16 November 2018

Gangguan Tiroid, Benarkah Dapat Menyebabkan Suara Serak?

Gangguan Tiroid, Benarkah Dapat Menyebabkan Suara Serak?

Halodoc, Jakarta - Pernahkah kamu mengalami suara parau atau serak? Ini terjadi ketika kamu terserang batuk, pilek, atau flu. Suara serak ini bisa beragam, bisa mengecil atau lemah, juga bisa menjadi lebih berat. Jika terjadi, berarti ada masalah pada pita suara kamu. Lalu, benarkah tiroid menyebabkan suara serak?

Disfonia, nama lain suara serak, bisa terjadi karena berbagai hal. Mayoritas gangguan kesehatan ini terjadi karena inflamasi pada laring atau laringitis. Kondisi ini bukan termasuk penyakit serius, tapi dapat menimbulkan komplikasi yang lebih serius jika terjadi lebih dari 10 hari.

Munculnya suara terjadi karena pita suara bergetar yang terdiri dari dua cabang jaringan otot dengan bentuk menyerupai huruf V. Pita suara ini berada pada bagian laring yang merupakan saluran udara yang berada di antara lidah bagian dasar dan bagian trakea. Getaran ini menghasilkan gelombang suara yang melewati bagian tenggorokan, mulut, hingga hidung yang berperan sebagai rongga resonansi dan mengubah gelombang tadi hingga menjadi bunyi.

Perbedaan intonasi atau nada suara bergantung pada tekanan yang diberikan terhadap pita suara. Suara bernada tinggi terjadi apabila pita suara mengalami tegangan atau getaran yang lebih tinggi. Jika suara yang muncul bernada lemah atau berat, artinya tegangan atau getaran pada pita suara lebih tenang atau kecil.

Perlu dilakukan pemeriksaan intensif yang lengkap agar mengetahui penyebabnya, walau sebenarnya sebagian besar kasus suara serak lebih sering disebabkan oleh hal-hal yang sifatnya ringan. Pada dasarnya, sistem suara diatur oleh bagian laring yang memiliki pita suara dan otot di sekelilingnya. Pusat kontrol berada di otak yang kemudian disambungkan oleh bagian saraf. Jadi, apabila suara serak yang kamu alami tidak kunjung sembuh hingga empat minggu, maka segera periksakan diri ke dokter spesialis THT.

Gangguan Tiroid Menyebabkan Suara Serak?

Suara serak pada disebabkan oleh beberapa faktor, seperti massa dari pita suara, terjadi peradangan pada laring, lumpuhnya pita suara, faktor psikologis, terjadinya trauma pada pita suara, terjadinya reinke’s edema pada bagian laring, dan kekurangan hormon tiroid.

Jadi, bisa disimpulkan tiroid menyebabkan suara serak. Namun, diperlukan pemeriksaan lanjutan untuk mendapatkan diagnosis yang tepat, sehingga penanganan yang kamu terima pun benar. Operasi yang berkaitan dengan tiroid bisa menjadi penyebab suara serak. Namun, ada juga penyebab lainnya, seperti pembengkakan dan peradangan pada bagian pita suara karena intubasi atau ekstubasi selang nafas ketika proses operasi.

Gangguan kesehatan ini semakin memburuk apabila kamu membiasakan gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, mengonsumsi kafein, atau alkohol terlalu berlebihan, bernyanyi, atau berteriak terlalu kencang dan berlebihan dalam waktu yang lama, terpapar zat beracun, hingga memasuki masa pubertas khusus pada laki-laki.

Sekarang, kamu tahu bahwa tiroid menyebabkan suara serak. Jadi, apabila kamu mengalami kondisi ini selama lebih dari satu bulan, jangan diamkan. Segera periksakan kondisi kesehatan ke dokter. Kamu bisa bertanya-tanya seputar masalah kesehatan langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Baca juga: