Komedo Membandel, Hilangkan dengan Cara Ini

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Komedo Membandel, Hilangkan dengan Cara Ini

Halodoc, Jakarta - Komedo adalah salah satu masalah wajah yang paling umum. Meski orang dengan kulit berminyak yang paling rentan mengalaminya, tetapi kondisi ini bisa terjadi pada siapa pun. Komedo muncul saat pori-pori tersumbat oleh kombinasi sel kulit mati dan minyak berlebih (sebum). Tidak seperti whiteheads, yang membuat pori-pori tertutup, komedo memiliki permukaan terbuka. Kondisi ini menciptakan oksidasi yang berwarna gelap.

Kamu mungkin gemas dan ingin mencoba menekan komedo, tetapi ingatlah bahwa ini bisa menyebabkan efek samping yang lebih buruk. Menekan komedo dapat menyebabkan jaringan parut atau kerusakan lain pada kulit. Sebaliknya, kamu bisa menerapkan beberapa hal berikut yang disarankan Healthline untuk menghilangkan komedo yang membandel: 

Baca juga: Ini Bedanya Komedo Hitam dan Komedo Putih

Bersihkan Wajah dengan Asam Salisilat

Ketimbang menggunakan produk perawatan wajah dengan bahan benzoil peroksida, carilah produk yang mengandung asam salisilat. Asam salisilat adalah bahan yang lebih ampuh menghilangkan komedo karena mampu memecah zat-zat yang menyumbat pori-pori seperti  minyak berlebih dan sel-sel kulit mati. Dengan memilih pembersih harian dengan asam salisilat, kamu bisa menghilangkan unsur-unsur lain seperti kotoran, minyak, dan makeup sehari-hari.

Namun, banyak orang yang tidak cocok atau kulitnya terlalu sensitif akan bahan ini, jadi sebaiknya mulailah secara perlahan. Coba gunakan sekali saja sehari pada saat malam hari. Jika tidak ada efek samping dan kulit sudah terbiasa dengan bahan ini, maka kamu bisa gunakan pada pagi dan malam hari.

Eksfoliasi dengan AHA dan BHA

Untuk komedo, pengelupasan kulit secara teratur dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dalam jumlah berlebihan yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Proses ini juga dapat secara perlahan menghilangkan komedo. Daripada mencari scrub berbahan keras dan belum tentu ampuh, cobalah untuk fokus pada asam hidroksi alfa dan beta (AHA dan BHA). Keduanya bekerja dengan cara menghilangkan lapisan atas kulit. Bahan ini meningkatkan penampilan keriput dan bintik-bintik penuaan, semuanya sekaligus membersihkan pori-pori dan membuat kulit menjadi lebih lembut. 

Baca juga: 6 Penyebab Komedo yang Perlu Diketahui

Gunakan Clay Mask

Masker tanah liat sering dianggap sebagai produk perawatan wajah yang paling cocok untuk kulit berminyak. Jenis masker ini bekerja dengan menyerap kotoran, minyak, dan elemen lain dari pori-pori. Masker ini akan menyangkut komedo juga dengan cara melonggarkan dan menghilangkan pori-pori yang tersumbat. Apa pun jenis masker lumpur yang dipilih, kamu dapat menggunakannya sekali hingga dua kali seminggu. 

Lakukan Peeling dengan Bahan Kimia

Peeling dengan bahan kimia umumnya digunakan untuk perawatan anti-penuaan, seperti mengurangi bintik-bintik penuaan dan garis-garis halus. Perawatan ini biasanya mengandung AHA, dan mereka akan bekerja dengan menghilangkan lapisan atas kulit. Perawatan ini membuat kulit lebih halus dan terlihat segar. Meskipun mereka tidak dianggap sebagai perawatan utama untuk menghilangkan komedo, namun perawatan ini efektif menghilangkan sel kulit mati dan mengecilkan pori-pori yang membesar. 

Gunakan Sikat Khusus Wajah 

Sikat khusus wajah juga dapat memberikan manfaat pengelupasan yang sama seperti AHA dan BHA dengan cara mengangkat sel kulit mati yang berlebih. Kuncinya, pastikan untuk melakukannya hanya sekali seminggu sehingga kamu tidak mengalami iritasi. Saat membelinya, kamu bisa menyelesaikannya dengan anggaran yang kamu punya.

Ada berbagai kuas kulit yang bisa dipilih, seperti sikat yang dengan sistem berbasis listrik, atau sikat manual yang lebih terjangkau. Kedua jenis sikat ini aman digunakan bersama dengan pembersih wajah harian. 

Baca juga: Mitos dan Fakta Jerawat yang Harus Diketahui

Itulah perawatan ampuh untuk menghilangkan komedo yang membandel. Ingatlah, komedo tidak bisa hilang hanya dalam satu malam, jadi pastikan untuk rutin melakukan perawatan di atas.

Jika kamu masih punya pertanyaan terkait kesehatan wajah, kamu bisa chat dokter kulit di Halodoc. Dokter akan memberikan semua saran kesehatan yang kamu butuhkan untuk membantu kamu mendapatkan kulit cantik nan sehat.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. How to Get Rid of Blackheads.
Allure. Diakses pada 2020. How to Get Rid of Blackheads, According to Dermatologists.
Huffington Post. Diakses pada 2020. Ways To Get Rid Of Blackheads And Prevent Them.