02 October 2018

7 Penyebab Bau Tak Sedap pada Mulut

7 Penyebab Bau Tak Sedap pada Mulut

Halodoc, Jakarta - Bau mulut dapat menyebabkan kepercayaan diri seseorang menurun drastis. Kebanyakan orang cenderung menyimpulkan bahwa penyebab mulut bau tak sedap dikarenakan oleh bawang dan kopi. Walau begitu, terkadang penyebabnya bukan dikarenakan oleh makanan.

Bau mulut tak sedap atau biasa disebut halitosis, dapat disebabkan oleh berbagai hal. Dikatakan sebesar 80 persen bau mulut dikarenakan oleh adanya masalah pada kesehatan mulut dan gigi. Karena hal tersebut, menjaga kesehatan mulut dan gigi sangat penting untuk dilakukan.

Lalu apa sajakah penyebab bau mulut tak sedap? Berikut adalah penyebab-penyebabnya:

1. Merokok

Salah satu penyebab bau mulut tak sedap yaitu merokok. Seorang perokok mempunyai aroma tembakau yang kuat, sehingga sulit untuk dibersihkan. Dengan merokok juga, kamu dapat meningkatkan risiko penyakit gusi atau kanker mulut. Ketika hal tersebut terjadi dan kamu tetap merokok, bau mulut yang keluar dari mulut semakin tidak nyaman.

2. Mulut Kering

Mulut kering dapat menjadi penyebab bau mulut tak sedap. Hal tersebut terjadi karena kurangnya produksi saliva di mulut. Saliva atau air liur berfungsi untuk membersihkan mulut secara alami.

Bakteri dan kuman menjadikan mulut kering sebagai tempat yang nyaman untuk tinggal. Hal tersebutlah yang menyebabkan bau tidak sedap. Mulut kering bisa disebabkan oleh dehidrasi. Maka dari itu, biasanya mulut berbau tidak sedap ketika bangun tidur di pagi hari.

3. Makanan dan Minuman

Makanan juga dapat menjadi penyebab bau mulut tak sedap. Makanan merupakan salah satu sumber dari bau busuk yang datang dari mulut. Beberapa makanan dengan bau yang pekat, seperti bawang putih, bawang merah, makanan pedas, rempah-rempah eksotis, beberapa keju, ikan, dan minuman asam seperti kopi. Makanan dan minuman tersebut dapat meninggalkan bau yang tidak sedap dan dapat bertahan lama di mulut.

4. Tidak Memelihara Kesehatan Gigi

Penyebab bau mulut tak sedap juga disebabkan karena tidak memelihara kesehatan gigi. Ketika seseorang tidak menyikat gigi dengan teratur, sisa makanan yang tersisa di dalam mulut dapat membusuk dan menyebabkan bau tidak sedap. Perawatan gigi yang buruk dapat menyebabkan penumpukan plak di mulut sehingga membuat gigi menjadi rusak.

5. Masalah Kesehatan

Penyebab bau mulut tak sedap dapat disebabkan oleh masalah kesehatan. Penyakit-penyakit seperti infeksi sinus, pneumonia, radang tenggorokan atau infeksi tenggorokan, sariawan, bronchitis, refluks asam, diabetes, intoleransi laktosa, dan beberapa penyakit hati atau ginjal dapat menyebabkan bau tak sedap pada mulut.

6. Obat

Obat juga menyebabkan bau mulut tak sedap. Obat-obat seperti antihistamin dan diuretik dapat menyebabkan mulut kering yang dapat menyebabkan bau mulut. Selain itu, obat lain yang dapat menyebabkan bau mulut adalah suntikan insulin, triamterene (dyrenium), dan Paraldehid.

7. Masalah pada Perut

Masalah pada perut dapat menjadi penyebab bau mulut tak sedap. Hal-hal seperti pencernaan yang buruk, sembelit, atau masalah pada usus juga sering dapat menyebabkan aroma dari makanan yang baru kamu santap kembali ke mulut kamu.

Masalah pencernaan lainnya berasal dari ketidakseimbangan antara bakteri baik dan jahat di dalam perut. Makanan yang tidak dicerna dengan baik dapat menghasilkan acid reflux dan yeast overgrowth (fermentasi), sehingga membuat bau napas tidak sedap.

Itulah 7 penyebab bau tak sedap pada mulut. Jika kamu masih mengalami bau tak sedap pada mulut ketika telah mengetahui penyebabnya, Halodoc menyediakan layanan diskusi dengan dokter. Diskusi bisa dilakukan dengan mudah melalui Chat atau Voice/Video Call. Ayo, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: