21 January 2019

Manfaat Cokelat untuk Cegah Gagal Jantung

Manfaat Cokelat untuk Cegah Gagal Jantung

Halodoc, Jakarta - Cokelat adalah salah satu makanan yang menjadi favorit hampir semua orang. Makanan ini dipercaya dapat mengubah suasana hati seseorang dari sedih menjadi bahagia. Ternyata, cokelat mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk kesehatan seseorang yang mengidap penyakit jantung dan gagal jantung. Meski begitu, mengonsumsi cokelat harus tetap dengan batas, karena terkadang kandungan gula dalam cokelat terlalu banyak.

Orang dewasa setengah baya atau lebih tua yang mengonsumsi hingga 3,5 ons cokelat per hari mempunyai risiko lebih rendah pada penyakit jantung. Kondisi tersebut dibandingkan dengan seseorang yang jarang atau tidak mengonsumsi makanan tersebut.

Baca Juga : Bukan Hanya Nikmat, Ini 5 Manfaat Cokelat Bagi Tubuh

Sebuah penelitian oleh jurnal medis, Heart, pada 2015 di Inggris, meneliti hampir 21.000 penduduk Norfolk di Inggris dalam 11 tahun. Dari penelitian tersebut disimpulkan bahwa seseorang yang mengonsumsi cokelat secara rutin berkembang menjadi penyakit kardiovaskular sekitar 12 persen. Sedangkan pada seseorang yang tidak mengonsumsi makanan tersebut, mereka mengalami angka yang lebih tinggi. Jumlahnya yaitu 17,4 persen dari total seseorang yang didata selama 11 tahun tersebut.

Selain itu, pada penelitian tersebut juga disebutkan bahwa seseorang yang paling banyak mengonsumsi cokelat selama penelitian tersebut berisiko lebih rendah 11 persen mengalami penyakit jantung. Selain itu, pada orang tersebut juga disebutkan apabila risiko untuk mengalami kematian karena penyakit kardiovaskuler menurun sebesar 25 persen dibanding seseorang yang tidak mengonsumsi cokelat. Memang hampir seluruh penelitian yang menyangkut hubungan antara konsumsi cokelat dengan kesehatan jantung sangat erat.

Baca Juga : Tidak Hanya Enak, Ini 4 Jenis Cokelat dan Manfaatnya

Pada beberapa penelitian disebutkan bahwa mengonsumsi cokelat secara rutin berhubungan dengan penurunan tekanan darah. Pada tahun 2011, British Medical Journal menerbitkan sebuah jurnal yang menyatakan bahwa seseorang yang mengonsumsi cokelat menurunkan risiko 39 persen pada penyakit kardiovaskular dan 29 persen penurunan penyakit stroke. Walau begitu, penelitian-penelitian ini tidak membuktikan bahwa mengonsumsi cokelat langsung memberi dampak pada kesehatan jantung. Namun, memang ada keterkaitannya antara mengonsumsi makanan tersebut dengan kesehatan jantung.

Baca Juga : Enggak Hanya Enak, Ini 3 Jenis Cokelat yang Kaya Manfaat

Bagaimana Cokelat dapat Memberi Dampak Baik bagi Tubuh?

Cokelat mempunyai kandungan flavanol yang dapat memperbaiki pembuluh darah di dalam tubuh, sehingga menurunkan risiko mengalami penyakit jantung. Kandungan flavanol dalam cokelat dapat membuat pembuluh darah menjadi lebih elastis, meningkatkan sensitivitas insulin, membuat trombosit menjadi lebih lentur, dan mengurangi tekanan darah dalam tubuh.

Cokelat hitam disebut lebih banyak mengandung flavanol dibandingkan cokelat pada umumnya. Namun, belakangan ini disebutkan bahwa cokelat dalam bentuk apapun, baik itu gelap atau lebih terang, berbentuk cokelat batangan atau tidak, dan lainnya memang manfaat untuk kesehatan kardiovaskular seseorang. Namun, sejauh ini dosis cokelat yang pas untuk mendapatkan manfaat untuk terhindar dari penyakit jantung belum ditentukan.

Bahaya Kandungan Gula pada Cokelat

Cokelat memang memberi banyak manfaat untuk kesehatan jantung. Namun, yang harus selalu diperhatikan adalah kandungan gula dan lemak yang terdapat dalm cokelat yang akan dikonsumsi. Kebanyakan cokelat yang dijual di pasar swalayan, kandungan gula dan lemaknya tinggi dan berasal dari bahan-bahan tambahan. Karenanya, cokelat memiliki rasa yang lebih manis dan gurih

Untuk menghindari hal tersebut, cokelat hitam yang kandungan lemak jenuh dan gulanya rendah baik untuk dikonsumsi tiap hari. Memang yang harus diperhatikan adalah kandungan gula dan lemaknya ketika mengonsumsi cokelat. Kamu juga dapat membuat cokelat olahan sendiri dengan membeli cokelat per kilo, lalu racik sesuai kemauan kamu.

Itulah manfaat cokelat untuk mencegah penyakit jantung. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal manfaat cokelat, dokter dari Halodoc siap membantu. Komunikasi dengan dokter dapat dengan mudah dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Ayo, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!