Kenali Tanda Kanker Serviks Sejak Dini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Kenali Tanda Kanker Serviks Sejak Dini

Halodoc, Jakarta - Kebersihan dari Ms.V pada wanita memang selalu dijaga. Hal tersebut karena area itu rentan terhadap suatu penyakit jika tidak bersih atau pun lembap. Salah satu penyakit yang dapat terjadi pada Ms.V adalah kanker serviks. Penyakit ini dapat membahayakan ketika terjadi.

Kanker serviks adalah salah satu penyakit yang umum terjadi di seluruh dunia. Penyakit ini merupakan jenis kanker peringkat empat yang paling sering menyerang wanita. Maka dari itu, sebagai wanita, kamu harus mengetahui tanda kanker serviks sejak dini. Berikut adalah beberapa gejala yang dapat timbul!

Baca juga: Intip 3 Gejala Kanker Serviks Sejak Dini

Gejala Awal Kanker Serviks

Kanker serviks adalah penyakit yang disebabkan oleh kanker dan terjadi pada leher rahim. Penyakit yang bisa membahayakan pengidapnya ini disebabkan oleh Human Papillomavirus (HPV). Banyak wanita yang tidak menyadari sudah terkena kanker serviks dan baru mengetahui saat gejalanya sudah parah. Maka dari itu, kamu harus tahu tanda kanker serviks sesegera mungkin.

Pada sebagian besar wanita, gangguan ini tidak menimbulkan gejala saat kanker terbentuk. Walau begitu, ketika kanker serviks memasuki stadium awal, gejalanya muncul. Lalu, pada wanita dengan gangguan kanker tahap lanjut, gejala yang timbul lebih parah tergantung dari penyebarannya pada jaringan dan organ tubuh.

Maka dari itu, direkomendasikan bagi wanita secara rutin untuk memeriksa sel-sel abnormal di area serviks dengan skrining pap smear. Hal ini untuk memantau keadaan rahim dan mengobati sedini mungkin jika terserang kanker serviks. Pemeriksaan ini disarankan pada wanita berusia di atas 21 tahun.

Baca juga: Perhatikan 5 Gejala Kanker Rahim Sejak Dini

Selain rutin memeriksa, kamu harus mengetahui tanda kanker serviks yang dapat timbul. Berikut ini tanda kanker serviks agar kamu dapat melakukan pencegahan secara dini, yaitu:

  • Terdapat bercak darah atau perdarahan ringan di antara periode menstruasi;

  • Perdarahan menstruasi menjadi lebih lama dan lebih banyak dari biasanya;

  • Mengalami perdarahan setelah hubungan intim;

  • Peningkatan keputihan;

  • Timbul rasa nyeri saat berhubungan seksual;

  • Nyeri panggul dan/atau punggung yang parah.

Jika kamu mengalami tanda kanker serviks tersebut, ada baiknya langsung menemui dokter. Semakin dini penyakit tersebut dideteksi, maka semakin besar peluang kanker dapat dicegah atau disembuhkan. Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait tanda-tanda awal kanker serviks, dokter dari Halodoc dapat membantu. Kamu bisa melakukan tanya jawab dengan dokter, untuk itu langsung download aplikasi Halodoc di smartphone kamu, ya!

Jika kanker tersebut telah mendapat diagnosis, kamu harus segera melakukan berbagai rangkaian perawatan dan pengobatan kanker. Hal ini harus dilakukan segera setelah diagnosis dan berlanjut selama perawatan dilakukan. Selalu pastikan kamu melakukan yang terbaik untuk mengatasi penyakit ini.

Baca juga: Kenali 7 Tanda dan Gejala Kanker Serviks

Pencegahan Kanker Serviks

Kanker serviks dapat membahayakan tubuh, untuk itu sebaiknya lakukan beberapa upaya ini agar mencegah penyakit tersebut. Berikut ini cara untuk mencegah kanker serviks menyerang, yaitu:

  • Seks yang aman. Kamu harus melakukan seks yang aman dan hanya pada satu pasangan saja. Gunakanlah alat pengaman seperti kondom untuk mencegah berbagai jenis infeksi menular seksual dan gangguan kesehatan lainnya.

  • Pemeriksaan serviks secara rutin. Kamu dapat melakukan pemeriksaan serviks secara teratur agar dapat mengidentifikasi penyakit tersebut secara dini. Hal ini dapat melihat perubahan sel-sel pada bagian tersebut.

  • Berhubungan seksual saat cukup umur. Kanker serviks menyerang seseorang yang sangat muda ketika melakukan hubungan seksual pertama kalinya. Risiko semakin tinggi jika kamu melakukannya semakin dini.

 

Referensi:
Medical News Today.Diakses pada 2019.What you need to know about cervical cancer
Cancer.net .Diakses pada 2019.Cervical Cancer: Symptoms and Signs