13 March 2019

Harus Tahu, Ini Alasan Ketombe Bisa Bikin Rambut Rontok

Harus Tahu, Ini Alasan Ketombe Bisa Bikin Rambut Rontok

Halodoc, Jakarta - Ketombe adalah masalah rambut yang paling sering terjadi dan bisa dialami oleh siapa saja. Hampir semua orang pernah mengalami masalah ini, dan untungnya berkat pengobatan yang tepat baik itu secara alami maupun penggunaan produk sampo tertentu dan kedisiplinan pastinya, ketombe mudah hilang.

Namun, mereka yang memiliki masalah ketombe biasanya mengalami kerontokan rambut. Lantas, bagaimana bisa ketombe menjadi penyebab rambut rontok? Simak ulasannya berikut!

Ketombe ditandai dengan munculnya rasa gatal dan munculnya serpihan atau bintik berwarna putih di kulit kepala. Pemakaian sampo yang berlebihan atau kurang bisa menyebabkan ketombe karena kulit kepala jadi memproduksi minyak.

Akibat tingginya kadar minyak di kulit kepala, menyebabkan munculnya peradangan kulit yang dipicu oleh jamur Malassezia spp. Jamur ini bersifat lipofilik, sehingga lingkungan mikro dengan kadar minyak tinggi menyuburkan pertumbuhannya.

Baca Juga: 5 Penyebab Munculnya Ketombe

Ketombe yang tak tertangani dengan baik dapat menyebabkan rambut rontok. Maka dari itu, jika kamu mau mengatasi rambut rontok, sebaiknya atasi dulu permasalahan ketombenya. Sementara itu, menurut salah satu penyebab kenapa ketombe sering dikaitkan dengan kerontokan rambut karena ketombe menyebabkan iritasi dan rasa gatal di kulit kepala.

Orang yang berketombe otomatis lebih sering menggaruk kulit kepala mereka untuk mengatasi rasa gatal tersebut. Menggaruk kulit kepala yang dilakukan dengan sering ini bisa menyebabkan akar rambut jadi tidak lemah sehingga menjadi penyebab rambut rontok.

Ketombe bisa menjadi penyebab rambut rontok karena saat rambut dipenuhi bintik putih itu, maka menyebabkan folikel rambut jadi tertutup. Saat folikel rambut dipenuhi ketombe, rambut baru tidak bisa tumbuh, hal inilah yang menyebabkan kerontokan.

Baca Juga: Sering Gonta-Ganti Sampo Menjadi Risiko Muncul Ketombe?

Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok

Masalah ketombe berdampak pada kesehatan dan penampilan rambut. Namun, tidak perlu khawatir karena beberapa tips berikut ini membantu mengatasi masalah rambut tersebut:

  • Menggunakan sampo antiketombe. Beberapa jenis sampo telah diformulasikan untuk melawan ketombe. Kamu dapat memilih sampo antiketombe yang mengandung asam salisilat, ketoconazole, pyrithione zinc, atau selenium sulfide karena bahan-bahan ini membantu membasmi kuman yang menjadi penyebab ketombe. Namun, kamu wajib menghentikan penggunaan sampo khusus ini bila kondisi kulit kepala sudah mulai membaik.

  • Menjaga kelembapan kulit kepala. Kelembapan kulit kepala berpengaruh besar terhadap masalah ketombe. Sebisa mungkin, jaga kelembapan kulit kepala dengan rutin menggunakan kondisioner atau memijatnya menggunakan bahan alami.

  • Hindari produk yang mengiritasi dan merusak rambut. Beberapa orang memiliki kulit kepala yang sensitif sehingga tidak disarankan menggunakan cat rambut atau produk perawatan rambut tertentu. Produk-produk ini mengandung banyak bahan kimia, alkohol, pengawet, dan parfum yang membuat kulit kepala menjadi kering. Jika terus dibiarkan, penggunaannya memicu dermatitis pada kulit kepala dan menimbulkan ketombe parah.

Baca Juga: 8 Makanan Sehat untuk Hindari Kebotakan

Segera atasi ketombe yang menjadi penyebab rambut rontok, karena bisa jadi hal ini akan berujung pada kebotakan. Nah, kalau kamu punya keluhan pada rambut, jangan ragu bicara pada dokter  Halodoc. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download  aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!