27 January 2019

Ini Hal-Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat CT Scan

Ini Hal-Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat CT Scan

Halodoc, Jakarta – Computed tomography scanner (CT scan) dilakukan supaya dokter bisa melihat bagian dalam tubuh seseorang. Cara kerja CT scan adalah menggunakan kombinasi sinar-X dan komputer untuk membuat gambar organ, tulang, dan jaringan lainnya. Ini menunjukkan lebih detail daripada sinar-X biasa.

Seseorang bisa mendapatkan CT scan di bagian manapun dari tubuh dan prosedurnya tidak memakan waktu lama serta tidak menyakitkan. Pemeriksaan CT scan menggunakan sinar-X sempit yang melingkari satu bagian tubuh baru,kemudian memberikan serangkaian gambar dari berbagai sudut. Komputer menggunakan informasi ini untuk membuat gambar cross-sectional, di mana pemindaian dua dimensi (2D) ini menunjukkan irisan bagian dalam tubuh.

Proses ini diulang untuk menghasilkan sejumlah irisan. Komputer menumpuk pindaian ini satu di atas yang lain untuk membuat gambar detail organ, tulang, ataupun pembuluh darah. Sebagai contoh, seorang ahli bedah dapat menggunakan pemindaian jenis ini untuk melihat semua sisi tumor saat mempersiapkan operasi.

Baca juga: Cara Mendeteksi Emboli Paru

CT scan dapat dilakukan di rumah sakit atau klinik radiologi. Dokter akan menginformasikan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan sebelum dan saat CT scan. Kamu tidak boleh makan atau minum selama beberapa jam sebelum prosedur. Ketika pemeriksaan berlangsung, kamu mungkin juga perlu mengenakan gaun rumah sakit dan melepaskan benda logam, seperti perhiasan.

Teknolog radiologi akan melakukan CT scan. Selama pengujian, kamu akan berbaring di meja di dalam mesin CT besar berbentuk donat. Saat meja bergerak perlahan melalui pemindai, sinar-X berputar di sekitar tubuh. Sangat normal untuk mendengar bunyi desing atau dengung.

Gerakan dapat mengaburkan gambar, sehingga dibutuhkan ketenangan dan berdiam diri saat terjadi pemindaian. Bahkan untuk beberapa pemindaian, kamu akan diminta untuk menahan napas sesekali.

Berapa lama pemindaian akan tergantung pada bagian tubuh yang sedang dipindai. Ini bisa memakan waktu mulai dari beberapa menit hingga setengah jam. Dalam kebanyakan kasus, seseorang yang melakukan pemeriksaan CT scan tidak perlu sampai menginap di rumah sakit, dalam arti bisa pulang pada hari yang sama.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Gunanya Tes Fungsi Ginjal

Dalam CT scan, zat padat seperti tulang mudah dilihat. Namun,jaringan lunak tidak muncul juga. Untuk membuatnya terlihat jelas, kamu mungkin membutuhkan pewarna khusus yang disebut bahan kontras, sehingga bisa menyoroti pembuluh darah, organ, ataupun struktur lainnya lebih jelas.

Bahan kontras biasanya terbuat dari yodium atau barium sulfat. Besar kemungkinan kamu akan menerima obat ini dengan tiga cara:

  1. Suntikan

Obat-obatan disuntikkan langsung ke pembuluh darah. Ini dilakukan untuk membantu pembuluh darah, saluran kemih, hati, atau kantung empedu terlihat pada gambar.

  1. Secara Oral

Minum cairan dengan bahan kontras dapat meningkatkan pemindaian saluran pencernaan kamu, termasuk jalur makanan melalui tubuh.

Baca juga: 5 Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Gagal Ginjal

  1. Enema

Jika usus kamu dipindai, bahan kontras dapat dimasukkan ke dalam rektum.

Setelah CT Scan, kamu perlu minum banyak cairan untuk membantu ginjal menghilangkan bahan kontras dari tubuh.

Beberapa penjelasan kenapa CT Scan diperlukan:

  • Untuk mendeteksi masalah tulang dan persendian, seperti patah tulang dan tumor yang kompleks.

  • Jika kamu memiliki kondisi, seperti kanker, penyakit jantung, emfisema, ataupun massa hati, CT scan dapat menemukannya atau membantu dokter melihat perubahan.

  • Terjadi cedera internal dan pendarahan, misalnya yang disebabkan oleh kecelakaan mobil.

  • Membantu mendeteksi tumor, bekuan darah, kelebihan cairan, ataupun infeksi.

  • Sebagai panduan dokter untuk pasien dengan perawatan biopsi, operasi, dan terapi radiasi.

  • Dokter dapat membandingkan CT scan untuk mencari tahu apakah perawatan tertentu berhasil. Misalnya, pemindaian tumor dari waktu ke waktu dapat menunjukkan apakah ia merespons kemoterapi atau radiasi.

Baca juga: Tanpa Cuci Darah, Apakah Gagal Ginjal Kronis Bisa Diobati?

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai CT scan serta informasi kesehatan lainnya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.