30 August 2018

Digigit Lintah Saat Naik Gunung, Ini Cara Mengatasinya

digigit lintah,lintah,bahaya lintah

Halodoc, Jakarta - Pengalaman naik gunung mungkin menjadi salah satu momen tak terlupakan dalam hidup. Rasa letih saat menanjak bukit serta melewati beragam jalan yang licin dan berbatu adalah perjuangan yang harus dihadapi sebelum akhirnya sampai di puncak gunung.

Meski menyenangkan, kamu tetap wajib untuk menjaga kesehatan tubuh dan menghindari berbagai bahaya. Nah, salah satu bahaya yang mungkin dapat terjadi saat naik gunung adalah digigit lintah. Lintah biasanya bersemayam di area yang lembap. Namun, tidak menutup kemungkinan juga mereka akan menunggu mangsanya di dedaunan.

Lintah memang tergolong ke dalam cacing khas wilayah tropis yang gemar menghisap darah dengan cara menempel pada mangsanya. Apabila kamu tidak segera mengatasi serangan hewan ini, bisa jadi gigitan lintah menyebabkan komplikasi serius.

Lintah sendiri memiliki dua alat penghisap, salah satunya berada di sekitar mulut mereka yang terdiri dari tiga rahang. Ludah lintah pun mengandung zat antikoagulan yang menyebabkan darah mangsanya tidak akan berhenti saat dihisap. Faktanya lagi, lintah air mampu menghisap darah mangsanya hingga sepuluh kali berat badannya dan ia simpan sebagai cadangan makan mereka hingga waktu yang lama.

Apabila kamu secara tidak sengaja digigit lintah, langkah yang harus kamu lakukan pertama kali adalah menenangkan diri dan tidak panik. Selain itu, hindari juga tindakan mencabut langsung lintah karena darah dapat keluar kemana-mana. Nah, berikut ini adalah cara ampuh untuk mengatasi gigitan lintah:

  1. Air Garam

Apabila digigit lintah, cara mudah pertama yang dapat dilakukan adalah menyiramkan air garam ke lintah tersebut, tepatnya ke bagian mulutnya. Mereka akan peka terhadap rasa air garam dan kemudian melepaskan gigitannya segera. Selain itu, untuk mencegah digigit lintah, kamu dapat mencampurkan garam dan air dan mengoleskannya pada semua kulit yang terbuka.

  1. Minyak  Kayu Putih

Saat pergi ke alam bebas, biasanya kamu atau temanmu akan membawa minyak kayu putih. Nah, jika kamu atau teman terkena gigitan lintah, kamu dapat menyiramkan minyak kayu putih ke badan dan mulut lintah. Tak berapa lama kemudian pun, mereka akan melepaskan gigitan dengan sendirinya.

  1. Api Puntung Rokok

Semua jenis makhluk hidup pasti tidak tahan akan panasnya api, tidak terkecuali lintah. Kamu dapat menempelkan api puntung rokok ke tubuh lintah, ia pun akan kaget dan segera melepaskan gigitannya.

  1. Air Jeruk

Apabila kamu memiliki jeruk dalam ransel gunung, gunakanlah air perasannya untuk disiram pada mulut lintah. Akan tetapi, usahakan jeruk yang kamu gunakan rasanya asam. Rasa asam dari jeruk akan membuat sensasi yang tidak biasa pada mulut lintah, sehingga lintah pun akan melepaskan gigitannya.

Selain menggunakan cara di atas untuk mengatasi gigitan lintah, ada baiknya kamu melakukan pencegahan sebelum naik gunung. Berikuti ini caranya:

  • Gunakan celana panjang, kaus kaki dan sepatu tertutup. Setelah itu, selipkan celana ke dalam sepatu.
  • Lintah biasanya sangat suka area yang hangat seperti perut. Usahakan untuk memasukan kemeja atau atasan yang kamu gunakan ke dalam celana dan pakai agar tidak ada ruang bagi lintah untuk menjangkau area tubuh.
  • Sebelum masuk ke alam, gunakan losion anti-nyamuk atau bedak anti-gatal. Pastikan juga untuk selalu menggunakannya secara rutin.

Dengan begini, aktivitas naik gunung pun menjadi lebih aman dan menyenangkan. Namun pastikan juga sebelum naik gunung, tubuh berada dalam kondisi yang prima agar tidak kelelahan saat naik gunung. Kamu juga bisa tanya dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mengetahui latihan fisik apa saja yang diperlukan sebelum mendaki gunung. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: