Bedakan Pusing Vertigo dan Darah Rendah

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Bedakan Pusing Vertigo dan Darah Rendah

Halodoc, Jakarta – Mengalami pusing tentu membuat seseorang merasakan kondisi tidak nyaman untuk beraktivitas. Ketika seseorang mengalami pusing tentu ada satu sensasi yang dirasakan, seperti berputar, melayang, kliyengan, sakit kepala, hingga terasa ingin pingsan. Banyak yang mengira pusing adalah penyakit yang dapat diatasi dengan penggunaan obat, padahal pusing merupakan salah satu gejala dari gangguan kesehatan yang dialaminya.

Baca juga: Sering Pusing, Mungkin Terkena 5 Penyakit Ini

Meskipun umum terjadi, sebaiknya jangan sepelekan kondisi pusing yang dialami. Pusing dapat menjadi tanda penyakit yang cukup serius pada tubuh kamu, beberapa diantaranya adalah penyakit vertigo dan darah rendah. Lalu, apa perbedaan dari pusing yang disebabkan oleh kedua penyakit ini?

Kenali Pusing yang Dialami

Umumnya, rasa pusing yang kamu alami muncul secara perlahan maupun tiba-tiba. Rasa pusing yang dialami seseorang biasanya terasa lebih parah ketika seseorang yang mengalami pusing melakukan kegiatan, seperti berdiri, berjalan, berbaring, atau menggerakkan kepala.

Sebaiknya jangan langsung mengonsumsi obat secara sembarangan, tidak ada salahnya untuk mengetahui penyebab pusing yang dirasakan dengan melakukan pemeriksaan kesehatan pada rumah sakit terdekat dan memastikan penyebabnya. Pusing yang dialami tiap orang rasanya berbeda sesuai dengan gangguan kesehatan yang dialaminya.

Baca juga: Jaga Kesehatan Tubuh, Ini 3 Perbedaan Pusing dan Sakit Kepala

Begitu juga dengan pusing yang disebabkan oleh vertigo atau darah rendah. Pusing yang disebabkan kedua penyakit ini nyatanya berbeda. Kenali sensasi pusing yang disebabkan oleh kedua penyakit ini, yaitu:

1. Vertigo

Vertigo dibagi menjadi dua, yaitu sentral dan perifer. Vertigo sentral terjadi karena ada kelainan di otak kecil, bisa karena stroke, tumor otak atau gangguan lainnya. Sedangkan vertigo perifer terjadi karena gangguan di organ vestibullar di telinga, seperti pada penyakit meniere atau gangguan pendengaran.

Umumnya, pusing yang disebabkan vertigo membuat pengidapnya memiliki sensasi kepala terasa berputar. Pengidap vertigo juga mengalami gejala lain, seperti mual, muntah, berkeringat, pergerakan bola mata yang tidak sesuai, dan adanya gangguan pendengaran.

2. Darah Rendah

Seseorang dikatakan mengalami darah rendah atau hipotensi ketika memiliki tekanan darah di bawah 90/60 mmHg. Seseorang yang memiliki darah rendah ditandai dengan sensasi pusing, namun pusing yang dirasakan akan berbeda dengan pengidap vertigo. Pusing darah rendah akan terasa seperti kliyengan. Sensasi ini juga disertai dengan gejala lain, seperti lemas, pandangan buram, konsentrasi berkurang, tubuh terasa tidak stabil, dan sesak napas.

Namun tidak hanya kedua penyakit tersebut, pusing dapat dialami sebagai tanda penyakit lain pada tubuh, seperti gangguan pada telinga, masalah peredaran darah, gangguan saraf, penyakit anemia, kekurangan gula dalam darah, gangguan kecemasan, dan dehidrasi yang disebabkan oleh cuaca yang terlalu panas.

Lakukan Pemeriksaan untuk Memastikan Penyebab Pusing

Sebaiknya lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat ketika mengalami pusing yang disertai dengan sensasi mati rasa, demam, hingga kejang. Kamu bisa membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Pemeriksaan perlu dilakukan untuk memastikan penyebab pusing yang dialami, seperti tes keseimbangan, MRI atau CT Scan, dan tes darah.

Baca juga: Kepala Sering Pusing? Lakukan Cara Ini untuk Mengatasinya

Tidak ada salahnya melakukan cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi pusing, seperti mengonsumsi cukup air putih setiap harinya, istirahat dalam ruangan dengan suhu yang nyaman dengan suasana yang redup, berhenti mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, mengonsumsi makanan sehat serta hangat, dan rutin berolahraga.

Referensi:
National Health Service. Diakses pada 2020. Dizziness
Web MD. Diakses pada 2020. Vertigo
Medical News Today. Diakses pada 2020. What’s To Know About Low Blood Pressure