Kondisi Oral Thrush Sebabkan Mulut Kering, Ini Penjelasannya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
kondisi-oral-thrush-sebabkan-mulut-kering-ini-penjelasannya-halodoc

Halodoc, Jakarta – Memiliki mulut yang cenderung kering memang menyebalkan. Selain bisa mengurangi penampilan, bibir yang pecah-pecah akibat kering juga rentan berdarah. Nah, untuk bisa mengatasi mulut kering, kamu harus tahu dulu kondisi apa yang menjadi penyebabnya.

Ada banyak penyebab mulut kering, salah satunya adalah oral thrush, yaitu infeksi jamur yang terjadi di dalam rongga mulut. Infeksi jamur ini ditandai dengan munculnya bercak ruam berwarna putih yang mirip, seperti sariawan. Yuk, kenali oral thrush yang bisa sebabkan mulut kering lebih jauh di sini.

Apa Itu Oral Thrush?

Oral thrush adalah infeksi jamur pada mulut dan lidah yang disebabkan oleh Candida albicans yang terakumulasi pada lapisan mulut. Itulah mengapa oral thrush disebut juga dengan kandidiasis mulut atau kandidiasis oral. Jamur candida albicans sebenarnya memang tumbuh secara alami di dalam mulut.

Bila jumlah jamur yang tumbuh hanya sedikit, maka tidak akan menimbulkan masalah. Namun, ketika jenis jamur ini mulai bertumbuh secara tidak terkendali, infeksi akan terjadi di dalam mulut.

Oral thrush bisa terjadi pada siapa saja dari segala usia, tapi biasanya lebih sering dialami oleh wanita dibandingkan pria. Untungnya, kebanyakan kasus oral thrush tidak berbahaya dan tidak menular. Infeksi jamur ini juga biasanya bisa diatasi dengan obat-obatan anti jamur.

Baca juga: 7 Gejala Oral Thrush yang Perlu Diwaspadai

Penyebab Oral Thrush

Normalnya, sistem imun tubuh kita bisa menjaga keseimbangan jumlah antara mikroba “baik” dan “buruk” yang berada pada tubuh kita. Namun, kadang-kadang mekanisme pelindung ini gagal dan menyebabkan populasi jamur Candida meningkat. Konsumsi obat-obatan, seperti prednisone atau antibiotik dalam dosis tinggi adalah faktor yang bisa meningkatkan populasi jamur dan menyebabkan oral thrush. Penggunaan obat kortikosteroid untuk asma juga bisa menjadi penyebab terjadinya infeksi jamur ini pada mulut.

Selain konsumsi obat-obatan, beberapa penyakit juga bisa melemahkan sistem imun tubuh, sehingga tidak mampu mencegah populasi jamur meningkat. Beberapa penyakit tersebut, antara lain HIV/AIDS, kanker, diabetes melitus, dan infeksi jamur pada Miss V.

Baca juga: Efek Samping Obat Dapat Sebabkan Mulut Kering, Ini Penyebabnya

Oral Thrush dan Mulut Kering

Selain bisa menimbulkan luka berwarna putih seperti sariawan pada lidah, pipi bagian dalam, dan langit-langit mulut, oral thrush juga bisa menyebabkan mulut menjadi kering. Kondisi ini bisa semakin memburuk bila kamu memiliki sedikit saliva atau air liur, yang dikenal dengan xerostomia. Selain itu, mulut kering akibat infeksi jamur ini juga rentan terjadi pada pengidap diabetes, memiliki imunitas tubuh yang kurang baik, wanita yang mengalami perubahan hormonal, dan bayi baru lahir atau masih menyusu.

Kondisi mulut yang kering ini bisa membuat pengendalian jamur menjadi lebih sulit dilakukan, sehingga perawatan dan kebersihan mulut menjadi hal penting yang harus dilakukan oleh pengidap oral thrush. Bahkan, pengidap mungkin perlu menjalani diet rendah gula dan menggunakan perawatan fluoride sepanjang hari, serta pembilasan antimikroba untuk mencegah kekeringan oral pada gigi dan jaringan mulut.

Untuk mengatasi mulut yang kering akibat oral thrush, dokter juga akan meresepkan pasta gigi dengan kandungan fluoride yang lebih banyak dibandingkan dengan pasta gigi biasa, begitu pula kandungan kalsium, dan fosfat untuk membantu melindungi gigi bila diperlukan.

Baca juga: Ketahui Pengobatan untuk Atasi Oral Thrush

Itulah penjelasan mengapa oral thrush bisa menyebabkan mulut kering. Bila kamu mengalami oral thrush yang membuat mulut menjadi kering dan tidak nyaman, bicarakan saja pada dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk minta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.