Ini 4 Tanda Kaki Terkena Mata Ikan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ini 4 Tanda Kaki Terkena Mata Ikan

Halodoc, Jakarta – Sepatu adalah alas kaki yang kita gunakan sehari-hari agar membuat kaki aman. Sebaiknya, hindari penggunaan sepatu yang tidak nyaman karena bisa menyebabkan kamu mengalami kondisi mata ikan. Mata ikan adalah gangguan kulit yang dapat terjadi dan umumnya menyerang bagian telapak kaki. Kondisi mata ikan memiliki bentuk bulat, kecil, dan umumnya terasa keras.

Baca juga: Mata Ikan, Enggak Terlihat tapi Ganggu Kaki Melangkah 

Mata ikan, dikenal dengan calvus dapat terjadi akibat adanya tekanan dan gesekan pada bagian kulit secara terus menerus. Umumnya, bagian tubuh yang sering mengalami kondisi mata ikan adalah kaki. Kondisi ini dapat dialami wanita maupun pria, khususnya seseorang yang sering menggunakan sepatu tertutup dengan ukuran yang tidak nyaman.

Tanda Kondisi Mata Ikan

Selain penebalan dan pengerasan pada bagian kulit pada kaki, ada tanda lainnya yang menjadi gejala dari kondisi mata ikan. Ketahui tanda yang menjadi kondisi mata ikan agar dapat diatasi dengan cepat, yaitu:

  1. Biasanya kondisi mata ikan muncul seperti benjolan kecil dan kasar. Kondisi mata ikan ini muncul pada bagian tumit, pangkal jari kaki atau kaki bagian depan.

  2. Kulit yang keras dan menebal biasanya terjadi ketika benjolan sudah masuk ke dalam karena mata ikan tumbuh ke dalam. Tekanan dan gesekan menyebabkan mata ikan tumbuh ke dalam.

  3. Terkadang muncul bintik-bintik hitam di sekitar penebalan kulit yang terjadi. Kondisi ini terjadi akibat adanya gumpalan darah yang membeku.

  4. Terkadang pengidap mata ikan akan mengalami kondisi nyeri pada bagian benjolan atau kulit yang menebal ketika berjalan. Kondisi ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Tidak ada salahnya untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan kamu pada dokter melalui aplikasi Halodoc, dengan memilih Tanya Dokter. Kamu juga bisa melakukan pemeriksaan di rumah sakit terdekat untuk memastikan kondisi kesehatan kamu.

Ketahui Penyebab dan Faktor Risiko Mata Ikan

Ada dua penyebab kondisi mata ikan, yang pertama adalah paparan virus dan yang kedua adanya tekanan dan gesekan yang berulang. Human papillomavirus adalah virus yang menjadi penyebab mata ikan. Mata ikan yang disebabkan virus dikenal juga plantar warts.

Baca juga: Hati-Hati Pilih Alas Kaki agar tak Kena Mata Ikan

Virus ini dapat menyerang seseorang melalui luka yang terbuka pada tubuh. Tidak hanya itu, nyatanya virus ini dapat tinggal dan berkembang pada tempat yang memiliki suhu lembap serta penggunaan alas kaki yang bergantian dengan orang yang terpapar virus ini.

Virus yang masuk dalam kulit dapat berkembang dan merangsang pertumbuhan sel pada permukaan kulit. Inilah penyebab mata ikan muncul pada permukaan kulit seseorang. Mata ikan yang disebabkan oleh virus umumnya rentan menyerang anak-anak yang memiliki daya tahan tubuh belum optimal dan orang yang senang berjalan tanpa alas kaki.

Ketahui penyebab mata ikan yang disebabkan gesekan atau tekanan, yaitu:

1. Penggunaan Sepatu yang Tidak Nyaman

Sepatu yang terlalu sempit menyebabkan tekanan pada kaki dalam waktu yang cukup lama. Sedangkan sepatu yang kebesaran menyebabkan gesekan yang berulang pada kaki.

2. Kebiasaan Bermain Musik dengan Tangan

Tidak hanya kaki, mata ikan juga dapat dialami pada bagian tangan pemusik, khususnya yang suka bermain musik dengan jari tangan. Gesekan kulit jari tangan dengan alat musik meningkatkan risiko mata ikan.

Sebaiknya selalu jaga kebersihan kaki untuk pencegahan terhadap kondisi mata ikan. Tidak hanya itu, penggunaan alas kaki ketika kamu beraktivitas di luar ruangan juga bisa dilakukan agar terhindar kondisi mata ikan.

Baca juga: Mata Ikan Menyerang, Perlukah Operasi?