02 October 2018

Enggak Cukup Sikat Gigi, Ini 4 Cara Mengatasi Bau Napas Tak Sedap

Enggak Cukup Sikat Gigi, Ini 4 Cara Mengatasi Bau Napas Tak Sedap

Halodoc, Jakarta - Semua orang pasti pernah mengalami bau napas tak sedap. Hal tersebut dapat menyebabkan seseorang minder saat hal tersebut terjadi. Kurangnya menjaga kebersihan mulut dapat mengakibatkan bau napas tak sedap. Akar permasalahan bau napas tak sedap adalah higienitas mulut yang buruk, apalagi setelah makan.

Makanan yang dimakan tentu akan memengaruhi bau napas. Jika seseorang memakan sesuatu dengan bau yang kuat, seperti bawang putih atau bawang merah, biasanya baunya akan tercium ketika bernapas. Hal tersebut karena minyak dan bau menyengat di dalam bawang akan masuk ke aliran darah dan menyebabkan bau napas.

Ada beberapa cara yang dapat digunakan agar kita dapat mengidentifikasi apakah mulut mengeluarkan bau tak sedap atau tidak. Cara pertama yaitu dengan menghembuskan napas melalui mulut ke tangan sehingga kamu dapat mencium napas kamu. Cara yang kedua, yaitu dengan jilat telapak tangan sendiri, lalu setelah air liur tersebut mengering, ciumlah apakah bekas liur tersebut bau atau tidak. Jika berbau menyengat berarti kamu mempunyai masalah dengan bau napas.

Sebenarnya banyak cara untuk menghilangkan bau napas. Cara paling mudah yaitu dengan rutin menggosok gigi, sehingga tidak ada sisa makanan yang tertinggal dan menjadi penyebab bau napas. Lalu cara lain untuk mengatasi bau tak sedap adalah:

1. Makan Buah

Makan buah dapat mengatasi bau napas tak sedap. Buah memiliki peran aktif dalam menghambat aktivitas bakteri penyebab bau mulut. Selain itu, buah-buahan juga baik untuk melancarkan metabolisme. Seperti pada buah apel, kandungan polifenol di dalamnya dapat ampuh untuk membasmi bakteri sekaligus membantu menghilangkan senyawa atau gas yang berbau.

Selain itu, buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, jambu, stroberi, dan anggur dapat menghasilkan asam pada mulut, sehingga dapat mencegah bakteri yang berkembang biak. Jadi, semua buah yang memiliki banyak kandungan vitamin adalah salah satu cara mengatasi bau napas tak sedap. Pun, saat mengunyah buah-buahan, maka mulut akan menghasilkan lebih banyak air liur dan secara perlahan mengatasi bau napas tak sedap.

2. Makan Permen Karet Rasa Mint

Makan permen karet rasa mint dapat mengatasi bau napas tak sedap ketika kamu tidak membawa sikat gigi. Pilihlah permen karet dengan rasa mint dan hindari permen karet dengan rasa manis. Hal itu karena bakteri di dalam mulut dapat memakan kandungan gula yang berada di dalam permen karet rasa manis, sehingga menghasilkan asam dari mulut. Kondisi asam di mulut dapat merusak enamel gigi dan juga menyebabkan bau napas tak sedap.

3. Gunakan Obat Kumur

Salah satu cara mengatasi bau napas tak sedap adalah dengan menggunakan obat kumur. Menggunakan obat kumur atau mouthwash dapat menjadi solusi selain menyikat gigi. Selain untuk menyegarkan bau napas yang tak sedap, obat kumur juga dapat memberi perlindungan ekstra untuk menyingkirkan bakteri. Pastikan kamu menggunakan obat kumur yang mengandung zat aktif untuk membasmi bakteri penyebab bau napas tak sedap.

4. Pembersih Lidah

Pembersih lidah dapat menjadi alternatif untuk mengatasi bau napas tak sedap. Lidah adalah tempat banyak bakteri bersembunyi dan menjadi sarang penyebab bau mulut. Maka dari itu, penggunaan pembersih lidah untuk mengatasi bau napas tak sedap adalah hal yang tepat. Gunakanlah pembersih lidah dengan cara menggosok dari bagian pangkal lidah hingga ke arah depan. Lalu, akhiri dengan berkumur selama beberapa kali agar bakteri yang tersisa ikut keluar.

Itulah 4 cara mengatasi bau napas tak sedap. Jika kamu membutuhkan saran perihal kesehatan gusi dan gigi, Halodoc menyediakan layanan diskusi dengan dokter-dokter profesional. Caranya hanya dengan download aplikasi Halodoc dari Apps Store atau Play Store.

Baca juga: