Ketahui 3 Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Mastalgia

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
ketahui-3-gaya-hidup-sehat-untuk-mencegah-mastalgia-halodoc

Halodoc, Jakarta – Payudara adalah salah satu bagian tubuh terpenting bagi wanita. Sebagai “aset”, payudara tidak hanya perlu dijaga keindahan bentuknya saja, tapi juga kesehatannya. Salah satu masalah yang bisa terjadi pada bagian tubuh wanita yang satu ini adalah mastalgia. Kondisi ini merupakan nyeri payudara yang umumnya menyerang wanita yang masih mengalami menstruasi. 

Kamu bisa mencegah mastalgia dengan menerapkan beberapa gaya hidup sehat. Yuk, cari tahu di sini.

Apa Itu Mastalgia?

Mastalgia adalah kondisi di mana payudara terasa nyeri. Rasa nyeri ini bisa berasal dari payudara, ataupun dari luar payudara (extramammary), tapi terasa hingga ke jaringan payudara. Wanita yang mengalami mastalgia biasanya akan merasakan nyeri yang menusuk dan panas, serta payudara terasa sesak.

Mastalgia bisa dibagi menjadi dua jenis. Yang pertama, yaitu rasa nyeri yang berkaitan dengan siklus menstruasi yang kebanyakan terjadi karena perubahan hormon. Hal tersebut normal terjadi dan tidak berbahaya. Yang kedua adalah rasa nyeri yang tidak ada kaitannya dengan siklus menstruasi, misalnya nyeri akibat arthritis pada dada yang menyebar sampai ke payudara.

Mastalgia biasanya dialami oleh wanita yang belum memasuki masa menopause dan sering dikhawatirkan sebagai gejala penyakit kanker. Namun, mastalgia sangat jarang disebabkan oleh kanker. Menurut suatu survey di Edinburgh, dari semua wanita yang datang berobat dengan keluhan mastalgia, hanya terbukti 2,7 persennya saja yang terdiagnosis sebagai kanker.

Baca juga: Mitos atau Fakta Mastalgia Tanda Idap Kanker Payudara

Meski demikian, kamu tetap perlu memeriksakan diri ke dokter bila mengalami gejala mastalgia, agar bisa diketahui penyebab sesungguhnya. Apalagi bila rasa nyeri semakin memburuk sampai mengganggu kegiatan sehari-hari, dan berlangsung terus-menerus selama beberapa minggu.

Apa Saja Hal yang Bisa Menyebabkan Mastalgia?

Penyebab mastalgia sulit untuk diketahui secara pasti. Namun, beberapa faktor berikut ini diduga bisa meningkatkan risiko terjadinya mastalgia:

  • Ukuran payudara. Wanita yang memiliki payudara besar berisiko mengalami mastalgia yang tidak berkaitan dengan siklus menstruasi.

  • Cedera pada otot, sendi atau tulang sekitar payudara. Rasa nyeri akibat cedera pada lokasi tersebut bisa terasa hingga ke payudara. Misalnya, pada kasus kostokondritis atau peradangan yang terjadi pada bagian yang menghubungkan iga dengan tulang dada.

  • Benjolan pada payudara. Beberapa jenis benjolan payudara yang bisa memicu terjadinya mastalgia adalah fibroadenoma (benjolan jinak yang muncul di payudara), kista payudara (kantong berisi cairan yang terbentuk di dalam jaringan payudara, abses payudara (penumpukan nanah di payudara), dan mastitis (peradangan jaringan payudara).

  • Kehamilan. Mastalgia juga sering menjadi salah satu tanda awal kehamilan.

  • Masalah saat menyusui. Pembengkakan payudara, penyumbatan pada saluran air susu, infeksi jamur pada puting, atau radang payudara (mastitis) bisa menyebabkan mastalgia.

  • Hormon reproduksi. Hal ini biasanya terjadi pada jenis mastalgia yang terkait siklus menstruasi. Namun, rasa nyeri ini bisa berkurang atau menghilang ketika hamil atau menopause.

  • Efek samping obat. Obat-obatan tertentu, seperti kontrasepsi, antidepresan, dan antipsikotik bisa menimbulkan efek samping berupa mastalgia.

Baca juga: Wanita yang Merokok Berisiko Alami Mastalgia, Benarkah?

Cara terbaik untuk mencegah mastalgia adalah dengan mengatasi atau menghindari faktor-faktor penyebab di atas.

Gaya Hidup untuk Mencegah Mastalgia

Mastalgia bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat berikut:

1. Hindari stres

Stres bisa membuat mastalgia yang berkaitan dengan siklus menstruasi menjadi terasa semakin nyeri. Karena itu, hindari stres dengan melakukan hobi atau kegiatan yang disuka atau dengan bermeditasi.

2. Berolahraga secara rutin 

Hal ini bertujuan agar keseimbangan kadar hormon dalam tubuh tetap terjaga.

3. Hati-Hati dalam Mengonsumsi Obat

Bila ingin mengonsumsi obat-obatan hormonal, sebaiknya lakukan di bawah pengawasan dokter.

Baca juga: Nyeri pada Satu atau Kedua Payudara, Awas Gejala Mastalgia

Nah, itulah 3 gaya hidup sehat yang bisa kamu lakukan untuk mencegah mastalgia. Bila kamu mengalami gejala menstruasi yang tidak biasa seperti nyeri payudara, hubungi saja dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa minta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.