Biar Enggak Lemas, Ikuti Aturan Berpuasa Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ikuti Aturan Berpuasa Ini, Puasa

Halodoc, Jakarta - Bulan puasa yang akan berlangsung beberapa hari lagi, mungkin akan memberikan efek lemas, letih, haus, serta lapar pada beberapa hari pertama. Hal ini karena perut kamu harus menyesuaikan diri dengan pola makan saat kamu berpuasa. Perubahan pola makan selama berpuasa memang akan memberikan efek bagi tubuh, salah satunya yaitu lemas. Jadi, supaya puasa kamu lancar, ikuti aturan berpuasa berikut.

Baca juga: Anak Enggak Boleh Puasa? Inilah 5 Manfaat Puasa Untuknya

Biar Enggak Lemas, Ikuti Aturan Berpuasa Ini

Merasa lemas, letih, haus serta lapar saat berpuasa merupakan hal yang sangat wajar. Namun, jika kondisi tersebut membuat kamu kehilangan energi untuk beraktivitas seperti biasa, kamu akan kewalahan dengan kerjaan yang akan menumpuk. Namun, tenang saja, dengan mengikuti aturan-aturan berikut, kamu bisa menjalankan puasa tanpa tanpa merasakan lemas, lho!

  • Pilih Menu Sahur yang Berkualitas

Pastikan menu sahur yang kamu konsumsi berkualitas agar selalu bugar dan sehat saat berpuasa. Makanan berkualitas yang dimaksud di sini adalah makanan yang alami dan mudah dicerna oleh tubuh. Bukan makanan yang mengandung bahan pengawet. Nah, pastikan juga makanan berkualitas yang kamu konsumsi sudah melewati proses pemasakan yang tidak berlebihan, agar kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral dalam makanan kamu enggak hilang.

Setelah makan, kamu bisa mengosumsi buah saat sahur. Buah-buahan mudah dicerna oleh tubuh, sehingga tubuh enggak kehabisan energi saat berpuasa nanti. Ingat juga, ya! Makan sahur enggak boleh berlebihan, karena akan membuat pencernaan kamu bekerja lebih keras. Imbasnya, kamu bisa lebih cepat lapar dan lemas, karena energi tubuh kamu sudah banyak dihabiskan untuk mencerna makanan.

Baca juga: 5 Kebiasaan Tak Sehat saat Puasa

  • Jangan Lupa Banyak Minum Air Putih

Haus adalah tantangan berpuasa selama belasan jam di negara tropis seperti Indonesia. Untuk menghindari tenggorokan kering saat berpuasa, kamu bisa minum banyak air putih saat sahur dan berbuka. Pola delapan gelas setiap hari, tiga gelas saat sahur, tiga gelas saat berbuka dan dua gelas saat menjelang tidur bisa kamu jalani untuk menghindari rasa haus pada siang hari. Nah, jangan lupa utamakan air putih saat berbuka daripada es teh manis atau makanan yang mengandung santan, untuk mencegah kamu lebih cepat haus.

  • Hindari Konsumsi Zat Diuretik

Supaya ibadah puasa berjalan lancar dan menyenangkan, konsumsi teh dan kopi perlu dihindari atau paling tidak diminimalisir. Mengapa? Karena teh dan kopi mengandung zat yang bersifat diuretik, sehingga akan membuat tubuh kamu kehilangan cairan lebih cepat melalui urinasi. Kalau bisa, hindari dua jenis minuman ini ketika sahur, ya! Hal ini harus kamu lakukan, agar cairan dalam tubuh kamu tercukupi sampai waktunya berbuka nanti. Namun, jika kamu sulit meninggalkan kebiasaan minum teh atau kopi, kamu bisa melakukannya saat berbuka puasa.

Nah, pastikan kamu mengatur makanan yang kamu konsumsi dengan baik, sehingga waktu kamu untuk beribadah puasa bisa terpenuhi tanpa hambatan apapun. Jangan lupa untuk tidur dengan cukup untuk menjaga tubuh kamu agar tetap fit, ya!

Baca juga: Puasa Mematikan Sel Kanker, Benarkah?

Jika kamu punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!