Kenali 4 Pengobatan untuk Atasi Kanker Lambung

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Kenali 4 Pengobatan untuk Atasi Kanker Lambung

Halodoc, Jakarta – Penyakit kanker nyatanya masih menjadi penyakit yang menakutkan bagi sebagian orang. Penyakit kanker dapat menyerang bagian tubuh maupun organ tubuh. Salah satunya adalah lambung.

Baca juga: Ini Cara-Cara Mendiagnosis Kanker Lambung

Kanker lambung adalah kondisi yang ditandai dengan munculnya tumor ganas atau sel kanker pada dinding lambung. Lambung merupakan organ tubuh yang memiliki fungsi untuk membantu penyerapan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

Bahayanya, pertumbuhan dan perkembangan sel kanker pada dinding lambung membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga terkadang tidak menimbulkan gejala khusus pada tubuh kamu.

Dinding lambung sendiri terdiri dari 3 lapisan yaitu lapisan bagian dalam (mucosal), lapisan bagian tengah (muscularis), dan lapisan bagian luar (serosal). Sel kanker umumnya terjadi pada bagian mucosal atau bagian dalam. Jika kondisi ini tidak segera diatasi, sel kanker dapat menyebar pada bagian dinding lainnya menyebar hingga ke organ tubuh yang berada di sekitar lambung.

Gejala Kanker Lambung

Kondisi ini sulit dideteksi di awal pertumbuhan sel kanker. Namun, biasanya pengidap kanker lambung akan mengalami kondisi seperti sakit maag di awal pertumbuhan sel kanker. Biasanya, gejala kanker lambung muncul pada stadium lanjut.

Pengidap kanker lambung stadium lanjut biasanya mengalami muntah darah, feses yang bercampur dengan darah dan berwarna hitam, kurangnya nafsu makan yang diiringi dengan penurunan berat badan, dan kondisi perut yang membengkak karena penumpukan cairan. 

Ketahui Penyebab Kanker Lambung 

Belum diketahui yang menjadi penyebab utama pertumbuhan sel kanker pada dinding lambung. Namun, infeksi bakteri penyebab luka pada dinding lambung diketahui dapat memicu kondisi penyakit ini. Kondisi kesehatan seperti penyakit anemia pernisiosa dan polip pada bagian lambung memicu seseorang mengalami kondisi ini.

Ketahui beberapa faktor lain yang meningkatkan seseorang mengalami penyakit kanker lambung, seperti kebiasaan merokok, kondisi obesitas, terlalu sering mengonsumsi makanan olahan, kurang melakukan aktivitas fisik, mengalami kecanduan alkohol, dan pernah mengalami operasi perut.

Baca juga: 6 Jenis Kanker Paling Populer di Indonesia

Pemeriksaan dan Pengobatan Kanker Lambung

Kanker lambung dapat dikenali dengan melakukan beberapa pemeriksaan yang berguna untuk memastikan kondisi kesehatan, seperti pemeriksaan darah. Pemeriksaan darah dilakukan untuk melihat perkembangan sel kanker pada tubuh.

Selain pemeriksaan darah, melakukan endoskopi bagian atas dengan menggunakan bantuan selang fleksibel dengan kamera di bagian ujungnya untuk mengetahui kondisi saluran cerna bagian atas. CT Scan dan tindakan biopsi bisa menjadi pilihan untuk mengetahui kondisi kanker lambung yang dialami oleh pengidap kanker lambung.

Kanker lambung bisa diatasi dengan melakukan beberapa cara pengobatan, seperti:

1. Pembedahan

Proses pembedahan dilakukan untuk mengangkat sel kanker dan beberapa jaringan lainnya yang menyerang lambung. 

2. Kemoterapi

Pengobatan ini dilakukan dengan cara mencegah pertumbuhan serta membunuh sel kanker yang ada pada bagian lambung.

3. Radiasi

Proses radiasi ini biasa dilakukan sebelum proses pembedahan. Proses radiasi digunakan untuk membunuh sel kanker dan mengecilkan ukuran sel kanker pada tubuh maupun organ dalam tubuh.

4. Targeted Drugs

Biasanya pengobatan ini hanya membunuh sel kanker sehingga pengobatan ini cukup minim komplikasi.

Gejala awal yang hampir mirip dengan maag membuat pengidap kanker lambung terkadang tidak menghiraukan gejala yang muncul. Tidak ada salahnya untuk segera mengunjungi dokter jika kamu mengalami gangguan pencernaan dan keluhan seperti sakit maag yang berulang.

Baca juga: Ini Manfaat Puasa Bagi Pengidap Kanker Lambung

Pemeriksaan lebih dini akan membuat penyakit kamu dapat segera diatasi dengan tepat. Penanganan yang tepat meminimalisir risiko sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan. Kamu bisa pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!