Bisa Komodo Bisa Mengobati Emboli Paru, Benarkah?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
bisa komodo bisa mengobati emboli paru benarkah

Halodoc, Jakarta – Komodo dikenal sebagai salah satu binatang buas yang memiliki bisa yang mematikan. Namun, ternyata bisa komodo juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan emboli paru, lho. Benarkah demikian? Yuk, simak penjelasannya di sini.

Apa Itu Emboli Paru?

Emboli paru adalah kondisi ketika arteri pulmonalis, yaitu pembuluh darah yang membawa darah dari jantung menuju paru-paru tersumbat. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh gumpalan darah yang berasal dari kaki atau bagian tubuh lainnya. Walaupun ukuran gumpalan darah yang menyumbat kebanyakan cukup kecil ,sehingga tidak membahayakan nyawa, tapi kamu tetap perlu waspada dengan kondisi ini. Pasalnya, sekecil apapun gumpalan darah yang terbentuk tetap bisa merusak paru-paru. Sebaliknya, bila ukuran gumpalan darah yang terbentuk cukup besar, maka hal ini bisa sangat berbahaya, karena bisa menghentikan aliran darah ke paru-paru.

Orang yang mengalami emboli paru perlu mendapatkan perawatan secepatnya untuk mengurangi risiko kerusakan paru-paru. Dengan melakukan pengobatan yang tepat sedini mungkin, juga bisa mengurangi risiko kematian.

Baca juga: Ini Faktor yang Bisa Meningkatkan Risiko Emboli

Manfaat Bisa Komodo untuk Mengobati Emboli Paru

Bisa binatang buas diketahui sebagai satu-satunya senyawa kimia yang bisa membunuh manusia dalam waktu kurang satu menit. Namun, para peneliti juga menemukan bahwa zat beracun yang ditemukan dalam bisa binatang buas ternyata dapat membantu mengobati beberapa kondisi medis tertentu. Salah satu contohnya adalah komodo.

Binatang buas yang satu ini memiliki kelenjar bisa yang berbeda dengan ular. Bila ular menggigit dan meracuni tubuh manusia, seperti jarum suntik, bisa komodo mengalir keluar. Meskipun bersifat mematikan, tapi ternyata bisa komodo memiliki kandungan antikoagulan yang bermanfaat untuk menghambat pembentukan gumpalan darah. Dengan demikian, bisa komodo bisa dijadikan obat yang ampuh untuk mengatasi penyakit, seperti stroke, serangan jantung, emboli paru, atau penyakit apapun yang disebabkan karena pembekuan darah.

Baca juga: 5 Cara Alami Menghilangkan Racun dari Tubuh yang Bisa Kamu Tiru

Pengobatan Lainnya untuk Emboli Paru

Selain bisa komodo, emboli paru juga bisa disembuhkan dengan berbagai cara pengobatan medis. Tujuan utama dari pengobatan emboli paru adalah agar gumpalan darah yang sudah terbentuk tidak membesar dan mencegah terbentuknya gumpalan darah baru. Berikut empat cara untuk menangani emboli paru:

1. Pemberian Obat

Dua jenis obat yang biasanya digunakan untuk mengatasi emboli paru adalah antikoagulan dan trombolitik. Antikoagulan yang juga terkandung dalam bisa komodo bermanfaat untuk mencegah darah menggumpal, sedangkan trombolitik berfungsi untuk memecah bekuan darah. Namun, obat trombolitik bisa menyebabkan perdarahan serius secara tiba-tiba, sehingga obat ini hanya digunakan untuk pengidap yang kondisinya sudah kritis.

2. Saringan Pembuluh Darah

Prosedur ini biasanya dilakukan untuk pengidap yang tidak cocok mengonsumsi obat antikoagulan atau bila obat tersebut tidak efektif dalam mengatasi emboli paru pengidap. Jadi, saringan akan dipasang pada pembuluh darah balik utama yang menghubungkan kedua tungkai dengan jantung bagian kanan. Tujuan pemasangan saringan ini adalah untuk menahan gumpalan darah agar tidak masuk ke dalam paru-paru.

3. Operasi

Bila ukuran gumpalan darah sudah terlalu besar dan membahayakan keselamatan pengidap, maka dokter akan menganjurkan untuk melakukan pembedahan arteri pulmonalis melalui prosedur embolektomi. Cara ini efektif untuk mengeluarkan gumpalan darah tersebut.

4. Kombinasi Prosedur Ultrasound dan Obat Tromboli

Gumpalan darah yang terbentuk dipecahkan melalui prosedur yang menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi dan berenergi rendah, serta dikombinasikan dengan pemberian obat trombolitik. Langkah ini dilakukan bila kondisi emboli paru yang dialami pengidap sudah cukup parah.

Emboli paru perlu ditangani dengan cara yang benar. Karena bila tidak, penyumbatan pada arteri pulmonalis ini bisa memicu terjadinya hipertensi pulmonal. Hipertensi pulmonal adalah kondisi di mana tekanan darah dalam paru-paru dan jantung bagian kanan terlalu tinggi. Bila jantung terus-menerus memompa darah melalui pembuluh darah yang bertekanan tinggi, maka akibatnya otot-otot jantung akan semakin melemah.

Emboli paru yang tidak segera diobati juga bisa menyebabkan jaringan paru-paru yang tersumbat menjadi mati atau tidak bisa berfungsi lagi. Kondisi ini disebut juga dengan infark paru. Hal ini membuat paru-paru semakin sulit untuk menyediakan oksigen ke seluruh tubuh.

Baca juga: Cara Mendeteksi Emboli Paru

Bila ingin mengobati emboli paru dengan menggunakan bisa komodo, sebaiknya bicarakan dulu dengan dokter. Kamu juga bisa minta saran kesehatan dengan menggunakan aplikasi Halodoc, lho. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa menghubungi dokter untuk berdiskusi soal kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.