04 January 2019

Jauhi Nyeri Sendi, Jangan Mandi Air Dingin

Jauhi Nyeri Sendi, Jangan Mandi Air Dingin

Halodoc, Jakarta - Sendi merupakan salah satu bagian tubuh yang penting, terutama dalam sistem gerak tubuh. Letaknya yang berada di antara dua tulang, memungkinkan tubuh untuk menunjang tubuh untuk melakukan berbagai gerakan. Karena fungsinya yang vital itu, nyeri sendi menjadi salah satu hal yang cukup mengganggu dan menyakitkan. Berbagai anggapan tentang nyeri sendi pun bermunculan. Salah satu yang cukup santer terdengar adalah larangan untuk mandi air dingin. Benarkah anggapan tersebut?

Sebelum menyinggung kaitannya dengan kebiasaan mandi air dingin, mari kita bahas sedikit tentang nyeri sendi dan apa yang dapat menyebabkannya. Secara sederhana, nyeri sendi dijelaskan sebagai suatu kondisi sakitnya persendian, seperti pada bagian lutut, siku, pergelangan kaki, atau pangkal lengan, yang disertai dengan rasa kaku. Kondisi ini disebabkan oleh adanya cedera yang memengaruhi jaringan ligamen dan tendon pada sekitar sendi.

Baca juga: 6 Tips Menjaga Kesehatan Sendi Agar Bebas Bergerak

Ada berbagai hal yang dapat memicu munculnya rasa nyeri pada persendian. Mulai dari asupan nutrisi yang kurang seimbang, berat badan berlebih, bertambahnya usia, jenis pekerjaan, stres, hingga aktivitas fisik yang dilakukan berlebihan. Beberapa jenis aktivitas fisik yang dapat memicu munculnya nyeri sendi adalah:

1. Berdiri Terlalu Lama

Berdiri yang dilakukan terlalu lama dapat menyebabkan nyeri sendi. Pasalnya, tumpuan tubuh akan diberikan dalam jangka waktu yang panjang dan memengaruhi ruang-ruang antar sendi, terutama pada sendi-sendi panggul, lutut, dan kaki.

Oleh karena itu, jika kamu memiliki pekerjaan yang mengharuskan untuk berdiri hampir sepanjang jam kerja, sesekali cobalah untuk meregangkan lutut dengan menekuk lutut sebentar secara bergantian untuk meminimalisir terjadinya nyeri sendi. Sebaliknya, duduk atau tidur terlalu lama, juga dapat mencetuskan nyeri sendi, akibat ruang antar sendi yang lama tidak digunakan untuk bergerak maupun menopang beban tubuh.

Baca juga: Ketahui Gangguan Sendi yang Rentan Diidap Pegawai Kantoran

2. Mengangkat Beban Berat

Kegiatan mengangkat beban yang terlalu berat juga dapat menyebabkan terjadinya nyeri sendi pada bagian punggung. Selain mengangkat beban yang berat, mengangkat atau memindahkan barang dengan posisi tubuh yang salah juga dapat memicu nyeri sendi pada bagian punggung. Saat memindahkan suatu barang, berhati-hatilah agar cedera punggung dapat terhindarkan.

3. Melompat

Beragam situasi maupun aktivitas, kadang mengharuskan kita untuk mencapai suatu lokasi tujuan dengan cara melompat. Hal yang sering dianggap sepele seperti melompat ini ternyata dapat memicu nyeri dan cedera sendi, bila tidak berhati-hati dalam melakukannya.

4. Olahraga yang Berlebihan

Olahraga memang mampu membangun kekuatan otot dan memelihara kesehatan sendi. Namun, jika dilakukan secara berlebihan, olahraga juga dapat menyebabkan nyeri sendi. Beberapa jenis olahraga pun ditengarai dapat memicu terjadinya nyeri sendi pada bagian tubuh tertentu. Seperti olahraga lari dan basket yang menjadikan lutut sebagai tumpuan saat melompat. Pada kedua jenis olahraga ini, risiko untuk mengalami nyeri sendi pada bagian lutut dan pergelangan kaki cenderung lebih besar.

Baca juga: 5 Jenis Olahraga yang Dapat Menyehatkan Tulang & Sendi

Mandi Air Dingin? Sebaiknya Jangan

Meski mandi dengan menggunakan air dingin bukanlah penyebab langsung dari munculnya nyeri atau gangguan sendi lainnya, kebiasaan ini tetap tidak disarankan, baik untuk orang yang memang memiliki keluhan gangguan sendi ataupun yang tidak. Sebab, perubahan suhu dingin ini dapat menyebabkan ciutnya kapsul pelindung sendi. Kapsul ini, seiring bertambahnya usia, dapat menurun, dan kebiasaan mandi air dingin dapat mempercepat proses penurunannya.

Selain air dingin, nyeri sendi juga diduga dapat terjadi karena cuaca dingin, terutama jika terjadi perubahan tekanan udara. Oleh karena itu, ketika bepergian ke tempat yang lebih dingin, cobalah untuk menjaga tubuh tetap hangat dengan melakukan olahraga ringan. Jika ingin mandi, terutama ketika harus mandi pada malam hari, mandilah dengan menggunakan air hangat. Selain mencegah nyeri sendi, mandi dengan menggunakan air hangat juga dapat membantu melemaskan otot-otot yang tegang setelah beraktivitas seharian dan mencegah kekakuan sendi.

Itulah sedikit penjelasan tentang nyeri sendi yang perlu diketahui. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Contact Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!