Ini Cara Sederhana untuk Cegah Penyakit Ginjal

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ini Cara Sederhana untuk Cegah Penyakit Ginjal

Halodoc, Jakarta - Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang vital bagi manusia. Fungsi ginjal yang berguna untuk menyaring limbah dari darah dan membantu untuk membuangnya melalui produksi urine sangat penting untuk tubuh. Maka dari itu, kamu harus menjaga kesehatan ginjal agar dapat mencegah masalah di masa depan. Beberapa hal dapat terjadi membantu menjaga kesehatan ginjal agar terhindar dari penyakit ginjal.

Penyakit ginjal dapat berubah menjadi kronis yang disebut dengan gagal ginjal kronis. Hal tersebut dapat menyebabkan hilangnya fungsi ginjal secara bertahap. Ginjal akan menyaring limbah dan cairan berlebih dari darah yang kemudian diekskresikan ke dalam urine. Ketika penyakit ginjal kronis mencapai stadium lanjut, tingkat cairan, elektrolit, dan limbah yang berbahaya dapat menumpuk di tubuh kamu.

Pada tahap awal penyakit ginjal kronis, kamu mungkin memiliki beberapa tanda atau gejala. Penyakit ginjal kronis mungkin tidak akan terlihat jelas hingga fungsi ginjal mengalami gangguan secara signifikan. Perawatan yang dilakukan untuk penyakit ginjal kronis berfokus pada memperlambat perkembangan kerusakan ginjal dan umumnya dengan mengendalikan penyebab yang mendasarinya.

Baca Juga: 4 Cara Sederhana Cegah Batu Ginjal

Cara Sederhana untuk Cegah Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal dapat dicegah dengan banyak cara, seperti perubahan gaya hidup dan berolahraga secara teratur. Ginjal adalah organ tubuh yang sangat penting untuk dilindungi. Maka dari itu, kamu harus selalu menjaga agar bagian tubuh tersebut tetap bugar. Berikut adalah beberapa cara untuk cegah penyakit ginjal:

1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk cegah penyakit ginjal adalah mengonsumsi makanan sehat. Hal tersebut sangat penting untuk peningkatan energi di dalam tubuh dan pencegahan penyakit. Ketika kamu mengonsumsi makanan yang sehat, jumlah kolesterol dan tekanan darah tetap pada tingkat yang sehat. Perbanyaklah konsumsi banyak buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian pada makanan kamu. Selain itu, batasi jumlah garam dan hindari makanan yang tinggi lemak jenuh.

2. Menjaga Kolesterol Tetap Rendah

Cara lainnya untuk mencegah tubuh dari penyakit ginjal adalah dengan menjaga kolesterol tetap rendah. Disebutkan juga bahwa kolesterol dapat memperlambat fungsi ginjal. Untuk menjaga kesehatan ginjal, konsumsilah makanan yang tinggi lemak tak jenuh untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Contoh makanan tinggi lemak tak jenuh adalah ikan, kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak bunga matahari.

Baca Juga: 6 Jenis Olahraga untuk Pengidap Sakit Ginjal

3. Kurangi Konsumsi Alkohol

Dengan mengurangi konsumsi alkohol juga dapat mencegah kamu dari penyakit ginjal. Jumlah alkohol yang berlebih dapat membahayakan kesehatan tubuh, termasuk ginjal. Selain itu, alkohol dapat meningkatkan tekanan darah dan kadar kolesterol pada tubuh kamu. Patuhi batas konsumsi alkohol yang disarankan. Pria tidak boleh minum lebih dari dua gelas sehari dan wanita tidak boleh minum lebih dari satu gelas sehari.

4. Berhenti Merokok

Merokok dapat menyebabkan banyak penyakit masuk ke tubuh kamu. Selain itu, merokok juga dapat meningkatkan risiko terhadap penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung atau stroke. Merokok juga dapat menyebabkan fungsi ginjal kamu menjadi terganggu. Maka dari itu, berhentilah merokok untuk meningkatkan kesehatan umum dan mengurangi risiko penyakit ginjal.

5. Berolahraga Teratur

Berolahraga secara teratur dapat memberi banyak dampak baik pada tubuh. Hal tersebut juga dapat memberi dampak baik bagi kesehatan ginjal. Selain itu, berolahraga secara teratur dapat membuat tubuh untuk menjaga tekanan darah di dalam taraf normal, sehingga dapat mengurangi risiko terkena penyakit ginjal kronis.

Baca Juga: 6 Gejala Awal Sakit Ginjal yang Jangan Diabaikan

Itulah beberapa cara untuk mencegah terjadinya penyakit ginjal. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal gangguan tersebut, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!