Ini Cara Mengatasi Dehidrasi Berat Selama Puasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Puasa, Dehidrasi, dehidrasi saat puasa

Halodoc, Jakarta - Bulan Ramadan telah tiba. Ini saatnya bagi kamu yang menjalankannya untuk berlomba-lomba dalam mengumpulkan pahala. Puasa yang kamu jalani akan membuat kamu enggak minum dan makan, selama kurang lebih 12 jam. Dehidrasi bisa saja terjadi, apalagi bagi kamu dengan aktivitas padat di luar ruangan.

Memang dehidrasi yang terjadi selama berpuasa tergolong ringan, tetap saja bisa menghambat aktivitas kamu karena dapat menyebabkan pusing, sakit kepala, dan tubuh terasa lelah. Bagaimana cara mengatasi dehidrasi selama berpuasa?

Baca juga: Selain Minum Air Putih, 7 Cara Cegah Dehidrasi Selama Puasa

  • Minum Air Putih

Pada dasarnya, kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda, sama seperti kebutuhan kalori. Kebutuhan air yang dikonsumsi akan bergantung pada aktivitas yang dijalani. Bagaimana mengatur kebutuhan cairan saat berpuasa? Kamu bisa terapkan pola delapan gelas setiap hari. Tiga gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka, dan dua gelas saat hendak tidur. Namun, jika kamu takut kembung akibat air ketika makan sahur, kamu bisa minum dan memenuhi kebutuhan air sesaat sebelum tidur.

  • Jangan Konsumsi Makanan Asin

Jika kamu baru menjalani beberapa jam puasa sudah merasa haus, bisa jadi menu sahur kamu jadi alasannya. Makanan bergaram atau makanan yang terlalu asin dapat membuat kamu haus, bahkan kekurangan cairan. Hal ini dikarenakan garam sangat berpengaruh terhadap pengaturan cairan dalam tubuh. Terlalu banyak garam yang masuk ke dalam tubuh hanya akan mengacaukan aturan tersebut dan akhirnya membuat kamu jadi cepat haus.

Baca juga: Agar Tak Dehidrasi, Berapa Banyak Air yang Dibutuhkan Tubuh?

  • Konsumsi Buah dan Sayur

Perlu kamu ketahui bahwa cairan enggak hanya kamu dapatkan dari minuman saja, tapi bisa juga dari makanan. Sebenarnya 10-20 persen kebutuhan cairan bisa kamu didapatkan dari makanan. Oleh karena itu, pilihlah makanan yang mengandung cukup air, sehingga kamu bisa merasa kenyang dan kebutuhan cairan kamu terpenuhi.

  • Perhatikan Obat-obatan yang Dikonsumsi

Ada beberapa jenis obat-obatan yang dapat membuat kamu lebih sering buang air kecil. Hal ini akan membuat cairan selalu keluar dari tubuh kamu. Jadi, bagi kamu yang sedang mengonsumsi obat-obatan atau suatu suplemen vitamin tertentu, pastikan obat tersebut tidak memberikan efek samping dehidrasi dan membuat tubuh kekurangan cairan.

  • Hindari Kafein dan Gula

Hindari mengonsumsi minuman yang berkafein atau minuman yang memiliki kandungan gula tinggi, apalagi saat sedang makan sahur. Kafein dan gula tersebut hanya akan membuat tubuh kamu terasa haus hanya dalam beberapa jam saja. Jadi, perlu diingat bahwa sumber cairan yang terbaik adalah air putih. Karena selain mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh, air putih tidak akan membuat kamu berisiko mengidap berbagai penyakit kronis.

Baca juga: Agar Tak Dehidrasi, Inilah Takaran Konsumsi Air Saat Olahraga

Selain makanan dan minuman yang kamu konsumsi, jangan lupa untuk tidur secukupnya. Dengan begitu, tubuh akan tetap fit dalam menjalani puasa. Jika kamu mempunyai masalah kesehatan saat menjalani ibadah puasa, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!