Bayi Terkena Kutil? Lakukan 3 Hal Ini untuk Mengatasinya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
bayi-terkena-kutil-lakukan-x-hal-ini-untuk-mengatasinya-halodoc

Halodoc, Jakarta – Ada beragam jenis penyakit kulit yang bisa menyerang bayi, salah satunya adalah kutil. Risiko penyakit kulit menjadi lebih tinggi karena kulit bayi cenderung masih sensitif dan rentan mengalami gangguan. Maka dari itu, sangat penting bagi orangtua untuk mengetahui jenis dan cara menangani penyakit kulit pada Si Kecil.

Pada bayi, kutil bisa muncul karena adanya infeksi virus atau tertular dari orang dewasa. Kutil adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi human papilloma virus (HPV). Kondisi ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil bertekstur kasar di permukaan kulit. Benjolan ini umumnya memiliki warna pucat atau kecokelatan dan terkadang terasa gatal serta sakit saat disentuh.

Virus penyebab kulit menyerang dan menyebabkan kelainan pada lapisan kulit, sehingga memproduksi keratin lebih banyak dari jumlah yang dibutuhkan. Keratin merupakan protein penyusun rambut dan kuku. Saat tubuh memproduksi keratin secara berlebihan, protein ini akan menumpuk di permukaan kulit, sehingga membentuk tekstur kulit baru yang disebut kutil.

Baca juga: 5 Jenis Penyakit Kutil yang Harus Diketahui

Kabar buruknya, virus penyebab penyakit ini sangat mudah menular dari satu orang ke orang lainnya. Penularan virus bisa terjadi saat seseorang melakukan kontak kulit secara langsung dengan pengidap kutil atau menyentuh benda yang sudah terkontaminasi virus HPV. Meski begitu, tidak semua orang yang terpapar virus HPV akan mengalami kutil. Penyebaran kutil sangat bergantung dan dipengaruhi oleh sistem kekebalan tubuh alias sistem imunitas masing-masing.

Pada bayi, kutil biasanya ditemukan pada jari dan tangan. Biasanya, kutil yang muncul tidak terasa sakit, namun bisa menyebar dengan mudah. Salah satu cara untuk mencegah penyebaran kutil adalah dengan menutupi kutil menggunakan perban longgar. Selain itu, sebisa mungkin hindari bayi menggigit kuku atau bagian kulit yang mengalami gejala kutil.

Mengatasi Kutil pada Bayi dengan Cara Alami

Karena kulit bayi masih sangat lembut dan bersifat sensitif, ada baiknya untuk tidak sembarangan memilih obat untuk mengatasi kutil. Satu hal yang pasti, ibu harus mengetahui dulu apa penyebab kutil muncul untuk dapat mengatasinya.

Ada berbagai cara alami yang bisa dicoba untuk mengatasi kutil pada bayi, di antaranya:

1. Mengoleskan Vitamin C

Cobalah mengatasi kutil di permukaan kulit dengan mengoleskan vitamin C. Umumnya, cara ini dilakukan dengan menghancurkan tablet vitamin C, lalu mencampurkannya dengan sedikit air, sampai membentuk pasta. Setelah itu, oleskan campuran tersebut pada kutil, kemudian tutup dengan plester. Buka plester pada malam hari dan ulangi cara ini selama beberapa hari.

2. Cuka Apel

Bahan alami lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan kutil adalah cuka apel. Sebab, cuka apel mengandung zat asam yang diyakini bisa membunuh jenis bakteri dan virus penyebab kutil. Gunakan kapas atau cotton bud untuk mengoleskan cuka apel ke bagian kutil. Diamkan semalaman, lalu lepaskan pada keesokan paginya. Ulangi cara ini selama beberapa kali setiap malam.

Baca juga: 4 Cara Penularan Kutil yang Perlu Diwaspadai

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Seperti yang sudah dikatakan, sistem kekebalan tubuh menjadi salah satu penyebab kutil bisa menyerang. Untuk menyembuhkan dan mencegah kutil semakin bertambah, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi bahan makanan tertentu, seperti biji bunga matahari, pepaya, kerang, kiwi, jahe, kacang almond, yogurt, atau bawang putih.

Baca juga: 5 Cara Hilangkan Kutil di Tubuh

Agar lebih aman, sebaiknya selalu bicarakan dengan dokter seputar pencegahan dan mengatasi kutil pada bayi. Ibu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!