• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hal yang Terjadi pada Tubuh saat Alami Hipotiroidisme

Hal yang Terjadi pada Tubuh saat Alami Hipotiroidisme

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu mendengar mengenai hipotiroidisme? Hipotiroidisme merupakan salah satu kelainan yang disebabkan akibat kekurangan hormon tiroid dalam tubuh. Pengidap lebih sering mengalami kelelahan dan sulit berkonsentrasi. Kondisi ini rentan dialami oleh wanita yang telah memasuki usia lanjut. 

Baca juga: Hati-Hati, Gejala Hipotiroidisme Ini Sering Diabaikan

Penyakit hipotiroidisme menjadi salah satu penyakit yang jarang menunjukkan gejala awal namun penyakit ini dapat berkembang dan membahayakan kesehatan. Ketahui kondisi yang terjadi pada tubuh dan menjadi gejala awal dari hipotiroidisme. Dengan begitu, kondisi ini dapat diatasi dengan lebih cepat.

Ini yang Terjadi pada Tubuh Ketika Alami Hipotiroidisme

Tiroid merupakan salah satu kelenjar dalam tubuh yang memiliki bentuk menyerupai kupu-kupu dan berada di depan leher. Tentunya kelenjar tiroid mengeluarkan hormon tiroid yang membantu untuk mengatur metabolisme dalam tubuh. Tidak hanya mengatur metabolisme tubuh, kelenjar tiroid juga memengaruhi fungsi kerja dari organ tubuh.

Meskipun rentan dialami oleh wanita yang memasuki usia lanjut, wanita muda dan pria rentan mengalami kondisi ini jika kamu tidak menghindari beberapa faktor pemicu. Ada beberapa faktor pemicu yang meningkatkan risiko hipotiroidisme, seperti penyakit autoimun, penggunaan jenis obat tertentu, pola makan rendah yodium, kelainan bawaan lahir, dan memiliki riwayat keluarga yang pernah mengalami kondisi yang serupa.

Umumnya, hipotiroidisme tidak menunjukkan gejala awal. Namun, seiring berkembangnya penyakit ini, ada beberapa perubahan yang terjadi pada tubuh menjadi tanda dari adanya penyakit hipotiroidisme, yaitu:

1. Kenaikan Berat Badan

Ketika kamu mengalami kenaikan berat badan secara tiba-tiba, sebaiknya perhatikan kondisi ini. Pengidap hipotiroidisme bisa mengalami berat badan sebagai gejala dari penyakit ini. Melansir Medical News Today, hal ini disebabkan karena hormon tiroid berperan dalam mengatur berat badan seseorang. Hal ini yang membuat orang dengan hormon tiroid yang rendah mudah mengalami kenaikan berat badan. 

Baca juga: Adakah Pencegahan Hipotiroid yang Dapat Dilakukan

2. Selalu Merasa Dingin

Melansir American Thyroid Association, pengidap hipotiroidisme akan selalu merasa dingin dibandingkan orang lainnya. Hal ini disebabkan karena kadar hormon tiroid yang rendah dalam tubuh. Jika kamu lebih merasakan kondisi dingin dibandingkan biasanya, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat untuk memastikan penyebab keluhan yang dialami.

3. Merasa Kelelahan

Pengidap hipotiroidisme rentan mengalami kelelahan meskipun telah menjalani waktu istirahat yang cukup banyak. Melansir Healthline, hormon tiroid berfungsi untuk mengatur energi. Tingkat hormon tiroid yang rendah membuat pengidap hipotiroidisme lebih cepat merasa kelelahan untuk melakukan aktivitas seperti biasanya.

4. Perubahan Menstruasi

Wanita dengan hipotiroidisme umumnya rentan mengalami perubahan pada menstruasi. Melansir Very Well Health, perubahan menstruasi yang terjadi pada pengidap hipotiroidisme dapat berupa perdarahan yang lebih banyak dari biasanya atau lebih sedikit dari biasanya. Jangan ragu untuk bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc agar perubahan menstruasi yang dialami dapat diketahui penyebabnya.

Baca juga: Hati-Hati, Dampak Hipertiroid Bisa Sebabkan 5 Kondisi Serius Ini

Itulah beberapa hal yang terjadi pada tubuh ketika kamu mengalami hipotiroidisme. Pengobatan dapat dilakukan untuk menurunkan gejala yang dialami selama mengidap penyakit hipotiroidisme.

Namun jangan khawatir, kamu bisa melakukan beberapa pencegahan untuk penyakit hipotiroidisme dengan melakukan pola makan sehat dan seimbang serta jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang mengandung yodium tinggi.

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2020. How Thyroid Function Affects Menstruation
Healthline. Diakses pada 2020. 10 Signs and Symptoms of Hypothyroidism
American Thyroid Association. Diakses pada 2020. Hypothyroidism
Medical News Today. Diakses pada 2020. 12 Signs and Symptoms of Hypothyroidism