Ini 5 Minuman Tidak Sehat yang Sebaiknya Dihindari Anak-Anak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
ini-5-minuman-tidak-sehat-yang-sebaiknya-dihindari-anak-anak-halodoc

Halodoc, Jakarta – Para orangtua mungkin sudah tahu bahwa memberikan asupan makanan yang sehat pada anak sangat penting agar ia bisa bertumbuh dengan optimal.  Namun, enggak hanya asupan makanan, asupan cairan untuk Si Kecil pun juga harus diperhatikan. Ya, mencukupi kebutuhan cairan anak sangat penting agar ia tidak dehidrasi dan lemas. Apalagi anak-anak sangat suka bermain dan berolahraga di luar rumah yang membuatnya banyak mengeluarkan keringat. 

Namun, sama seperti memberikan makanan yang sehat pada anak menjadi hal yang cukup menantang, mendorong anak untuk minum-minuman yang sehat juga sulit. Kebanyakan anak suka mengonsumsi minuman manis. Apalagi sekarang ini berbagai jenis minuman manis dalam kemasan atau tampilan yang menarik sudah bisa didapatkan dengan mudah di mana-mana. Itulah mengapa orangtua perlu memberi perhatian lebih pada jenis minuman yang anak konsumsi, karena hal tersebut juga bisa memengaruhi kesehatannya. Berikut ini jenis minuman tidak sehat yang sebaiknya dihindari anak:

 

1. Minuman Olahraga

 

Banyak orangtua mungkin berpikir, memberikan minuman olahraga pada anak lebih sehat daripada jus, karena minuman olahraga dapat menggantikan mineral dan elektrolit yang hilang selama anak berolahraga. Namun, minuman olahraga mengandung kalori dan gula yang cukup tinggi. Selain itu, minuman olahraga sejatinya dibuat untuk atlet atau orang dewasa yang berolahraga cukup keras. Sedangkan sebagian besar anak-anak mungkin tidak cukup aktif secara fisik, sehingga membutuhkan minuman olahraga.

Pilihan yang lebih baik:

Dibanding memberi Si Kecil minuman olahraga, berilah ia air dan camilan sehat, seperti keju, kacang, semangka, atau jeruk yang juga mengandung elektrolit.

 

2. Minuman Berenergi

 

Minuman olahraga saja tidak boleh diberikan pada anak, apalagi minuman berenergi. Minuman ini sarat dengan berbagai bahan yang tidak sehat, termasuk di antaranya sejumlah besar gula dan kafein. Minuman ini juga tinggi kalori. Minuman berenergi bisa menyebabkan lonjakan gula darah, mengganggu tidur, dan meningkatkan risiko diabetes dan obesitas pada anak. Jadi, tidak ada alasan bagi seorang anak untuk minum-minuman berenergi.

 

3. Minuman Ringan dan Jus Manis

 

Banyak orangtua yang sudah tahu pentingnya membatasi atau mengurangi soda yang kaya akan gula dan pemanis buatan dalam menu diet anak-anak. Namun, tahukah kamu bahwa jus juga termasuk minuman yang juga perlu dibatasi untuk anak? Hal ini sebenarnya tergantung jus apa yang dikonsumsi. Masalahnya, kebanyakan jus yang sering dijual di pasaran adalah jus buatan yang mengandung banyak gula dan tidak memiliki nilai gizinya. Jus manis malah akan membuat anak-anak berisiko mengalami obesitas dan diabetes tipe 2.

Pilihan yang lebih baik:

Jadi sebaiknya, berikan anak jus buah 100 persen yang mengandung lebih sedikit gula dan lebih banyak nutrisi. Simpan air dingin di lemari es dan tambahkan buah, seperti lemon, jeruk, atau irisan apel untuk memberi rasa pada air.

 

4. Teh Manis

 

Minuman teh manis dalam kemasan mengandung gula yang tinggi. Jadi, alih-alih membiarkan anak minum teh manis dalam kemasan, berikanlah Si Kecil secangkir teh hijau atau teh buah herbal dengan tambahan buah, seperti raspberry dan madu untuk pemanisnya.

Baca juga: Minuman dalam Kemasan yang Bisa Beri Dampak Negatif

 

5. Kopi

 

Banyak minuman kopi populer yang mengandung tinggi gula dan kafein. Ketika anak-anak mengonsumsi minuman kopi yang dibuat untuk orang dewasa ini, maka pola tidur dan kemampuan mereka untuk berkonsentrasi akan terganggu. Pengaruh kafein pada anak-anak berbeda dengan orang dewasa. Anak-anak bisa menjadi hiper karena kafein.

Baca juga: Viral Bayi Diberi Kopi, Apa Bahayanya?

Jadi, pastikan Si Kecil menjauhi daftar minuman tidak sehat di atas. Bila perlu, mintalah pengasuh atau guru di sekolah untuk membantu memantau apa yang diminum anak-anak saat di sekolah atau saat bermain. Latihlah anak untuk menyukai minuman alami yang rendah gula.

Baca juga: 5 Tips Cegah Kecanduan Manis pada Anak

Bila anak sakit, jangan pani, gunakan saja Halodoc. Ibu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk minta saran kesehatan dan resep obat yang sesuai. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Verywell Family. Diakses pada 2019. The Worst Things Your Kids Can Drink (and What to Give Them Instead).