Trik Jitu Cegah Lemas Saat Puasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
uasa, lemas saat puasa

Halodoc, Jakarta - Bulan puasa kembali datang. Ramadan memang bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh Muslim untuk mengumpulkan pundi-pundi pahala. Lalu, bagaimana jika puasa yang kamu jalani jadi enggak afdol karena kamu merasa lemas, letih, haus, dan lapar?

Puasa akan mengubah pola makan yang biasanya kamu lakukan. Hal ini tentunya akan memberikan efek bagi tubuh, salah satunya adalah lemas. Nah, kamu enggak mau kan hal ini terjadi? Yuk, simak trik jitu cegah lemas saat puasa.

Baca juga: Anak Enggak Boleh Puasa? Inilah 5 Manfaat Puasa Untuknya

Ini Trik Jitu Cegah Lemas Saat Berpuasa

Hal yang sangat wajar memang jika saat berpuasa kamu merasa haus, lapar, dan juga lemas. Nah, jika kondisi-kondisi itu terus saja terjadi sebulan penuh, bisa-bisa kamu akan kewalahan untuk menyelesaikan aktivitas harian kamu, karena energi kamu telah terkuras habis.

Kamu enggak perlu khawatir, karena di sini kamu bisa mendapatkan trik jitu mencegah lemas saat sedang berpuasa. Jadi, puasa kamu bisa berjalan dengan lancar sampai azan magrib tiba.

  • Cukupi Kebutuhan Air Tubuh

Tantangan berpuasa paling besar selama belasan jam adalah haus. Nah, kamu bisa minum banyak air putih untuk menghindari tenggorokan kering saat berpuasa. Jangan lupa, konsumsi air putih hanya bisa dilakukan saat sahur dan berbuka, ya!

Mengonsumsi air putih dengan pola delapan gelas setiap hari bisa cegah kamu haus pada siang hari, karena tubuh terhidrasi dengan baik. Dengan tiga gelas saat sahur, tiga gelas saat berbuka, serta dua gelas saat menjelang tidur. Jangan lupa untuk utamakan air putih saat berbuka daripada es teh manis atau makanan yang mengandung santan, untuk mencegah kamu lebih cepat haus.

Baca juga: Puasa Mematikan Sel Kanker, Benarkah?

  • Perhatikan Menu Makanan yang Dikonsumsi

Pilih makanan yang berkualitas, agar saat puasa tubuh kamu terasa sehat dan bugar. Kamu bisa memilih menu makanan alami dan mudah dicerna oleh tubuh. Makanan seperti ini tentu bukan makanan yang mengandung bahan pengawet. Pastikan juga makanan berkualitas yang kamu konsumsi sudah melewati proses pemasakan yang tidak berlebihan, agar kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral dalam makanan kamu enggak hilang.

Nah, agar kebutuhan vitamin dan nutrisi kamu bertambah, kamu bisa mengonsumsi buah saat sahur. Selain menyehatkan, buah-buahan mudah dicerna oleh tubuh. Karena mudah dicerna, jadi tubuh kamu enggak akan kehabisan energi untuk mencerna saat berpuasa nanti. Perlu diingat bahwa makan sahur yang berlebihan akan membuat pencernaan kamu bekerja lebih keras. Alhasil kamu akan cepat lemas.

  • Hindari Makanan atau Minuman yang Mengandung Zat Diuretik

Diuretik sendiri merupakan obat yang berfungsi untuk membuang kelebihan garam dan air dari dalam tubuh melalui urine. Jadi, kamu perlu menghindari konsumsi teh dan kopi dulu, ya! Karena kedua bahan ini bersifat diuretik dan menyebabkan tubuh kamu kehilangan cairan lebih cepat melalui urinasi.

Baca juga: 5 Kebiasaan Tak Sehat saat Puasa

Selain makanan dan minuman yang kamu konsumsi, jangan lupa untuk tidur dengan cukup untuk menjaga tubuh kamu agar tetap fit, ya! Jika mempunyai masalah kesehatan saat menjalani ibadah puasa, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!