Bertubuh Gemuk, Ini Tips Puasa agar Tidak Gampang Lemas

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Bertubuh Gemuk, Ini Tips Puasa agar Tidak Gampang Lemas

Halodoc, Jakarta – Orang gemuk memang cenderung cepat lapar, ini lebih dikarenakan kebiasaan mengemil. Ketika puasa, ada batasan waktu di mana kamu tidak bisa makan sama sekali. Inilah yang kerap membuat ada rasa lapar yang amat sangat, sehingga cenderung merasa tubuh kurang berenergi ketika puasa.

Sebenarnya, justru puasa menjadi cara yang efektif untuk mengontrol pola makan bagi mereka yang bertubuh gemuk. Ini dikarenakan pola makan jadi lebih teratur dimana ada waktu untuk tidak makan dan kapan saatnya makan. Supaya tidak gampang lemas, berikut tips yang bisa diaplikasikan:

Baca juga: Biar Nggak Lemas, Ikuti Aturan Berpuasa Ini

  1. Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Cara terbaik untuk mengurangi lemas saat puasa adalah dengan cara mengonsumsi makanan tinggi protein. Sejatinya, makanan tinggi protein dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Ini akan menghindari lemas dan keinginan untuk mengemil.

  1. Hindari Makanan Gorengan

Mengonsumsi terlalu banyak gorengan ataupun berbuka dengan gorengan akan membuat badan terasa lemas. Ini dikarenakan gorengan hanya memberikan kalori singkat bukan energi yang berkepanjangan. Ketika kamu mendapatkan asupan energi yang berkepanjangan, ini akan membuat tubuh menyimpan energi cadangan. Periode tubuh untuk merasakan kenyang juga lebih lama. Paling baik adalah kamu menghindari konsumsi gorengan yang hanya membuat tubuh bertambah lemas.

  1. Kurangi Makan Manis Saat Sahur

Kamu membutuhkan sahur yang berkualitas supaya badan tidak merasa lemas sepanjang hari. Salah satu caranya adalah mengurangi makanan manis. Justru ketika sahur kamu harus memberikan lebih banyak porsi untuk makanan berprotein. Boleh saja makan makanan manis, tapi setelah kamu sudah memenuhi kebutuhan protein harianmu.

  1. Tidur Malam yang Cukup

Alasan lain kenapa tubuh cenderung merasa lemas saat puasa terutama buat orang yang memiliki kelebihan berat badan, karena tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Mencukupkan diri dengan istirahat dapat membuat tubuh bugar. Salah satunya adalah mendapatkan jam tidur malam yang berkualitas.

Baca juga: 6 Cara Jaga Kesehatan Lambung Saat Puasa

Untuk mendapatkan tidur malam yang berkualitas, kamu bisa menjauhkan diri dari gadget, mematikan lampu karena tidur tanpa penerangan justru lebih nyenyak ketimbang dengan pencahayaan. Kalau bisa, tidak perlu menonton terlalu larut, karena pastinya kamu harus bangun pagi untuk sahur.

  1. Olahraga

Sejatinya, olahraga dapat membuat tubuh lebih segar dan kuat. Tubuh yang aktif tidak akan cepat merasa lemas ketika puasa. Kamu bisa memilih jam olahraga, sebelum berbuka, setelah berbuka, ataupun sehabis sahur. Menjalani olahraga di bulan puasa dapat menjadi salah satu upaya penurunan berat badan, sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

Baca juga: 5 Masalah Kesehatan saat Awal Puasa

  1. Jalan-Jalan Santai

Sebenarnya yang bikin tubuh lemas, ketika kamu tidak bergerak ataupun monoton di satu gerakan saja. Makanya, salah satu cara supaya badan tidak lagi pasif adalah bergerak dan jangan hanya duduk diam tidak mengerjakan apa-apa.

Kamu bisa jalan santai, keluar dari ruangan kantor, sekadar untuk merilekskan otot-otot yang kaku, dan menggerakkan badan supaya tidak terlalu lemas. Badan yang lemas justru membuat cepat mengantuk. Makanya, sangat disarankan untuk tetap bergerak aktif.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak tips puasa agar tidak gampang lemas buat yang kelebihan berat badan, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Talk to a Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.