disertai dengan dahak atau lendir. Pada usia muda, batuk berdarah mungkin tak menjadi gejala penyakit serius dan bisa segera mendapatkan penanganan. Namun, bagi para lansia yang memiliki kebiasaan merokok, batuk ini perlu diwaspadai.

Pasalnya, ada banyak sekali racun yang terkandung dalam sebatang rokok. Nikotin, misalnya, merupakan senyawa jenis alkaloid yang memiliki efek kecanduan yang lebih besar dibandingkan dengan morfin. Ada pula tar, bahan kimia dengan kandungan karsinogenik yang memicu terjadinya kanker paru. Terdapat juga karbon monoksida, asetaldehida, oksida nitrat, hidrogen sianida, dan masih banyak lagi.

Batuk Berdarah Pertanda Penyakit Serius

Kebiasaan merokok menyebabkan berbagai racun yang terdapat dalam batang rokok mengendap dalam tubuh dan menimbulkan berbagai risiko penyakit. Pengidap batuk berdarah bisa jadi terindikasi beberapa penyakit serius, di antaranya:

  • Kanker Paru

Batuk kering yang dialami perokok dapat mengindikasikan gejala kanker paru. Namun, gangguan kesehatan ini tidak hanya mengancam para perokok aktif, tetapi juga perokok pasif yang menghirup udara yang bercampur dengan asap rokok tersebut. Biasanya, penyakit ini menyerang orang-orang yang berusia di atas 40 tahun, tetapi tidak kemungkinan terjadi pula pada dewasa muda.

Tidak berbeda dengan jenis kanker lain yang sering terjadi, kanker paru tidak menimbulkan gejala yang serius. Gejala baru terlihat jika sel kanker sudah menyebar ke area lain dalam tubuh dan menginjak stadium lanjut. Adapun gejala yang bisa diamati pada pengidap kanker paru adalah batuk terus-menerus, sesak napas, batuk berdarah, sakit pada dada dan tulang, suara menjadi serak, dan sakit pada kepala.

  • TBC

TBC merupakan penyakit menular yang terjadi karena infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis dan membutuhkan pengobatan jangka panjang. Pasalnya, pengobatan yang kurang tepat pada penyakit ini menimbulkan komplikasi pada kinerja paru-paru. Gejala utama yang sering muncul adalah batuk berdahak yang disertai dengan keluarnya darah.

Selain itu, gejala lain yang mengindikasikan seseorang mengalami penyakit tuberkulosis adalah demam, batuk yang tidak sembuh hingga lebih dari 3 minggu, tubuh berkeringat pada malam hari, berat badan menurun akibat dari penurunan nafsu makan, dan badan terasa lemas, lelah, dan tidak berenergi.

Jangan Sepelekan Batuk Berdarah

Jangan sepelekan batuk berdarah, terlebih bagi para perokok, karena banyak penyakit serius yang mengintai dengan gejala batuk ini. Pencegahan terbaik adalah berhenti merokok, mengubah pola hidup, dan membiasakan gaya hidup sehat. Jangan lupa juga untuk memenuhi asupan nutrisi, asupan cairan, dan rutin berolahraga untuk mengurangi dampaknya.

Jika kamu membutuhkan informasi tambahan seputar batuk berdarah, atau ingin menanyakan gejala-gejala penyakit tertentu, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc yang sudah bisa kamu download langsung di Play Store atau App Store. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter, beli obat, dan melakukan cek lab tanpa perlu keluar rumah.

 

Baca juga: