Bikin Sehat, Coba 7 Menu Rendah Kolesterol

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Bikin Sehat, Coba 7 Menu Rendah Kolesterol

Halodoc, Jakarta – Tahukah kamu kalau tingkat kolesterol LDL yang tinggi bisa menyebabkan penumpukan kolesterol di arteri. Kondisi ini dapat mempersempit arteri darah dan meningkatkan risiko penyakit arteri koroner dan penyakit jantung lainnya. 

Perubahan gaya hidup sehat dapat menurunkan kolesterol dan menjaganya dalam kadar yang seimbang. Membatasi lemak total dan lemak jenuh tidak lebih dari 25 persen adalah salah satu cara untuk tetap sehat. Simak selengkapnya rekomendasi menu rendah kolesterol di bawah ini!

Rekomendasi Menu Sehat

Mengonsumsi makanan tinggi serat dapat membantu menurunkan kolesterol. Soalnya, makanan yang kaya serat dapat melarutkan kolesterol dengan cara membawanya dari sistem pencernaan keluar melalui sistem pengeluaran sebelum masuk ke sirkulasi darah.

Baca juga: Awas, Kolesterol Tinggi Picu Berbagai Macam Penyakit 

Lantas, jenis makanan seperti apa yang rendah kolesterol dan disarankan untuk dikonsumsi? Berikut tujuh rekomendasinya!

  1. Oat

Mengonsumsi semangkuk sereal oat sebagai sarapan dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi. Kamu bisa menambahkan oat ini dengan irisan pisang ataupun stroberi untuk memberikan rasa yang lebih enak. 

  1. Biji-bijian

Seperti halnya oat, biji-bijian juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Ini dikarenakan serat pada biji-bijian yang sejatinya membantu menarik kelebihan kolesterol dan membawanya keluar melalui saluran pengeluaran. Konsumsi biji-bijian juga disarankan untuk menyehatkan jantung.

  1. Kacang-kacangan

Sama halnya seperti biji-bijian, kacang-kacangan juga disarankan untuk dikonsumsi karena dapat membantu melarutkan kolesterol yang berlebih. Jenis kacang-kacangan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah kacang hitam, kacang merah, dan lentil.

Baca juga: Kolesterol atau Jantung Penyebab Utama Stroke?

  1. Terong 

Terong adalah sumber kalori baik dan serat yang mumpuni. Namun, teknik pengolahan juga dapat memengaruhi manfaatnya terhadap kesehatan. Sebaiknya konsumsi terong yang direbus dan bukannya digoreng. Takutnya, kalau digoreng, terong menyerap minyak, sehingga memberikan dampak yang tidak baik juga untuk kesehatan. Kalau pun kamu ingin mengonsumsinya dengan sentuhan minyak, maka ada baiknya ditumis saja dengan pilihan minyak sehat seperti olive oil

  1. Apel, Anggur, Stroberi, dan Buah Jeruk

Jenis buah-buahan yang disebutkan ini kaya akan pektin, sejenis serat larut yang dapat menurunkan LDL. Selain itu buah sebagai sumber Vitamin C memang disarankan untuk dikonsumsi.

  1. Kedelai 

Mengonsumsi kedelai seperti tahu dan susu kedelai, disebut-sebut sebagai cara ampuh untuk menurunkan kolesterol. Mengonsumsi 25 gram protein kedelai sehari (10 ons tahu atau 2 ½ cangkir susu kedelai) dapat menurunkan LDL sebesar 5 hingga 6 persen.

  1. Ikan tinggi omega 3

Mengonsumsi ikan yang tinggi omega 3 setidaknya dua sampai tiga kali seminggu dapat menurunkan kadar LDL. Omega 3 mengurangi trigliserida dalam aliran darah dan juga melindungi jantung dengan membantu mencegah timbulnya irama jantung yang abnormal.

Sejatinya untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari penerapan pola makan sehat, ada baiknya kamu mengombinasi jenis makanan ini dalam asupan harian. Kalau kamu hanya memasukkan satu jenis makanan saja dalam menu harian, dampaknya terhadap kesehatan akan sangat kecil. 

Kombinasi berbagai variasi makanan tidak hanya sehat untuk tubuh tetapi juga sebagai upaya membiasakan diri pada tekstur dan jenis makanan yang berbeda. Kebiasaan ini akan mengurangi risiko kemungkinan alergi dan membantu arteri untuk fleksibel, responsive sehingga menstabilkan tekanna darah dalam jangka waktu yang lebih lama.

Kalau ingin tahu lebih detail mengenai rekomendasi menu rendah kolesterol lainnya, tanyakan saja langsung ke HalodocDokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Referensi:

Harvard Health Publishing. Diakses pada 2019. 11 foods that lower cholesterol
MedlinePlus. Diakses pada 2019. How to Lower Cholesterol with Diet