06 March 2018

Lancar BAB Setelah Olahraga, Kok Bisa?

Lancar BAB Setelah Olahraga, Kok Bisa?

Halodoc, Jakarta – Ada yang bilang kalau manfaat olahraga melancarkan BAB (Buang Air Besar). Ini karena beberapa orang mengaku lebih mudah untuk BAB setelah mereka berolahraga. Tapi, apakah memang ada kaitan antara olahraga dan sistem pencernaan tubuh? Agar lebih tahu, simak penjelasannya berikut ini, yuk!

Manfaat olahraga melancarkan BAB, Benarkah?

Kali ini kamu enggak perlu ragu, karena memang benar olahraga bisa melancarkan BAB. Peran olahraga dalam melancarkan BAB ini dilakukan dengan berbagai cara, yaitu:

 

  • Menstimulasi kontraksi alami otot usus yang dapat membantu memindahkan feses dengan cepat.
  • Meningkatkan nafsu makan. Sehingga saat nafsu makan meningkat, frekuensi pergerakan usus dan dorongan untuk BAB juga akan meningkat.
  • Mengurangi waktu yang dibutuhkan makanan untuk bergerak melalui usus besar, sehingga membatasi jumlah air yang diserap dari feses ke dalam tubuh.
  • Meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Ketika aliran darah ke organ perut lancar, maka lambung dapat meningkatkan produksi enzim pencernaan dan usus akan lebih mudah berkontransi. Kedua hal ini akan memudahkan feses menuju anus untuk dibuang.
  • Mengendalikan produksi hormon progesteron yang diduga bisa menyebabkan sembelit. Ketika produksi hormon progesteron di dalam tubuh berkurang, maka kondisi ini dapat melancarkan pergerakan makanan yang ada di dalam usus.

 

 

 

Jadi, jika kamu mengalami kesulitan BAB atau sembelit, kamu bisa mengatasinya dengan olahraga. Namun, agar kamu mendapatkan manfaat optimal dari olahraga, ada hal yang harus kamu perhatikan sebelum dan saat berolahraga. Pertama, jika kamu ingin olahraga setelah makan, kamu baru bisa berolahraga satu jam setelahnya. Ini karena olahraga tepat setelah makan akan membuat darah mengalir ke jantung dan otot, dan hanya sedikit yang mengalir di saluran pencernaan.

Akibatnya, kondisi tersebut akan membuat kontraksi usus semakin lemah, produksi enzim pencernaan semakin sedikit, dan pembuangan makanan melalui anus menjadi lebih lambat. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat menyebabkan perut kembung, kelebihan gas, dan konstipasi. Dan kedua, kamu harus menjaga kebutuhan cairan tubuh saat olahraga. Ini dilakukan agar kamu tidak mengalami dehidrasi, yang bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti refluks asam lambung dan sembelit.

Jenis Olahraga untuk Memperlancar BAB

Nah, jika saat ini kamu mengalami kesulitan BAB atau sembelit, kamu bisa mengatasinya dengan olahraga. Kamu bisa melakukan olahraga ringan, seperti jalan kaki atau joging, bersepeda, dan olahraga ringan lainnya selama 10-15 menit setiap hari. Kamu juga bisa melakukan aerobik ringan, karena jenis olahraga ini meningkatkan pernapasan dan detak jantung. Saat kinerja jantung dan paru-paru optimal, maka ini dapat memperlancar aliran darah dan menghasilkan gerakan usus yang lebih efisien sehingga bisa memperlancar BAB.

Karena orang yang aktif bergerak cenderung memiliki sistem pencernaan yang lebih lancar, maka kamu dianjurkan untuk berolahraga setidaknya 15-30 menit setiap hari. Tapi jika kamu telanjur mengalami sembelit, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi obat tertentu. Jika kamu tidak punya stok obat untuk mengatasi sembelit, kamu bisa lho membelinya melalui aplikasi Halodoc. Caranya mudah! Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play, lalu memesan obat yang kamu butuhkan di fitur Pharmacy Delivery atau Apotik Antar pada aplikasi Halodoc. Setelah itu, kamu tinggal tunggu pesanan yang siap diantar dalam satu jam.