• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 4 Pengobatan untuk Atasi Kanker Lambung

Kenali 4 Pengobatan untuk Atasi Kanker Lambung

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Kenali 4 Pengobatan untuk Atasi Kanker Lambung

Kanker bisa menyerang bagian tubuh mana saja, termasuk lambung. Kondisi ini tidak boleh disepelekan karena bisa memburuk dan memicu komplikasi. Kalau kamu atau orang tersayang mengidap penyakit ini, sebaiknya segera lakukan langkah pengobatan untuk mengatasinya.”


Halodoc, Jakarta – Lambung manusia bisa terserang penyakit, termasuk kanker. Seperti diketahui, penyakit kanker dapat menyerang bagian tubuh maupun organ tubuh. Saat mengidap penyakit ini, pengobatan dan perawatan yang tepat perlu diberikan. Dengan begitu, perkembangan kanker bisa diperlambat dan risiko munculnya komplikasi bisa dihindari. 

Kanker lambung adalah kondisi yang ditandai dengan munculnya tumor ganas atau sel kanker pada dinding lambung. Lambung merupakan organ tubuh yang memiliki fungsi untuk membantu penyerapan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. 

Baca juga: Ini Cara-Cara Mendiagnosis Kanker Lambung

Pengobatan Kanker Lambung 

Dinding lambung terdiri dari 3 lapisan, yaitu lapisan bagian dalam (mucosal), lapisan bagian tengah (muscularis), dan lapisan bagian luar (serosal). Sel kanker umumnya terjadi pada bagian mucosal atau bagian dalam. Jika kondisi ini tidak segera diatasi, sel kanker dapat menyebar pada bagian dinding lainnya menyebar hingga ke organ tubuh yang berada di sekitar lambung. 

Kabar buruknya, pertumbuhan dan perkembangan kanker pada lambung seringkali berlangsung lambat. Sehingga kondisi ini terlambat disadari dan sudah memburuk. Maka dari itu, penting untuk mengetahui gejala awal kanker lambung. Pengidap kanker lambung akan mengalami kondisi seperti sakit maag di awal pertumbuhan sel kanker. Biasanya, gejala kanker lambung muncul pada stadium lanjut.

Pengidap kanker lambung stadium lanjut biasanya mengalami muntah darah, feses yang bercampur dengan darah dan berwarna hitam, kurangnya nafsu makan yang diiringi dengan penurunan berat badan, dan kondisi perut yang membengkak karena penumpukan cairan. 

Baca juga: 6 Jenis Kanker Paling Populer di Indonesia

Kanker lambung dapat dikenali dengan melakukan beberapa pemeriksaan yang berguna untuk memastikan kondisi kesehatan, seperti pemeriksaan darah. Pemeriksaan darah dilakukan untuk melihat perkembangan sel kanker pada tubuh.

Selain pemeriksaan darah, melakukan endoskopi bagian atas dengan menggunakan bantuan selang fleksibel dengan kamera di bagian ujungnya untuk mengetahui kondisi saluran cerna bagian atas. CT Scan dan tindakan biopsi bisa menjadi pilihan untuk mengetahui kondisi kanker lambung yang dialami oleh pengidap kanker lambung.

Kanker lambung bisa diatasi dengan melakukan beberapa cara pengobatan, seperti:

1. Pembedahan

Proses pembedahan dilakukan untuk mengangkat sel kanker dan beberapa jaringan lainnya yang menyerang lambung. 

2. Kemoterapi

Pengobatan ini dilakukan dengan cara mencegah pertumbuhan serta membunuh sel kanker yang ada pada bagian lambung.

3. Radiasi

Proses radiasi ini biasa dilakukan sebelum proses pembedahan. Proses radiasi digunakan untuk membunuh sel kanker dan mengecilkan ukuran sel kanker pada tubuh maupun organ dalam tubuh.

4. Targeted Drugs

Biasanya pengobatan ini hanya membunuh sel kanker sehingga pengobatan ini cukup minim komplikasi.

Gejala awal yang hampir mirip dengan maag membuat pengidap kanker lambung terkadang tidak menghiraukan gejala yang muncul. Tidak ada salahnya untuk segera mengunjungi dokter jika kamu mengalami gangguan pencernaan dan keluhan seperti sakit maag yang berulang.

Baca juga: Ini Manfaat Puasa Bagi Pengidap Kanker Lambung

Biasanya, pengobatan akan dilakukan tergantung pada kondisi tubuh dan tingkat keparahan kanker. Maka dari itu, diperlukan pemeriksaan untuk memastikannya. Cari tahu lebih lanjut seputar kanker lambung dan cara mengatasinya dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa menyampaikan masalah kesehatan yang dialami melalui Video/Voice Call atau Chat. Dapatkan rekomendasi pengobatan terbaik dari ahlinya. Download Halodoc di sini!

Referensi:  
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Stomach cancer.
Healthline. Diakses pada 2021. Stomach Cancer (Gastric Adenocarcinoma). 
Cancer Research UK. Diakses pada 2021. Stomach cancer- Treatment.