Ini Ciri-Ciri Terserang Kanker Darah Polisitemia Vera

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ini Ciri-Ciri Terserang Kanker Darah Polisitemia Vera

Halodoc, Jakarta - Polisitemia vera merupakan kanker darah yang terjadi secara lambat, ketika sumsum tulang memproduksi terlalu banyak sel darah merah. Kelebihan sel darah ini menjadikan darah lebih kental, sehingga mengakibatkan melambatnya aliran darah. Kanker darah ini bisa menimbulkan berbagai komplikasi, seperti serangan jantung dan stroke.

Gangguan kesehatan ini tergolong langka dengan perkembangan yang sangat lambat. Kamu mungkin telah terserang penyakit ini selama bertahun-tahun tanpa mengetahuinya. Sering kali, kondisi ini justru teridentifikasi ketika kamu melakukan tes darah untuk alasan yang lain. Tanpa adanya pengobatan, kanker darah ini berbahaya, karena bisa berkembang ke tahap yang lebih akut, seperti misalnya leukemia akut.

Polisitemia vera merupakan sekelompok kanker darah yang dikenal sebagai neoplasma mieloproliferatif. Hal ini terjadi ketika mutasi pada gen menyebabkan timbulnya masalah pada produksi sel darah. Pada dasarnya, tubuh mengatur jumlah sel darah masing-masing. Pada kasus kanker darah ini, sumsum tulang memproduksi terlalu banyak sel darah merah.

Baca juga: Datang Diam-Diam, 4 Kanker Ini Sulit Dideteksi

Pada kondisi normal, sel darah merah bertugas untuk membawa oksigen yang kemudian diedarkan ke seluruh tubuh. Namun, ketika produksinya berlebihan, maka akan terjadi penggumpalan darah yang membuat kekentalan sel darah merah menjadi meningkat. Kondisi ini tentu mengakibatkan aliran darah menjadi lambat.

Jika tidak segera ditangani, hal ini menyebabkan pasokan oksigen yang harus dibawa ke otak, jantung, dan berbagai organ tubuh lain. Bahkan, tidak memungkinkan laju aliran darah terhenti. Polisitemia vera bisa terjadi pada siapa saja, tetapi mereka yang berusia di atas 60 tahun memiliki risiko yang lebih tinggi.

Apa Saja Cirinya?

Lalu, apa saja yang menjadi ciri dari kanker darah langka ini? Berikut beberapa di antaranya:

  • Tubuh lelah.

  • Penglihatan kabur.

  • Keringat berlebihan.

  • Sesak napas.

  • Sakit kepala.

  • Tubuh memar pada satu atau beberapa bagian.

  • Munculnya rasa gatal pada seluruh tubuh, terlebih setelah mandi.

Baca juga: 4 Penyebab dan Cara Mengobati Leukemia

Jika polisitemia vera yang terjadi sudah cukup parah, gejalanya juga beragam, seperti:

  • Nyeri tulang.

  • Sendi mengalami pembengkakan.

  • Muncul rasa terbakar pada tangan atau kaki.

  • Wajah berubah warna menjadi kemerahan.

  • Gusi berdarah.

Gejala di atas bisa dikaitkan dengan gangguan kesehatan lainnya, tak hanya sebatas mengindikasikan bahwa kamu mengalami polisitemia vera. Segera periksakan kondisi tubuh kamu ke dokter apabila kamu mengalami salah satu dari gejala yang tertulis di atas.

Baca juga: 7 Fakta Tentang Penyakit Langka Polisitemia Vera

Adapun komplikasi yang mungkin muncul jika polisitemia vera tidak segera ditangani adalah terjadinya penggumpalan darah yang bisa berujung pada stroke, jantung, emboli paru, bahkan DVT. Tidak hanya itu, komplikasi lain yang mungkin muncul adalah ukuran limpa membesar atau splenomegali, dan terjadinya permasalahan atau kelainan darah yang lain sebagai akibat dari meningkatnya sel darah merah.

Jadi, jangan abaikan apapun gejala aneh yang kamu rasakan. Ada baiknya kamu tanyakan pada dokter apa yang sedang kamu alami. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc dan memilih layanan Tanya Dokter. Dokter akan membantu memberikan solusi terbaik untuk semua masalah kesehatan yang kamu alami. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di ponsel kamu!