Lansia Berisiko Terkena Polisitemia Vera, Benarkah?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Lansia Berisiko Terkena Polisitemia Vera, Benarkah?

Halodoc, Jakarta – Polisitemia vera adalah penyakit yang cukup langka dan jarang terjadi. Kondisi ini merupakan keganasan pada sel darah merah yang bertumbuh ketika sumsum tulang belakang terlalu banyak memproduksi sel darah merah. Kondisi ini membuat darah menjadi sangat kental sehingga aliran darah menjadi lambat. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini akan menyebabkan komplikasi pada kesehatan seperti penyumbatan aliran darah.

Baca juga: Pernah Diidap Ustad Zacky Mirza, Kenali Tanda-Tanda Penyakit Polisitemia Vera

Penyakit ini lebih banyak dialami oleh wanita, meskipun begitu bukan berarti pria tidak berisiko mengalami kondisi ini. Pengidap penyakit polisitemia vera banyak yang tidak menyadari bahwa dirinya mengalami kondisi ini. Hal ini disebabkan penyakit polisitemia vera yang berkembang pada tubuh secara perlahan. Maka dari itu, penyakit ini dapat terdeteksi secara tidak sengaja karena adanya penyakit lain pada tubuh pengidap. Sebenarnya penyakit ini dapat dideteksi dengan melakukan pengecekan jumlah sel darah.

Penyakit ini tidak menunjukkan gejala awal pada pengidapnya. Gejala dapat dirasakan ketika penyakit ini sudah menetap beberapa lama. Kenali gejala yang dialami oleh pengidap penyakit polisitemia vera:

  1. Pengidap penyakit ini merasakan kondisi tubuh yang lemah dan lesu setiap saat.

  2. Kondisi yang lemah dan lesu terkadang disertai dengan kondisi sakit kepala yang berlebihan.

  3. Gangguan penglihatan seperti penglihatan yang menjadi kabur.

  4. Terkadang muncul lebam pada beberapa bagian tubuh meskipun tubuh tidak mengalami benturan.

  5. Mimisan yang dapat terjadi secara tiba-tiba.

  6. Beberapa bagian sendi pada tubuh mengalami pembengkakan dan nyeri.

  7. Kesulitan bernapas.

  8. Sensasi gatal-gatal setelah mandi menggunakan air hangat.

Baca juga: Kenali Penyebab dan Cara Penanganan Polisitemia Vera

Pengobatan Polisitemia Vera

Lansia lebih berisiko mengalami penyakit polisitemia vera. Meskipun begitu, bukan berarti kamu yang belum lansia tidak dapat terserang penyakit polisitemia vera. Polisitemia tidak dapat disembuhkan. Namun jangan khawatir, pengobatan dapat dilakukan untuk mencegah komplikasi, mengurangi jumlah sel darah merah serta mengurangi gejala yang dialami pengidap penyakit ini, seperti:

1. Mengeluarkan Darah

Cara ini dilakukan hampir sama seperti proses donor darah. Proses mengeluarkan darah ini merupakan pertolongan pertama dari kondisi polisitemia vera.

2. Menurunkan Produksi Sel Darah Merah

Proses ini bisa dilakukan dengan pemberian obat-obatan pada pengidap polisitemia vera. Contoh obat yang dapat diberikan adalah interferon dan hydroxycarbamide.

3. Mencegah Penggumpalan Darah

Proses pengentalan darah yang terjadi menjadi penyebab penggumpalan darah. Sebaiknya cegah kondisi ini dengan pemberian obat pengencer darah seperti aspirin dengan dosis rendah.

Kamu juga bisa melakukan beberapa cara sederhana di rumah untuk mengobati penyakit polisitemia vera, dengan cara:

  1. Menerapkan gaya hidup sehat dan seimbang dengan menjaga pola makan dan memiliki berat badan yang ideal.

  2. Rajin berolahraga nyatanya juga bisa menghindari kamu dari penyakit polisitemia vera. Lakukan olahraga ringan secara rutin.

  3. Bagi kamu yang mengalami gatal-gatal akibat gejala penyakit ini, hindari mandi dengan air hangat. Kamu bisa mencoba mandi dengan air dingin.

  4. Ketika terasa gatal, sebaiknya hindari untuk menggaruk bagian yang gatal karena dapat menyebabkan luka maupun infeksi.

Tidak ada salahnya untuk selalu rutin melakukan pengecekan kesehatan. Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kondisi kesehatan kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: 7 Fakta tentang Penyakit Langka Polisitemia Vera