• Home
  • /
  • Kelelahan Atasi Corona, Apoteker di Wuhan Meninggal Dunia

Kelelahan Atasi Corona, Apoteker di Wuhan Meninggal Dunia

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Kelelahan Atasi Corona, Apoteker di Wuhan Meninggal Dunia

Halodoc, Jakarta – Awal tahun 2020, dunia digemparkan dengan kasus penyebaran virus baru yang mematikan yaitu virus corona. Menurut data dari Map Coronavirus, kasus virus corona hingga Kamis (6/2) telah mencapai 28.274 kasus secara global. Virus corona pertama kali ditemukan di Wuhan, Cina dan saat ini sudah menyebar ke lebih dari 10 negara. Kondisi ini membuat pemerintah Cina banyak melakukan penanganan untuk mengatasi kondisi penyebaran virus corona. 

Baca juga: Selalu Merasa Kelelahan? Ini 5 Penyebabnya 

Diberitakan World Buzz, Song Yingjie (28), apoteker asal Cina, yang menangani kasus virus corona bekerja selama 10 hari 9 malam. Kondisi ini membuat Song Yingjie mengalami kelelahan yang berujung pada serangan jantung di asramanya. Song Yingjie akhirnya meninggal dunia. Ternyata, kelelahan dapat sebabkan gangguan kesehatan hingga fatalnya, menyebabkan kematian

Benarkah Kelelahan Sebabkan Serangan Jantung?

Kesehatan optimal tidak hanya didapatkan dari asupan makanan yang sehat, melainkan juga waktu istirahat yang cukup. Memberikan waktu istirahat yang cukup untuk tubuh dapat menjadi cara untuk menghindari gangguan kesehatan. Tubuh yang kurang mendapatkan istirahat dapat meningkatkan risiko kelelahan. Kondisi tersebut terjadi ketika tubuh kekurangan energi akibat kurang istirahat, kurang asupan nutrisi, kurang tidur, atau latihan fisik yang terlalu keras.

Banyak dampak yang dapat dialami akibat kelelahan, seperti adanya gangguan pencernaan, penurunan daya tahan tubuh, serta gangguan jantung. Ada beberapa gangguan jantung yang dapat dialami ketika merasakan kelelahan, salah satunya adalah serangan jantung. Kelelahan yang tidak diatasi dapat menjadi pemicu serangan jantung. Dilansir dari National Health Service UK, serangan jantung dapat sebabkan kondisi fatal, seperti kematian.

Saat tubuh kelelahan, napas menjadi lebih cepat dan lebih dalam sehingga membuat jantung bekerja lebih keras. Kondisi ini dapat membuat jantung mengalami kram otot serta kram jantung yang berisiko alami serangan jantung. Dilansir dari American Heart Association, serangan jantung dapat terjadi ketika pasokan oksigen menuju jantung terhambat atau terputus. 

Baca juga: Bukan Cuma Nyeri Dada, Ini 13 Gejala Serangan Jantung Lainnya

Jika kamu alami kelelahan yang disertai dengan rasa tidak nyaman pada area dada, napas menjadi lebih pendek, tidak ada salahnya untuk beristirahat sejenak agar kondisi kesehatan kamu kembali menjadi normal. Kamu juga bisa lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat atau bertanya pada dokter mengenai gejala yang kamu alami. Kini kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk memudahkan semua kebutuhan tentang pelayanan kesehatan.

Atasi Kelelahan untuk Cegah Chronic Fatigue Syndrome

Tidak ada salahnya untuk atasi kelelahan yang dirasakan dengan memenuhi kebutuhan istirahat. Tidak hanya berisiko alami gangguan jantung maupun pencernaan saja, kelelahan yang tidak segera diatasi dapat sebabkan seseorang alami chronic fatigue syndrome. Chronic fatigue syndrome adalah penyakit jangka panjang yang dapat dialami seseorang dengan kondisi kelelahan yang ekstrem.

Dilansir dari National Health Service UK, chronic fatigue syndrome bisa dialami oleh orang dewasa hingga anak-anak. Tidak ada salahnya untuk mengetahui gejala dari chronic fatigue syndrome agar kamu dapat lakukan penanganan tepat, seperti nyeri otot maupun sendi, alami gangguan tidur, sakit kepala, gangguan terhadap konsentrasi, dan detak jantung lebih cepat.

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, pengobatan untuk sindrom ini tidak dapat menghilangkan kondisi ini namun hanya meringankan gejala yang dirasakan oleh pengidap. Sebaiknya lakukan beberapa cara untuk menjaga kesehatan, seperti konsumsi makanan yang bernutrisi dan gizi yang seimbang. Kamu juga perlu untuk menghindari kebiasaan buruk, seperti merokok dan minum alkohol. Jangan lupa rutin berolahraga untuk menjaga metabolisme tubuh dengan baik.

Baca juga: 5 Tips Mengatasi Lelah Berlebihan

Jangan lupa untuk konsumsi air putih yang cukup dan hindari stres. Sempatkan waktu untuk beristirahat sejenak jika kamu merasa kelelahan. Jangan paksakan tubuh untuk tetap beraktivitas agar kamu terhindar dari berbagai penyakit.

Referensi:
National Health Service UK. Diakses pada 2020. Chronic Fatigue Syndrome
National Health Service UK. Diakses pada 2020. Heart Attack
American Heart Association. Diakses pada 2020. About Heart Attack
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2020. Chronic Fatigue Syndrome
World Buzz. Diakses pada 2020. 28 yo Medical Staff Collapse & Dies After Fighting Wuhan Virus for 10 Days Straight
Map Coronavirus. Diakses pada 2020. Coronavirus 2019-nCoV Global Cases by Johns Hopkins CSSE