20 October 2018

Pityriasis Rosea, Enggak Menular tapi Gatal Minta Ampun

Ketahui Tentang Pityriasis Rosea, Enggak Menular tapi Gatal Minta Ampun

Halodoc, Jakarta - Menjaga kebersihan kulit adalah hal yang wajib dilakukan oleh semua orang. Tidak hanya menunjang penampilan, kulit bersih membuat kamu terhindar dari penyakit kulit. Aktivitas padat membuat kamu mudah terpapar radikal bebas bahkan virus dan bakteri. Oleh karena itu, kamu harus menjaga kulit dalam kondisi yang bersih dengan cara mandi menggunakan sabun dan menjaga kebersihan pakaian.

Salah satu penyakit yang dapat menyerang kulit adalah pityriasis rosea. Penyakit ini dapat menyerang siapa pun yang berusia 10 hingga 35 tahun dan menyebabkan kulit memiliki ruam kemerahan, bersisik, dan sedikit menonjol.

Meski tidak membahayakan dan tidak menular, namun mereka yang terserang penyakit ini mengalami sensasi gatal luar biasa.  Mereka yang terserang penyakit ini mengalami ruam pada beberapa area dan menyebar. Area yang biasa terserang antara lain dada, punggung, perut, leher, lengan atas, dan paha. Meski jarang ditemukan, namun penyakit ini dapat muncul di wajah.

Penyebab Penyakit Pityriasis Rosea

Hingga kini, peneliti belum menemukan penyebab pasti penyakit ini. Beberapa sumber mengatakan infeksi virus adalah penyebab utama penyakit pityriasis rosea. Virus yang menyebabkan penyakit ini adalah jenis virus herpes, namun berbeda dengan virus herpes yang menyerang area kelamin. Kondisi kesehatan ini umumnya lebih banyak menyerang pria daripada wanita, tetapi anak-anak memiliki risiko lebih tinggi terserang penyakit ini.

Gejala Penyakit Pityriasis Rosea

Sebelum pada akhirnya mengalami ruam yang menyebabkan sensasi gatal luar biasa, penyakit ini diawali dengan tahapan yang membuat tubuh merasa tidak nyaman hingga berminggu-minggu. Ruam muncul pertama kali biasanya memiliki bentuk oval dan berwarna merah muda. Selain ruam, gejala lainnya adalah demam tinggi, menurun atau hilangnya nafsu makan, timbulnya nyeri bagian persendian, sakit bagian kepala, dan timbulnya gangguan pencernaan.

Setelah itu, noda merah berbentuk oval yang menyerupai tambalan muncul di beberapa bagian tubuh seperti pada area perut, ketiak, dan bagian lipatan lain pada tubuh. Bercak merah semakin menjalar hingga leher, dada, dan membentuk pola seperti pohon pinus. Penyakit ini dapat berlangsung hingga 4 sampai 5 bulan lamanya, dan tidak dapat terhindar dari rasa gatal. Area kulit yang terserang penyakit ini dapat menjadi gelap. Kamu tidak perlu khawatir karena kondisi ini bisa kembali pada semula setelah beberapa waktu.

Diagnosis Penyakit Pityriasis Rosea

Cara mengetahui ruam yang muncul di kulit adalah penyakit pityriasis rosea atau tidak perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dokter akan memastikan melalui tes KOH atau tes dilakukan dengan menggunakan larutan potassium hydroxide untuk mengetahui ruam yang timbul di bagian kulit disebabkan oleh adanya infeksi dari jamur.

Pengobatan Penyakit Pityriasis Rosea

Gangguan kulit ini tidak memerlukan perawatan khusus sebab penyakit ini sembuh dan menghilang seiring berjalannya waktu. Pengobatan yang dilakukan biasanya diperlukan untuk mengatasi rasa gatal yang mengganggu. Ini beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain:

  • Pemberian salep atau krim steroid dan antihistamis untuk mengurangi gatal yang dialami. Hal ini dilakukan 1-2 kali dalam satu hari guna mengurangi peradangan yang menyerang bagian kulit dan meredakan gatal agar tidak terlalu menyiksa. Pada awal pemakaian biasanya terasa perih, setelah itu tubuh mampu beradaptasi. Selain dengan penggunaan krim, rasa gatal dapat dihilangkan apabila kamu rutin mandi air hangat.

  • Terapi sinar ultra violet atau lebih lazim disebut dengan istilah sinar UVB dilakukan jika pengobatan dengan salep dan krim tidak kunjung membuahkan hasil. Kulit yang terkena dengan ruam pityriasis rosea disorot dengan sinar UVB dalam waktu yang singkat guna mengurangi rasa gatal dan munculnya ruam pada bagian kulit yang terserang.

Kini kamu bisa berdiskusi terkait gatal kulit yang kamu alami dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Aplikasi ini merupakan media berkomunikasi langsung dengan ribuan dokter ahli terpercaya melalui Video/Voice Call dan Chat melalui menu Contact Doctor. Kamu bisa menanyakan hal-hal terkait kesehatan kapan saja dan di mana saja. Ayo download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.

 

Baca juga: