Cara Atasi Rasa Lelah Setelah Perjalanan Mudik

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Cara Atasi Rasa Lelah Setelah Perjalanan Mudik

Halodoc, Jakarta - Dalam waktu dekat, libur lebaran segera berakhir. Artinya, ini saatnya para pemudik untuk meninggalkan kampung halamannya untuk kembali bekerja dan menjalankan aktivitas sehari-hari. Libur lebaran ampuh mengatasi rasa stres dan membuat kamu segar kembali, namun sayangnya perjalanan jauh yang harus ditempuh bisa bikin badan jadi lelah dan pegal-pegal. Jangan sampai kamu jadi kurang energi untuk kembali bekerja karena kelelahan. Nah, kamu bisa mengatasi rasa lelah tersebut dengan mengikuti tips berikut ini:

Minum Air Putih yang Cukup

Cara mudah pertama yang bisa kamu lakukan selama dan setiba dari perjalanan pulang adalah memenuhi asupan air yang cukup agar tidak dehidrasi. Minum air putih yang cukup merupakan cara yang tepat untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mengembalikan energi yang hilang selama perjalanan mudik sehingga kamu bisa lebih produktif setelahnya.

Baca Juga: 3 Olahraga Ringan Setelah Mudik Lebaran

Pijat Badan

Mendapatkan pijatan dari terapis pijat merupakan cara yang tepat untuk mengatasi badan pegal-pegal setelah melakukan perjalanan jauh. Pijat memberikan suasana yang rileks bagi tubuh kamu. Luangkanlah waktu untuk pergi ke terapi pijat badan setelah melakukan perjalanan mudik. Banyak manfaat pijat lainnya, mulai dari menghilangkan rasa lelah, dan menghilangkan nyeri pada beberapa bagian tubuh seperti nyeri sendi, leher, atau bahu yang kaku.

Konsumsi Makanan Sehat

Sangat mungkin selama perjalanan mudik kamu terlalu banyak makan yang kandungan nutrisinya tidak terlalu baik bagi tubuh. Untuk membuat tubuh terhindar dari kelelahan, kamu bisa mengonsumsi makanan bergizi sesampainya di rumah. Penting untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayuran agar badan kembali segar dan bisa kembali bekerja.

Istirahat yang Cukup

Tidak ada cara lain yang lebih baik untuk menghilangkan rasa lelah setelah melakukan perjalanan jauh selain dengan istirahat yang cukup. Saat di perjalanan, biasanya mengalami kesulitan tidur nyenyak di dalam kendaraan selama perjalanan. Bagaimanapun, tidur dengan posisi duduk pasti membuat beberapa bagian tubuh jadi terasa pegal. Jadi, setelah sampai di rumah, usahakan untuk istirahat yang cukup dengan tidur selama 6 hingga 8 jam di malam hari agar keesokan harinya kamu bisa kembali segar dan siap melakukan aktivitas normal.

Baca Juga:  4 Cara Atasi Pegal Saat Mudik

Berendam Menggunakan Air Hangat

Mandi dengan air hangat adalah cara tepat untuk mengusir rasa capek setelah melakukan perjalanan jauh seperti mudik. Air hangat ini mampu membuat otot-otot di tubuh kamu kembali rileks serta melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh. Sebaiknya, lakukan hal ini beberapa saat sebelum tidur setidaknya selama 15 hingga 30 menit. Dengan begini, tidur kamu jadi lebih nyenyak dan esok harinya kamu bisa terbangun dan merasa lebih segar.

Gunakan Aromaterapi

Selain air hangat, kamu bisa menggunakan aromaterapi untuk membuat badan dan pikiran kembali rileks. Selain itu, aromaterapi ini cocok untuk mengatasi stres usai melakukan perjalanan panjang yang mungkin penuh kemacetan. Kamu bisa meletakkan aromaterapi di kamar tidur ataupun menambahkannya ke dalam air hangat untuk berendam. Dengan aromaterapi ditambah alunan musik yang menenangkan, pasti kamu akan bangun dengan lebih bersemangat di pagi hari.

Baca Juga: Mulai Masuk Kerja Setelah Lebaran, Ini Cara Kembalikan Mood

Jika kamu masih merasakan lelah dan ada beberapa keluhan yang kamu rasakan, kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Dengan fitur Talk to a Doctor kamu bisa melakukan Voice/Video Call, atau Chat dengan dokter untuk mendapatkan jawaban secara langsung. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play!