Cuka Apel Dapat Mengatasi Kutil di Kulit, Benarkah?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Cuka Apel Dapat Mengatasi Kutil di Kulit, Benarkah?

Halodoc, Jakarta - Kutil di kulit menjadi masalah yang umum terjadi. Ini ditandai dengan munculnya benjolan pada permukaan kulit akibat dari infeksi virus HPV atau Human Papilloma Virus. Meski tidak berbahaya, tumbuhnya kutil pada kulit cukup mengganggu. Jika kamu mengalaminya, hal pertama yang terlintas di pikiran adalah cara mengatasi masalah kesehatan ini tanpa menghabiskan banyak biaya, alias perawatan rumahan.

Cuka Apel Dapat Mengatasi Kutil, Benarkah?

Cuka digunakan selama ribuan tahun untuk mengobati berbagai penyakit, mulai dari sakit perut hingga keracunan dan bahkan diabetes. Ide cuka apel dapat mengatasi kutil datang dalam landasan berikut ini.

  • Cuka adalah senyawa asam asetat. Senyawa ini dipercaya efektif untuk membunuh beberapa jenis bakteri dan virus ketika terjadi kontak.

  • Cuka perlahan menghancurkan kulit yang mengalami infeksi, menyebabkan kutil jatuh dengan sendirinya. Secara sederhana, cara kerjanya mirip dengan asam salisilat.

  • Iritasi dari asam akan merangsang sistem imunitas tubuh untuk melawan kutil kulit yang mengganggu.

Baca juga: Bayi Terkena Kutil? Lakukan 3 Hal Ini untuk Mengatasinya

Kandungan asam asetat pada cuka adalah antara 4 hingga 8 persen. Namun, selemah apa pun kadarnya, potensi terjadinya luka bakar tetap akan ada. Jadi, meski cuka apel dapat mengatasi kutil, kamu tetap harus berhati-hati dalam menggunakannya. Sebaiknya, jangan langsung mengaplikasikan cuka apel pada kulit, karena bisa saja kulit mengalami iritasi atau sensasi seperti terbakar.

Jika kamu menotolkan cuka apel dengan kapas ke bagian kutil dan merasakan sensasi tersebut, artinya kamu harus segera menghentikan penggunaannya. Supaya lebih aman, kamu bisa mencampurkan cuka apel ini dengan air. Pun, cuka apel tidak disarankan untuk dipakai langsung pada luka terbuka atau pada area tubuh yang sensitif. Perlu kamu catat, kutil kelamin bukan menjadi penyakit yang bisa sembuh dengan cuka apel. Kamu harus memeriksakannya ke dokter.

Baca juga: Hati-hati, Ini 4 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Menjadi Pemicu Kutil Kelamin

Bagaimana Cara Menggunakan Cuka Apel untuk Atasi Kutil di Kulit?

Cara utama yang disarankan untuk mengobati kutil di kulit dengan cuka apel cukup sederhana. Kamu hanya perlu bola kapas, air, cuka apel, dan perban. Berikut langkah-langkahnya:

  • Campurkan cuka apel dengan air dengan perbandingan 2:1.

  • Rendam bola kapas dalam larutan cuka apel.

  • Oleskan bola kapas langsung pada area kutil, bisa dengan bantuan pinset.

  • Tutup area kutil dengan perban dengan kapas yang telah tercelup larutan cuka apel di dalamnya. Biarkan semalaman atau lebih lama jika diperlukan.

  • Lepaskan perban dan buang, ulangi pengobatan ini sampai kutil sepenuhnya terlepas dari kulit.

Baca juga: 7 Pengobatan Alami Kutil yang Dapat Dicoba di Rumah

Cara lain yang bisa dilakukan dengan merendam kaki atau tangan yang terkena kutil. Berikut langkah-langkahnya:

  • Campur cuka apel dengan air di dalam baskom atau ember.

  • Rendam area tubuh yang terkena kutil selama kurang lebih 15 menit setiap harinya.

  • Bilas kulit dengan air setelah selesai direndam.

Sekarang, kamu sudah tahu bahwa cuka apel dapat mengatasi kutil di kulit. Namun, jika pengobatan ini tidak memberikan hasil yang kamu inginkan, kamu bisa bertanya langsung pada dokter pengobatan lain yang mungkin bisa kamu coba lakukan di rumah. Jadi, download aplikasi Halodoc segera di ponsel kamu, karena melalui aplikasi ini, kamu bisa bertanya jawab langsung dengan dokter tanpa perlu berkunjung atau membuat janji. Pakai juga aplikasi Halodoc untuk kamu membeli obat atau vitamin, ya!