Kenali 4 Perawatan Alami untuk Mengatasi Rambut Rontok

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Kenali 4 Perawatan Alami untuk Mengatasi Rambut Rontok

Halodoc, Jakarta - Rambut adalah salah satu faktor yang memengaruhi kepercayaan diri seseorang. Rambut yang hitam, lembut, dan indah adalah idaman bagi kebanyakan orang. Untuk mendapatkannya, pastilah kesehatan rambut harus dijaga, sehingga terhindar dari masalah rambut, seperti rambut rontok dan ketombe.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat rambut menjadi sehat. Salah satu cara yang dapat dilakukan dari dalam adalah dengan mengurangi rasa stres, perbanyak mengonsumsi vitamin, hingga kurangi menggunakan minyak rambut. Banyak bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk merawat rambut agar tetap sehat. Memang dalam merawat rambut, sebaiknya kamu menggunakan bahan alami agar terhindar dari bahan kimia yang dapat membahayakan tubuh.

Baca Juga: 6 Penyebab Rambut Rontok pada Wanita

Perawatan rambut menggunakan bahan alami memang lebih direkomendasikan oleh para dokter. Karena selain ramah pada tubuh, juga ramah terhadap kantong. Bahan-bahan alami ini umumnya banyak ditemukan di rumah, sehingga tidak sulit untuk menemukannya. Berikut adalah beberapa bahan-bahan alami yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi rambut rontok:

  1. Mengoleskan Lidah Buaya

Cara mengatasi rambut rontok secara alami yang pertama adalah dengan mengoleskan lidah buaya. Memang, kandungan lidah buaya sudah terbukti ampuh untuk merawat rambut menjadi lebih indah. Selain itu, lidah buaya juga dapat membuat rambutmu menjadi lebih kuat dan lebat.

Baca Juga: Cara Mengobati Rambut Rontok Secara Alami

Cara menggunakan lidah buaya terbilang mudah, pertama-tama basahi dulu rambut dan keringkan. Lalu, oleskan lendir yang keluar dari daging lidah buaya ke rambutmu. Setelah itu, biarkan kira-kira 15-20 menit dan bilas dengan air hingga benar-benar bersih dan tidak berbau. Untuk efek yang maksimal, perawatan ini dapat dilakukan sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu.

  1. Menggunakan Buah Alpukat

Cara mengatasi rambut rontok lainnya adalah dengan menggunakan buah alpukat. Buah ini dapat mengatasi rambut rontok dan juga ketombe. Buah yang kaya akan kandungan protein dan lemak ini dapat berfungsi sebagai masker rambut, sehingga bisa menyehatkan rambut. Kandungan protein pada alpukat sangat ampuh untuk menguatkan rambut dan mendorong rambut agar tumbuh lebih cepat.

Baca Juga: Rambut Rontok? Atasi dengan Beberapa Solusi Jitu Berikut

Cara menggunakan buah alpukat tersebut adalah dengan menghaluskan buah tersebut, lalu dibalur pada rambut secara merata. Diamkan selama 15 hingga 20 menit dan tetap dalam suhu yang normal. Setelah itu, bilas dengan sampo hingga bersih dan pastikan tidak ada yang tertinggal di rambut.

  1. Mengoleskan Yoghurt

Mengoleskan yoghurt juga dapat menjadi salah satu cara mengatasi rambut rontok. Yoghurt dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok yang parah. Cara menggunakannya juga terbilang mudah, hanya dengan mengoleskannya secara merata di rambut dan diamkan selama beberapa saat. Setelah itu bilas, hingga bersih dan dapat dilakukan sebanyak dua hingga tiga kali untuk satu minggu.

  1. Menggunakan Teh Hijau

Teh hijau dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Teh hijau memang memiliki banyak manfaat pada perawatan tubuh, termasuk juga rambut yang dapat mengatasi rambut rontok dan menyuburkan rambut. Cara menggunakannya terbilang mudah, yaitu dengan menyeduh dua kantung teh hijau dengan air, lalu usapkan pada rambut secara merata dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih agar tidak berbau lagi.

Itulah 4 cara mengatasi rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal rambut rontok, kamu dapat berdiskusi dengan dokter dari Halodoc. Komunikasi dengan dokter dapat dilakukan dengan mudah melalui Chat atau Voice/Video Call. Kamu juga bisa membeli obat di aplikasi Halodoc, dan pesananmu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!