Ini Kondisi yang Bisa Meningkatkan Risiko Alami Keseleo

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Risiko keseleo

Halodoc, Jakarta - Keseleo dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan tingkat keparahannya, yaitu:

  1. Keseleo ringan dengan tanda nyeri, bengkak, dan sobekan kecil pada ligamen. Kondisi ini tidak berdampak pada kestabilan sendi.

  2. Keseleo sedang dengan tanda sobek pada sebagian ligamen, nyeri, dan bengkak yang cukup parah. Kondisi ini berdampak pada kestabilan sendi.

  3. Keseleo parah dengan tanda putusnya ligamen, nyeri dan bengkak parah, serta kerusakan jaringan sekitar. Kondisi ini berdampak parah pada sendi.

Baca juga: Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Keseleo

Keseleo, Cedera pada Pergelangan Kaki

Keseleo dapat terjadi karena adanya cedera pada pergelangan kaki, yaitu ketika ligamen pergelangan kaki terpelintir dan robek. Kondisi ini biasanya dapat terjadi akibat adanya paksaan pada sendi. Ligamen sendiri merupakan jaringan kuat yang mengikat dan menyambung tulang dengan tulang lainnya.

Ini Gejala yang Muncul pada Pengidap Keseleo

Beberapa gejala umum yang bisa jadi tanda kalau kamu tengan mengalami keseleo, yaitu memar, bengkak, beban tidak dapat bertumpu pada pergelangan yang sakit, kaku pada pergelangan kaki, serta adanya perubahan warna kulit. Gejala-gejala yang timbul akan tergantung pada tingkat keparahan keseleo itu sendiri. Kondisi ini akan menyebabkan terbatasnya gerakan pada sendi yang mengalami keseleo.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Keseleo Bisa Berakibat Fatal

Beberapa Kondisi yang Bisa Meningkatkan Risiko Alami Keseleo

Ada beberapa hal yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami keseleo, antara lain:

  • Berjalan pada permukaan tanah yang basah dan licin.

  • Melakukan gerakan berputar saat sedang melakukan olahraga.

  • Bentuk tubuh yang tidak ideal, yang membuat sendi dan otot tidak sepenuhnya menopang gerakan saat beraktivitas.

  • Teknik latihan yang salah saat berolahraga.

  • Memaksa tubuh untuk tetap beraktivitas saat sedang lelah.

  • Pendaratan atau jatuh pada posisi yang salah.

  • Tidak melakukan peregangan atau pemanasan sebelum melakukan olahraga.

  • Tidak menggunakan peralatan yang tepat saat melakukan olahraga atau aktivitas yang berat.

  • Berjalan atau berolahraga pada medan yang tidak rata.

Nah, untuk mencegah terjadinya beberapa hal di atas, kamu bisa melakukan beberapa langkah, seperti:

  • Melakukan olahraga secara rutin, tetapi juga jangan berlebihan. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas berat atau olahraga.

  • Gunakan sepatu yang nyaman dan aman untuk segala aktivitas yang kamu jalani. Pastikan juga kamu memakai ukuran yang tepat. Untuk menghindari keseleo, jangan menggunakan sepatu atau sandal berhak tinggi.

  • Berhati-hati jika berjalan di jalanan basah atau licin. Kamu bisa menggunakan sepatu dengan menyesuaikan medan yang akan kamu tempuh.

  • Hindari duduk atau berdiri terlalu lama.

  • Jangan lakukan olahraga atau aktivitas berat tanpa mengikuti latihan dan teknik yang benar.

Nah, untuk kasus yang ringan, kamu bisa melakukan tindakan pencegahan guna meringankan gejala yang kamu rasakan. Dalam kasus yang parah, prosedur operasi perlu dilakukan, walaupun kasus ini jarang ditemukan. Tindakan operasi dibutuhkan jika cedera tidak menjadi lebih baik dengan perawatan yang dilakukan.

Baca juga: Begini Cara Mengobati Bengkak Akibat Keseleo

Jika memang prosedur operasi perlu dilakukan, biasanya dokter akan menyarankan kamu untuk memakai sepatu boots setelah operasi guna melindungi sendi pasca operasi dan membantu proses penyembuhan ligamen. Selain itu, biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan rehabilitasi guna membantu proses pemulihan dengan lebih cepat.

Jika kamu menemukan kendala dalam melakukan pencegahan di atas, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!