Bisa Bikin Nyeri Tulang, Ini Cara Penanganan Penyakit Paget

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
nyeri tulang

Halodoc, Jakarta - Penyakit paget akan lebih berisiko dialami oleh seseorang seiring dengan bertambahnya usia. Selain pertambahan usia, beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya penyakit paget pada seseorang, antara lain:

  • Pria memiliki risiko yang lebih besar mengidap kondisi ini dibanding dengan wanita.

  • Seseorang dengan salah satu anggota keluarga yang juga mengidap penyakit paget akan lebih berisiko mengidap penyakit ini.

Penyakit ini bisa menyebabkan nyeri pada tulang yang konstan. Hal ini terjadi karena adanya kerusakan pada tulang. Yuk, ketahui cara penanganan penyakit paget berikut!

Baca juga: Gejala Terkena Penyakit Paget yang Wajib Diketahui

Penyakit Paget, Penyakit yang Seperti Apa?

Pernah mendengar istilah penyakit paget sebelumnya? Penyakit ini merupakan penyakit yang dapat mengganggu siklus regenerasi tulang. Penyakit paget akan mengganggu jaringan tulang yang akan menggantikan jaringan tulang yang lama. Ketika hal ini terus terjadi, tulang akan menjadi rapuh, bahkan dapat berubah bentuk.

Gejala Ini Akan Muncul pada Pengidap Penyakit Paget

Ada beberapa tulang yang rentan mengalami penyakit paget, antara lain tulang belakang, tulang bahu, tulang tengkorak, tulang panggul, dan tulang kaki. Gejala yang muncul pada pengidap penyakit ini, meliputi:

  • Terasa nyeri, kaki, dan bengkak pada sendi, karena adanya kerusakan pada tulang yang menjadi bantalan sendi.

  • Terasa nyeri pada tulang, seperti ditekan atau diremas dengan rasa nyeri yang konstan dan akan meningkat pada waktu malam hari.

  • Adanya gangguan saraf yang akan terasa nyeri dari tulang belakang ke kaki, atau dari leher ke lengan dan bagian dada. Gangguan saraf ini akan disertai dengan mati rasa, kesemutan, lumpuh pada sebagian tubuh, atau adanya gangguan keseimbangan.

  • Rapuhnya tulang, serta bentuk tulang yang berubah.

Setiap pengidap penyakit paget akan memiliki gejala yang berbeda-beda. Untuk itu, jika ditemukan gejala, segera diskusikan dengan dokter guna mendapatkan solusi terbaik dari kondisi yang kamu alami.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Faktor Risiko Alami Penyakit Paget 

Bisa Bikin Nyeri Tulang, Ini Cara Penanganan Penyakit Paget

Penanganan khusus tidak diperlukan ketika pengidap tidak menunjukkan tanda dan gejala adanya penyakit paget. Sampai saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini. Penanganan yang dilakukan berguna untuk meringankan gejala yang dialami oleh pengidap. Beberapa penanganan yang dapat dilakukan oleh pengidap kondisi ini, antara lain:

  1. Pemberian obat-obatan yang berguna sebagai pereda rasa sakit.

  2. Pembedahan yang dilakukan dina mengatasi keretakan atau patah tulang. Dalam kasus yang parah, pembedahan dilakukan guna mengganti persendian yang rusak, mengurangi tekanan pada saraf, serta memperbaiki bentuk tulang.

  3. Fisioterapi yang dilakukan guna meningkatkan keseimbangan tubuh pengidap.

  4. Perbanyak konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium dan vitamin D guna menjaga kesehatan tulang.

Karena penyebabnya yang belum diketahui secara pasti, jadi belum ada langkah pencegahan yang dapat menghindari terjadinya penyakit tersebut. Namun, kamu bisa melindungi diri dari penyakit paget dengan cara menjalankan diet seimbang, berolahraga secara rutin, dan hindari aktivitas tertentu yang dapat menimbulkan tekanan berlebihan pada tulang.

Baca juga: Faktor Genetik Bisa Sebabkan Penyakit Paget, Benarkah?

Jika kamu merasa ada kelainan tulang yang kamu alami, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli mengenai masalah kesehatan yang kamu alami. Jika dirasa bermasalah, dokter akan memberikan resep obat dan pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!