03 October 2018

Deadline Mengejar, Ini Cara Menghilangkan Stres untuk Orang Kantoran

cara menghilangkan stres, cara mengobati stres

Halodoc, Jakarta – Stres adalah situasi normal yang terjadi dan menimpa orang kantoran. Namun, bukan karena biasa maka kondisi stres ini dibiarkan begitu saja. Kondisi stres yang tidak dikendalikan dapat mengganggu kesehatan. Mulai dari sistem kekebalan tubuh yang melemah, tekanan darah tinggi, rambut rontok, dan sakit kepala yang pada akhirnya mengganggu produktivitas pekerjaan.

Ada beberapa cara menghilangkan stres yang bisa dilakukan orang kantoran, terutama saat deadline mengejar. Yuk, cari tahu apa saja!

1. Jangan Menunda Pekerjaan

Salah satu penyebab kenapa pekerjaan jadi keteteran sehingga harus lembur adalah menunda pekerjaan. Akibat penundaan pekerjaan, tugas-tugas jadi menumpuk. Makanya, supaya tugas tidak tertunda maka cicil pekerjaanmu dan jangan sampai tanggal deadline-nya baru dikerjakan. Hal ini tentu saja menjadi penyebab stres.

2. Perbaiki Komunikasi dengan Rekan Kerja

Meningkatkan kualitas komunikasi dengan rekan kerja dapat menjadi salah satu upaya untuk memperlancar pekerjaan cepat selesai. Kalau komunikasimu buruk dengan sesama rekan kerja, bisa jadi tugas yang seharusnya selesai seminggu bisa mangkir sampai sebulan.

3. Mengonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan adalah langkah tepat sebagai cara menghilangkan stres. Jangan salah, makanan sehat memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hormon stres. Junk food dapat memicu pertumbuhan hormon stres sehingga membuat seseorang lebih gampang stres.

4. Olahraga

Olahraga memang sarana relaksasi yang paling baik untuk orang kantoran sehingga bisa jadi cara mengobati stres yang ampuh. Olahraga rutin dapat menghasilkan hormon yang dapat memberikan perasaan bahagia setara dengan melakukan hubungan intim. Ada dua pilihan waktu olahraga untuk orang kantoran, yaitu pagi sebelum berangkat kerja dan malam sepulang kerja. Manfaat olahraga juga bisa meningkatkan tidur yang berkualitas. Durasi ideal untuk olahraga adalah 60–90 menit.

5. Tidur Berkualitas

Waktu tidur yang kurang juga dapat mempengaruhi stres, sehingga lebih mudah marah dan memicu tingkat stres. Ada baiknya jangan tidur terlalu malam dan menetapkan waktu tidur malam setidaknya 7–8 jam untuk mendapatkan istirahat yang berkualitas.

6. Menjalankan Hobi

Kalau hidup hanya untuk kerja saja, pantas saja kamu gampang stres. Makanya, carilah hobi untuk mengisi waktu luang dengan aktivitas yang menambah semangat dan juga berguna untuk psikismu. Siapa tahu hobi ini bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat dan menghasilkan untuk dikembangkan.

7. Mengenyahkan Gadget Seminggu Sekali

Terlalu lama terpaku di gadget juga dapat menjadi penyebab stres. Selain melihat hal-hal yang  tidak perlu dan memangkas waktu istirahat, tetap terhubung dengan gadget di weekend justru akan membuatmu melirik pekerjaan. Cobalah untuk setidaknya seminggu sekali tidak terkoneksi dengan gadget dan mengistirahatkan diri dari paparan internet. Paparan layar gadget akan memicu mata cepat lelah dan membuatmu gampang stres. Mengistirahatkan mata dari “teknologi” adalah langkah tepat untuk menghilangkan stres yang biasa terjadi pada orang kantoran.

8. Memaksimalkan Waktu Kantor

Cara menghilangkan stres yang paling ampuh lainnya adalah dengan memaksimalkan waktu ataupun jam kantor dengan baik. Pergunakan waktu kerja memang untuk kerja jangan yang lain sehingga kamu tidak perlu menambah durasi dan berlama-lama di kantor.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai cara menghilangkan stres untuk orang kantoran serta tips seputar kesehatan lainnya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Hubungi Dokter, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: