Cegah Kanker dengan Makan Apel Setiap Hari

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Cegah Kanker dengan Makan Apel Setiap Hari

Halodoc, Jakarta - Rasanya yang manis dan aromanya yang khas membuat apel banyak digemari, bahkan diolah menjadi berbagai kudapan. Namun, tahukah kamu bahwa buah berkulit merah ini bisa mencegah kanker jika dikonsumsi setiap hari? Ya, mencegah kanker dengan apel ini telah dibuktikan oleh berbagai penelitian, lho.

Salah satunya adalah yang dilakukan oleh Francis Raul, Ph.D., Direktur Penelitian French National Institute for Health and Medical Research in Strasbourg, Perancis. Dalam studi laboratorium dan hewan yang dilakukannya, senyawa kimia yang terkandung dalam buah apel terbukti dapat membantu cegah kanker kolorektal

Baca Juga: 6 Jenis Buah untuk Diet ini Wajib Dikonsumsi saat Menurunkan Berat Badan

Senyawa kimia tersebut bernama phytochemical, yang mengandung antiradang, antimutagenik, antiproliferatif, serta antikanker yang melindungi tubuh dari terbentuknya sel kanker. Tak hanya kanker kolorektal, mengonsumsi apel secara rutin, setiap hati, dapat mengurangi risiko kanker paru, kulit, usus, saluran pencernaan, hingga payudara. 

Jika ingin lebih jelas, atau jika kamu membutuhkan konsultasi dengan dokter gizi terkait buah apel, kamu bisa berdiskusi langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc, lho. Lewat fitur Talk to a Doctor, kamu bisa obrolkan langsung gejalamu melalui Chat atau Voice/Video Call.

Berbagai Manfaat Lain dari Buah Apel

Apel mengandung antioksidan, vitamin, serat, dan berbagai nutrisi lainnya. Dalam setiap buahnya, ada 26 gram protein, 81 gram karbohidrat, dan 40 gram serat. Buah bercita rasa manis ini juga bebas lemak, sodium, dan kolesterol. Nutrisi lain yang terkandung di dalam apel termasuk kalsium, potassium, niasin, folat, thiamin, vitamin A, C, E dan K.

Baca juga: Apel Merah Vs Apel Hijau, Lebih Sehat Mana?

Itulah sebabnya buah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, dan dianjurkan untuk dikonsumsi rutin setiap hari. Selain mencegah kanker, mengonsumsi apel setiap hari juga dapat mendatangkan berbagai manfaat lain, seperti:

1. Menangkal Radikal Bebas

Senyawa flavonoid dan phytochemical yang banyak terkandung dalam apel merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu tubuh tangkal radikal bebas. Perlu diketahui bahwa masuknya radikal bebas ke dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan oksidatif sel, DNA, dan fungsinya. 

2. Cegah Anemia

Selain senyawa untuk mencegah kanker dan radikal bebas, buah apel juga kaya akan zat besi yang dapat membantu tingkatkan hemoglobin dalam darah, sehingga mencegah anemia. Tak hanya meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh, zat besi juga berfungsi untuk memastikan oksigenasi sistem organ penting dalam tubuh yang baik. 

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah apel memiliki kandungan vitamin C, senyawa antioksidan, serta protein yang berperan besar dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan menghalau infeksi. Antioksidan yang terkandung dalam apel dapat meningkatkan sistem kekebalan yang membangun perlawanan alamiah tubuh. Kandungan ini juga membantu detoksifikasi tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Baca juga: Cocok untuk Menu Diet, Ini 5 Manfaat Apel

4. Menjaga Kesehatan Liver

Tingginya kandungan serat dalam buah apel membuatnya amat baik bagi kesehatan pencernaan, dan juga liver. Serat dalam apel juga berfungsi sebagai agen pembersih dan detoks yang menyingkirkan logam beracun dari dalam tubuh. Mengonsumsi apel setiap hari juga dapat mencegah sakit pencernaan seperti konstipasi, diare, sindrom iritasi usus besar dan gangguan pencernaan lainnya.

5. Mengontrol Diabetes

Pengidap diabetes tentu perlu sangat cermat memilah jenis makanan dan buah-buahan yang aman dikonsumsi, tanpa khawatir memicu kenaikan gula darah. Dari sedikitnya jenis buah yang boleh dikonsumsi pengidap diabetes, apel merupakan salah satu yang aman dikonsumsi. Hal ini karena apel mengandung serat larut yang dapat mengontrol insulin dalam tubuh dengan cara mengirimkan gula ke aliran darah dalam jumlah yang lebih rendah.

Referensi:

WebMD (Diakses pada 2019). An Apple a Day for Cancer Prevention

Huffpost (Diakses pada 2019). Could an Apple a Day Help With Cancer Prevention?

Healthline (Diakses pada 2019). 10 Impressive Health Benefits of Apples