• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bawang Putih Bisa Meringankan Angin Duduk? Ini Faktanya

Bawang Putih Bisa Meringankan Angin Duduk? Ini Faktanya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Serangan angin duduk bisa menjadi hal pertama yang dipikirkan seseorang ketika merasakan nyeri dada. Angin duduk atau juga juga dikenal sebagai angina adalah nyeri dada yang terjadi karena otot jantung tidak mendapatkan cukup pasokan oksigen dari aliran darah. 

Ada beberapa cara untuk meringankan gangguan angin duduk. Salah satunya adalah dengan bawang putih dan beberapa pengobatan rumahan lainnya. Hanya saja obat rumahan ini hanya boleh digunakan jika seseorang telah diperiksa oleh dokter dan yakin bahwa nyeri dada tidak disebabkan oleh sesuatu yang serius. Faktanya, meskipun obat rumahan ini banyak disarankan, kamu tetap harus mengikuti perawatan dari dokter.

1. Bawang Putih

Bawang putih diklaim sebagai obat untuk meringankan angin duduk, meskipun sebenarnya belum ada ilmu yang mendukung hal ini. Kamu dapat mencampurkan satu atau dua siung bawang putih cincang dengan segelas susu hangat. 

Alih-alih minum bawang putih, kamu harus mengunyah potongan bawang putih untuk mendapatkan manfaat maksimal. Pasalnya bawang putih dapat membantu meringankan penyakit angina dan mengurangi penumpukan plak di arteri. 

Baca juga: Kerokan Bisa Bikin Angin Duduk, Mitos atau Fakta?

2 . Almond

Ketika refluks asam merupakan penyebab angina, makan beberapa almond atau minum secangkir susu almond dapat membantu meringankan. Namun, tetap perlu diingat bahwa sebenarnya belum ada bukti ilmiah untuk mendukung klain ini. 

Perlu diingat juga bahwa almond mengandung banyak lemak yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Jika ini masalahnya, almond sebenarnya dapat membuat rasa sakit semakin parah. 

3. Cold Pack

Penyebab umum angina atau angin duduk adalah ketegangan otot. Dalam kasus ini, seseorang dapat merasakan sakit di dada karena tekanan dari olahraga, aktivitas lain, atau trauma tumpul. Cold pack adalah salah satu metode yang dapat diterima untuk membantu mengurangi pembengkakan dan menghentikan rasa sakit. 

4. Minuman Hangat

Minuman hangat dapat membantu menghilangkan gas saat rasa sakit seseorang disebabkan oleh gas atau kembung. Cairan panas juga dapat membantu meningkatkan pencernaan. Minuman hangat yang dapat jadi pilihan misalnya teh atau madu hangat, yang diketahui memiliki manfaat. 

5. Baking Soda

Rekomendasi lain yang cukup populer yaitu menambahkan baking soda ke dalam air hangat atau dingin. Hasilnya adalah larutan alkali yang dapat membantu mengurangi asam di perut jika itu menyebabkan rasa sakit.

Baca juga: Mitos atau Fakta Angin Duduk Bisa Sebabkan Kematian Mendadak

6. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel adalah obat rumahan lain yang bertujuan untuk membantu angina dan refluks asam. Banyak orang yang mengklaim bahwa meminumnya sebelum atau sesudah makan dapat mencegah naiknya asam lambung. Namun di sisi lain, cuka apel memiliki efek samping minimal. Orang yang menggunakan pengencer darah mungkin perlu menghindari cara ini, karena cuka apel juga dapat mengencerkan darah. 

7. Berbaring

Ketika angina atau angin duduk menyerang, berbaringlah langsung dengan kepala terangkat di atas tubuh agar dapat merasakan kelegaan. Posisi yang sedikit tegak dapat membantu ketika rasa sakit disebabkan oleh refluks. 

8. Jahe

Sama halnya dengan obat herbal lain, jahe dipercaya memiliki efek antiinflamasi. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat membantu meredakan masalah perut dan mencegah muntah. 

9. Susu Kunyit

Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meringankan  gejala nyeri di dada. Susu kunyit dapat dicampurkan dengan susu hangat. Campuran ini harus diminum sebelum tidur untuk meringankan rasa sakit. Untuk penggunaan jangka panjang, penelitian menunjukkan senyawa dalam kulit dapat membantu mencegah penyakit jantung. 

Baca juga: Ini yang Dimaksud dengan Angin Duduk

Sekali lagi perlu diingat bahwa cara mengatasi di atas mungkin hanya bisa untuk kondisi yang ringan. Selain itu selalu pastikan gangguan kesehatan kamu dalam pengawasan dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. How to get rid of chest pain at home