10 October 2018

Imun Lemah Gampang Sakit? Ini 5 Penyebabnya

Imun Lemah Gampang Sakit? Ini 5 Penyebabnya

Halodoc, Jakarta - Bakteri, virus, dan kuman adalah beberapa jenis mikroorganisme yang menyebabkan munculnya penyakit pada tubuh manusia. Nah, untuk menangkal itu semua, tubuh memiliki sistem imun untuk melawan serangan mereka. Tidak hanya itu, sistem imun juga mampu menangkal beberapa jenis penyakit lain yang lebih serius seperti hepatitis atau infeksi organ tubuh. Sayangnya, tidak selamanya sistem imun dapat menangkal itu semua. Ada kalanya imun lemah sehingga kamu akan mudah terserang penyakit dan membuat tubuhmu terasa tidak fit.

Agar terhindar dari serangan penyakit, baik itu penyakit ringan atau bahkan yang berat sekalipun, kamu wajib mengetahui penyebab sistem imun tubuh lemah. Penyebab penyakit imun lemah, antara lain:

1. Kurang Olahraga

Salah satu penyebab imun lemah adalah kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga. Menurut sebuah penelitian juga disebutkan bahwa olahraga teratur dapat membantu fungsi neutrofil, yaitu jenis sel darah putih yang membunuh mikroorganisme penyebab penyakit yang dapat membahayakan kesehatan.

2. Kurang Mengonsumsi Makanan Bergizi

Inilah hal yang menjadikan konsumsi makanan bergizi seimbang adalah hal yang wajib dilakukan setiap hari. Sebab jika salah satu nutrisi tidak terpenuhi, maka sistem kekebalan tubuh akan melemah. Makanan yang dapat membuat sistem imun tetap  terjaga antara lain buah-buahan, sayur-sayuran, dan sumber gandum utuh yang membantu mendukung sistem kekebalan dengan menyediakan vitamin, mineral, fitokimia, dan yang paling penting yaitu antioksidan.

Selain itu, kamu juga wajib menghindari beberapa jenis makanan seperti yang mengandung lemak atau berminyak karena lemak jenuh yang terdapat di dalamnya dapat membuat sistem imun menjadi lemah. Apabila kamu adalah orang yang mempunyai jadwal yang cukup padat, kamu juga dapat menyiasatinya dengan cara mengonsumsi suplemen makanan yang mengandung vitamin dan mineral.

3. Stres

Pekerjaan kantor yang menumpuk, pekerjaan rumah yang terbengkalai adalah beberapa hal yang menyebabkan seseorang mengalami stres. Gejala stres antara lain sakit kepala, rasa sakit di dada, rasa gelisah, dan perasaan tegang. Semua gejala tersebut apabila terjadi bersamaan akan menyebabkan sistem kekebalan tubuh harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan tubuh dari ancaman kesehatan. Akibatnya sistem imun lemah dan kamu jadi mudah terserang penyakit.

4. Dehidrasi

Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari komponen air, oleh sebab itu setiap jaringan dan organ di dalam tubuh akan bergantung padanya. Air akan membantu membawa nutrisi dan mineral ke sel, dan menjaga mulut, hidung, dan tenggorokan tetap lembab, juga untuk menghindari penyakit. Tubuh akan mengalami kehilangan cairan melalui berkemih, buang air besar, bernapas, dan berkeringat. Oleh sebab itu pastikan agar konsumsi air cukup sehingga dapat menghindari imun lemah.

5. Kurang Tidur

Kurang tidur adalah salah satu hal yang dapat mengganggu kesehatan. Sebab, sebetulnya saat tubuh sedang tidur, sel-sel dalam darah akan bekerja melawan penyakit. Oleh karena itu, pastikan waktu tidur kamu cukup sehingga sel dalam tubuh akan mampu bekerja efektif melawan penyakit.

Pastikan agar kamu selalu menjaga kesehatan dengan cara mencegah imun lemah. Kalau kamu punya pertanyaan mengenai cara yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh, kamu bisa lho bicara ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk bertanya kapan saja dan dimana saja. Tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: